ABOUT WIJATNIKA IKA AND THE BLOG



"Menulis adalah bekerja dalam keabadian" 

- Pramoedya Ananta Toer-


Hi, namaku Wijatnika dan biasa disapa Ika atau Nika. Bisa dengan tambahan Neng, Kakak atau Mbak. Aku lahir dan besar di Lampung Barat, dan mulai merantau sejak tahun 2003 untuk kuliah di kota Bandar Lampung. Tahun 2010 aku menyeberang ke Jakarta dan hingga kini tinggal di Depok, Jawa Barat, tidak jauh dari kampus Universitas Indonesia.  

Sejak kecil aku suka membaca, menonton televisi dan mengamati orang-orang. Aku juga seorang pencerita alias story teller. Biasanya, saat menginap di rumah sepupuku, mereka akan memintaku bercerita setiap kali menjelang tidur. Aku juga menulis jurnal harian, menggambar, bermain rumah-rumahan hingga berkeliling kampung untuk melakukan petualangan ala anak kecil. Aku seorang nocturnal dan sangat menyukai langit malam. 

Suatu ketika, tak lama setelah salah seorang bibiku meninggal dunia, ayahku membakar satu karung buku miliknya. Aku berhasil menyelamatkan sejumlah buku sebelum dibakar ayahku. Aku lupa judul buku tersebut dan memang telah lama raib karena kupinjamkan. Namun, seingatku buku tersebut tentang sejarah Islam. Buku yang lumayan berat untuk anak SD, bukan? Ya, buku tersebut adalah santapan almarhum bibiku yang ketika itu masih mengenyam pendidikan di Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Saat itu, aku belum mengerti bahwa membakar buku adalah satu jenis kejahatan pada ilmu pengetahuan. Kini, aku menjadi satu diantara jutaan orang di dunia yang melawan pembakaran buku dan sedang berproses menjadi penulis yang mampu memberi sumbangsih bagi dunia dan ilmu pengetahuan. 

Sejak saat itu hingga kini, buku dan dunia tulis menulis tidak pernah terpisahkan dariku. Membaca buku membuatku tenang dan bahagia. Menulis membuatku merasa berguna bagi masyarakat dunia dan sejumlah orang yang kehilangan arah dalam dunia digital. Menulis dan membaca buku merupakan dua kegiatan paling konsisten kulakukan, dan akan selalu demikian hingga akhir hayatku. Membaca buku adalah sebuah keharusan bagi seorang penulis, dan sebuah jalan melintasi dunia sebagai cara lain bertualang. Sedangkan menulis adalah teknik meditasi untuk menenangkan diri di zaman serba cepat ini. 

Tulisan-tulisanku yang menjadi konsumsi publik dimulai melalui Majalah Dinding (Mading) sekolah pada tahun 2001, dilanjutkan dengan menulis di sejumlah koran lokal di Lampung sejak 2009-2011. Namun, ada rasa tidak puas mengingat jangkauan pembaca yang rendah.Tahun 2007 aku mulai menulis di blog dan mempelajari segala sesuatunya secara mandiri di warung internet. Sepanjang 2007-2015 adalah perjalanan dan perjuangan panjang dalam memahami diriku sendiri terkait dunia tulis menulis. Seingatku, aku masih asal menulis dan belum menentukan fokus tema yang menjadi ciri khas tulisan-tulisanku. Secara konsisten aku juga merombak template blog agar nyaman bagi pembaca, karena dalam dunia blogging pembaca adalah raja dan ratu. Mereka pasar tulisan-tulisanku. Reformasi besar-besaran atas blog ini kulakukan sepanjang tahun 2016-2018 setelah mendapat 'hinaan' dari seseorang yang mengatakan bahwa blog ini jelek dan tidak inspiratif. Duh! Aku tidak terima! Karenanya, aku terus menerus belajar hingga aku mulai menemukan titik terang mengenai siapa aku, blog ini dan tulisan-tulisanku. Bahkan, dalam dunia digital blog ini menjadi portofolio yang kujual kepada para pemberi kerja. 

Proses panjang menulis telah membuatku menerbitkan 5 buku, baik solo maupun monografi. Buku-buku tersebut menjadi pelecut agar aku terus berkarya dan menjadi bagian dari semakin berkembangnya dunia literasi di tanah air. 

Selain menulis, aku juga mengembangkan keterampilan lain yaitu melukis, membuat ilustrasi, public speaking dan penelitian. Seluruh keterampilan ini memberi gambaran mengenai apa yang ingin kuraih di masa depan, yang bermanfaat bagi diriku dan dunia. Karena aku percaya bahwa menulis adalah bekerja untuk keabadian, maka aku ingin namaku abadi karena karya-karya yang bermanfaat bagi dunia. 

I love to see the number of people who read my articles, giving me good feedback and appreciate my efforts on writing and critical thinking. It's really okay if my blog still not my number one in most people's mind. I don't have any intention to change other people way of thinking or their life, or even personal believe. I just want to be a sturdy, tall and shady tree in the forest of modern information! Thank you for staying as my reader and appreciate my writing. I will do my best! 

Salam hangat, 





No comments:

Post a Comment