Inilah Blog Keren yang Selalu Kukunjungi Sepanjang Tahun 2019

Menulis. Sumber: picamemag.com


"There is no greater power on this earth than story."
-Libba Bray-


Omong-omong soal blogger dan dunia blogging, sekarang siapapun bisa menjadi blogger, terlebih dengan semakin banyak dan menguatnya solidaritas para komunitas blogger. Salah satu ciri kedermawanan blogger adalah melakukan blogwalking ke sejumlah situs milik rekan blogger. Blogwalking ini bisa disebut sebagai ajang silaturahim antar blogger dan membantu meningkatkan jumlah keterbacaan artikel-artikel dalam blog dan untuk menjalin persahabatan antar blogger. 

Sayangnya, karena jumlah blogger semakin banyak aku nggak bisa berkunjung ke situs mereka semua. Paling sesekali mampir, melihat seperti apa tema tulisan, template, atau sekadar kangen kalau lama nggak blogwalking ke blog-blog tertentu. Meski aku dibilang pelit (dan itu sabodo amat) aku harus efisien dalam memanfaatkan waktu, termasuk blogwalking. Nggak semua situs menurutku deserve my time, karena misalnya terlalu banyak iklan (yang dalam kunjungan pertama aja bikin aku stress), template nggak eyecatching dan nggak di-upgrade setelah sekian tahun, dan nggak ada hal menarik perhatianku untuk sering-sering berkunjung. Sehingga, selama tahun 2019 ini hanya beberapa blog yang menarik minatku sehingga kukunjungi setiap minggu untuk menghapus dahaga informasi berkualitas dalam diriku. 

1| timur-angin.com punya Bang Yusran Darmawan
Sejak mengenal blog ini tahun 2010 silam, aku tetap menggemarinya hingga sekarang. Blog ini menjadi referensi dalam membaca situasi terkini di dunia politik dan sisi kemanusiaan dunia manusia yang sudah mulai kacau balau. Salah satu hal yang membuat tulisan-tulisan dalam blog ini unik adalah kemampuan Bang Yusran menampilkan analisa sederhana dari sebuah cerita atau sosok yang mengawinkannya dengan buku-buku atau sebuah bab dalam sebuah buku atau sebuah teori dari sebuah buku yang baru saja dibacanya. Dan memang Bang Yusran ini seorang pembaca buku yang hebat, yang juga memiliki keluarga kecil penggila buku. Tak jarang aku menunggu kisah apa dalam keseharian yang akan diceritakannya dan dikawinkannya dengan teori dalam sebuah buku dengan cara sederhana. 
Blog milik Bang Yusran Darmawan dengan tampilan minimalis

Seorang teman pernah berkata kepadaku bahwa blog bang Yusran ini nggak menarik. Mungkin karena teknik menulisnya yang terlampau sederhana sehingga nggak terlihat wah di mata seseorang yang merasa dirinya sangat cerdas. Padahal, tulisan-tulisan Bang Yusran ini sudah mendapat pengakuan banyak ahli sebagai tulisan-tulisan yang memikat justru karena membahas hal-hal unik dengan cara sederhana, sehingga bisa mencapai pembaca yang luas. 

2| naked-traveler.com punya Mbak Trinity
She is brave, itulah gelar pribadiku untuk (mantan) mbak kantoran yang memutuskan resign dari pekerjaan 9-5 dan menjadi traveler trus full time travel blogger. Sejak awal mengenal blog ini aku langsung jatuh hati eaaaa. Sebagai travel blogger, Mbak Trinity ini benar-benar traveling keliling dunia, nulis di blog, bikin buku dan dapat endorsement untuk produk dan jasa layanan wisata tertentu, jadi pembicara hingga trainer kepenulisan tentang traveling. Pengakuannya sebagai travel blogger nggak kaleng-kaleng. Karena nggak sedikit blogger yang ngaku travel blogger tapi travelingnya nggak pernah keluar dari pulau Jawa alias traveling dalam tempurung dan cerita-ceritanya biasa banget. 

Hal yang menarik dari destinasi-destinasi travel Mbak Trinity ini membuatku semakin salut. Karena sebagai perempuan, apalagi dari Indonesia, dia berhasil mematahkan stereotype bahwa perempuan nggak boleh keliling dunia karena dunia ini nggak aman. Misalnya waktu travel ke Russia, Bosnia, Yerussalem, Meksiko sampai Pakistan yang dalam berita-berita diceritakan sebagai tempat yang keras, nggak aman, rawan konflik dan 'sangat nggak aman' bagi perempuan. Tapi, cerita-cerita Mbak Trinity justru menunjukkan jika destinasi-destinasi yang pernah ia kunjungi jauh lebih aman, ramah dan menyenangkan dari prasangka dunia. So, membaca blog Mbak Trinity merupakan kesenangan tersendiri bagiku karena aku nggak bisa membayangkan aku bisa survive jika mengikuti jejak beliau. 
Tampilan muka blog Mbak Trinity yang sangat eye-catching

Selain itu, Mbak Trinity juga care dengan pembaca setia blognya dengan selalu upgrade template blog agar eye catching, selaras dengan dunia traveling yang digelutinya dan terlihat professional. Soal professionalitas tampilan blog ini aku pelajari juga melalui konsep presentasi Power Point, di mana ada sebuah pernyataan: less is more. Artinya, tampilan blog itu akan terlihat professional dan berkelas jika less aksesoris, termasuk iklan. Template blog mbak Trinity yang teranyar adalah yang memberiku inspirasi untuk merombak template blog yang kugunakan sekarang. Oh ya, aku pernah mengontak Mbak Trinity dan meminta CP web designer yang mengurus blognya dan beliau gercep membalas emailku dengan sebuah nomor kontak.  Awalnya, aku meminta jasa seorang web designer tapi dia nggak mampu membuatkan template yang aku inginkan, dan cenderung meremehkan 'mimpi' dalam kepalaku dengan memberiku template yang bisa aku download secara gratis di berbagai situs. Kebiasaanku bongkar pasang dan edit sana-sini blog milikku sendiri, membuatku memutuskan untuk mengurus template blog sendiri dan voila I did it! Yahh, meskipun ada bagian yang masih aku pelajari untuk aku upgrade

3| agustinuswibowo.com punya Agustinus Wibowo
Sebenarnya, aku sudah seringkali menceritakan travel blogger dan penulis asal Jawa Timur ini dalam sejumlah artikel di blog ini. Aku adalah fans Agus yang selalu mengunjungi blognya setiap minggu, telah membaca semua bukunya, tersenyum setiap kali mendengar bahwa ia menjadi pembicara di forum A atau B baik level nasional maupun internasional. Rasanya, akan sangat seru jika sineas film tanah air menjadikan buku-buku Agus sebagai bahan untuk membuat sebuah film keren tentang perjalanan seorang manusia Indonesia yang bermimpi menaklukkan garangnya alam Asia Tengah hingga Afrika. 
Halaman muka blog Agustinus Wubowo

Dalam beberapa hal, menurutku Agus lebih kuat dalam menceritakan pengalamannya dalam perjalanan-perjalanan khas ke tempat-tempat yang mungkin nggak dianggap keren untuk dikunjungi dari travel blogger lain seperti halnya Mbak Trinity. Lelaki  yang dimimpikan Ibunya bisa sukses di perusahaan di tanah leluhur mereka, China ini mampu menghadirkan cerita baik berupa tulisan maupun photo dari dunia yang terasa asing bagi manusia sepertiku. Saat berkunjung ke sebuah wilayah seperti Afghanistan, Agus nggak hanya sedang berkunjung untuk tujuan traveling, melainkan bekerja sebagai photographer dan juga penulis untuk majalah di China. Ia tidak mengumpulkan uang untuk travelling, melainkan cerita yang dikumpulkannya selama tinggal di sebuah wilayah yang memberinya uang untuk hidup, sebab ia live in dan bukan sekadar mampir sebagai turis. Itulah yang membuat Agus, beserta cerita-cerita dalam blognya sangat istimewa. 

4| catperku.com punya Rizal Fahmi Mohammadi
Ini salah satu blog yang digarap serius, ringkas dan cepat; yang dikawinkan dengan postingan di Instagram dan video di Youtube milik blogger asal Blitar, Jawa Timur. Blog ini menarik karena selain menyajikan konten yang fun, detail dan komprehensif. Juga dikemas dengan visual yang memikat, professional dan ringkas. Konten dalam blog ini juga berusaha fokus pada hal-hal seputar traveling, tanpa dibumbui kehidupan sehari-hari sang blogger. Blog yang keren, bukan? 
Tampilan muka blog catperku.com


Bagaimana dengan blogger yang lain, apakah tidak menarik bagiku? Hm, jika berkaitan dengan rasa dalam diri manusia maka penilaian akan menjadi subjektif. Aku seringkali menemukan artikel yang secara garis besar menulis tentang sejumlah blogger yang 'menarik, unik, sukses, inspiratif' dan sebutan lain. Namun, saat aku mengunjungi blog orang-orang tersebut, bagiku terkesan biasa saja dan jauh dari sebutan keren, unik, inspiratif dan lain-lain. Karena seringkali blog milik seseorang tidak sekeren orangnya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ada seorang influencer yang membangun komunitas blogger sampai besar dengan anggota ribuan, tapi blog miliknya biasa saja. Atau ada orang yang tidak membangun komunitas apapun, namun konten dalam blognya sangat keren. Sehingga, penilaian setiap orang pada seorang blogger atau sebuah blog sangat subjektif, bergantung selera dan rasa masing-masing orang. Sehingga nggak ada penilaian mutlak, termasuk tulisan ini yang sumbernya murni berasal dari selera dan kebutuhanku akan informasi tertentu.  

THE POWER OF STORYTELLING DALAM PERADABAN MANUSIA

Sejumlah blog yang kuceritakan diatas teramat menarik bagiku karena menyajikan 'cerita' yang membuatku terhanyut kedalamnya, layaknya Drama Korea yang menceritakan kehidupan orang-orang zaman dinasti Joseon atau lebih lampau lagi; atau film China yang berkisah tentang kehidupan masyarakat dinasti Tang yang makmur atau dinasti yang lebih lampau lagi. Teknik storytelling yang digunakan para penulis kawakan diatas dalam blog masing-masing menjadi semacam cerita-cerita yang mengantarkanku menuju tempat asing, misterius, aneh, tapi bukan kepalang bikin penasaran. 

Kukira, cerita atau story telah ada dalam peradaban manusia sejak kehidupan itu dimulai. Bahkan, Sang Pencipta sendiri dalam kitab-kitab suci bercerita kepada manusia tentang surga, neraka, para malaikat, jin, kisah peradaban manusia terdahulu, hingga soal masa depan. Misalnya nih, kitab suci Al-Quran yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW pada 1.400 tahun silam banyak memuat cerita tentang kisah Adam dan Hawa, serta pada Nabi dan Rasul serta orang-rang saleh beserta kebaikan mereka; juga keluarga-keluarga terberkati; peradaban-peradaban yang makmur dan yang hancur; kisah seorang Raja dan rakyatnya, ayah dan anak lelakinya; Nabi yang menghadapi cobaan sakit, kehilangan anak kesayangan hingga dikepung musuh, dan banyak lagi. Cerita-cerita inilah yang membuat manusia percaya bahwa Tuhan itu yang menciptakan bumi dan alam raya, dan mengatur segala sesuatu yang ada didalamnya; dan membuat manusia melakukan berbagai upaya membuktikan cerita-cerita itu dengan melakukan berbagai penelitian dan penggalian situs bersejarah.

Mengapa storytelling bisa memikat manusia dengan begitu dahsyat layaknya gombalan lelaki muda dalam memikat kekasihnya? Karena sebelum ditemukannya alat tulis menulis, manusia saling bercerita satu sama lain baik menggunakan bahasa yang telah diciptakan, maupun melalui bahasa tubuh. Sehingga sangat wajar jika secara psikologis dalam tubuh manusia menyimpan kenangan paling dasar tentang berkomunikasi melalui cerita, dongeng dan gosip. Storytelling jadi semacam warisan diri yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia dan kelompoknya, sebagaimana manusia nggak akan pernah lupa bahwa ia lebih menyukai makanan manis seperti buah-buahan sebagai warisan psikologi zaman berburu dan meramu. Yeahh, itu warisan tertua peradaban manusia yang harus diapresiasi. 

Storytelling juga disebut-sebut sebagai the greatest technology yang pernah dibuat manusia, yang kemudian mendorong berbagai teknis bercerita yang sedemikian rupa memikat. Setelah bercerita melalui gambar-gambar di dinding gua manusia beranjak pada tulisan dalam pelepah kayu atau lempengen bambu, kemudian sampai kepada kertas, hingga lahirnya radio, televisi, komputer dan ponsel pintar. Sebagai manusia generasi saat ini, aku tentu saja menjadi bagian yang bercerita melalui blog seperti dalam tulisan ini.   

Contoh paling nyata tentang storytelling yang sangat berdampak pada manusia ya film-film besutan Disney, Bollywood, Hollywood, dan kini K-Drama. Kita juga nggak akan lupa bagaimana penulis J.K Rowling memikat manusia seisi bumi dengan cerita Harry Potter dkk, yang melambungkan imajinasi manusia ke dalam dunia yang sangat berbeda dengan kehidupan nyata tetapi begitu digemari seakan-akan cerita fiksi tersebut sangat membahagiakan dan menghibur. Atau kisah-kisah romantis berbalut tarian, nyanyian, rayuan, kerlingan mata, bunga-bunga, gaun-gaun indah dan pemandangan aduhai dari film-film Bollywood dengan aktornya yang luar biasa Shah Rukh Khan. Hingga K-Drama dengan pemain berwajah innocent yang mendorong manusia untuk melakukan bedah plastik demi mendapatkan penampilan bak malaikat. 

Kekuatan storytelling juga kini digunakan dalam sejumlah reality show entah untuk menampilkan manusia-manusia bak pahlawan yang menjadi inspirasi dunia; menceritakan kisah-kisah unik yang tidak biasa; memamerkan keseharian para selebriti dengan kebaikan-kebaikan mereka; hingga menjadi upaya untuk menunjukkan betapa dinamisnya dunia manusia sehingga seberat apapun cobaan dalam hidup, manusia nggak akan bosan untuk bermimpi, berusaha dan bekerja keras. Bahkan, sejak hadirnya Youtube disusul kemudian Instagram dengan fitur video dan insta-story dan IGTV, siapapun bisa menjadi seorang storyteller dengan menjadi vlogger. Hal-hal keseharian dan remeh temeh pun bisa menjadi bahan cerita yang memikat banyak orang, dan menghasilkan uang. Bahkan, banyak sekali Youtuber yang menjadi milyuner dengan cerita-cerita remeh temeh hidup mereka yang dianggap menghibur dunia. 

Storytelling begitu powerful dalam dunia manusia karena bersifat menghubungkan antar manusia, serta antar manusia dan ide-ide dalam kepala. Bahkan Kahlil Gibran pernah mengatakan bahwa kebutuhan pokok manusia selain makan dan minum, ya cerita/dongeng/mitos/gosip. Itulah mengapa tayangan dan akun gosip di dunia maya seringkali lebih populer daripada tayangan bermutu, karena manusia menyukai cerita daripada perintah apalagi ceramah berisi ujaran kebencian. 

Nah, ternyata ada 4 alasan mengapa storytelling begitu kuat mempengaruhi manusia, yaitu: 1) kita tumbuh bersama storytelling sejak dalam rahim ibu, kemudian lahir ke dunia telah disuguhi cerita-cerita seperti dongeng sebelum tidur, hingga cerita-cerita kakek-nenek tentang masa muda mereka; 2) cerita membuat manusia berpikir, untuk terus menciptakan atau melakukan sesuatu, bahkan membuat resolusi atas sebuah konflik; 3) manusia adalah makhluk emosional, sehingga cerita-cerita yang menggugah emosi baik itu gembira, sedih, terharu, bangga, marah, optimis, dan lain sebagainya membuat manusia seperti masuk ke dalam bagian sebuah cerita. Dengan demikian cerita-cerita yang dapat menggugah perasaan manusia adalah cerita yang memenangkan hari audiens; dan 4) cerita selalu memberi kita inspirasi, baik berasal dari kisah sedih atau gembira, dan tak jarang cerita seseorang atau sekelompok orang bisa membangkitkan orang lain yang hendak mengakhiri hidupnya. Karena pada dasarnya manusia saling menginspirasi.

Jika seorang blogger membuat konten sebagaimana layaknya storyteller, maka secara otomatis blognya akan mendapat tempat istimewa di hati pembaca dan tulisan-tulisannya tak akan lekang oleh waktu, karena memang memikat langsung ke kebutuhan dasar manusia setelah makan dan minum. Dalam menggemari keempat blog diatas, aku masih setia menemukan blog-blog unik dengan konsep storytelling yang bisa memenuhi dahagaku akan cerita-cerita mengesankan dan indah. 

Maka, jika ada pembacaku yang merupakan seorang blogger, jadilah pencerita yang "out of the box" dan jangan pernah menulis dengan cara orang lain menulis, sebab setiap kita hidup dengan pengalaman berbeda sehingga seharusnya memiliki sudut pandang berbeda. Sudut pandang yang orisinal, unik, indah, jujur, holistik dan memikat.  

Jakarta, 15 Desember 2019
Bahan bacaan: 
https://en.wikipedia.org/wiki/Storytelling
https://medium.com/@Brian_G_Peters/6-rules-of-great-storytelling-as-told-by-pixar-fcc6ae225f50
https://www.elephantjournal.com/2017/06/4-reasons-why-storytelling-is-powerful/


13 comments:

  1. Ahaha... iya, masih harus banyak belajar mengenai cara bercerita yang memikat, nih. Harus banyak latihan dan banyak membaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, benar banget. Ilmu menulis adalah membaca dan saat menulis kita harus memposisikan diri sebagai pembaca tulisan kita. Dan tahun 2020 aku mau cari blog tertentu yang bakal aku kunjungi sesering mungkin, dan semoga mendapat blog dengan nuansa berbeda.

      Delete
  2. Replies
    1. Yup, sebuah tulisan akan ditemukan pembacanya sebagaimana menu makanan menemukan pemakannya.

      Delete
  3. beberapa situs diatas udah familiar di saya, kayak naked travelet dan catperku.

    kalau saya pribadi ngunjungi rutin sebuah blog karena enak dibaca dan mudah dipahami. terlebih lagi yang udah sering interaksi di blog dari BW-an, pasti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Situs kamu juga kulihat sudah mulai rapi dan konsisten bicara soal keuangan. Tapi, masih sangat minim cerita nyata soal bagaimana orang-orang mengatur keuangan mereka sehingga kamu bisa menemukan bukti di lapangan bahwa teori kamu benar.

      Delete
  4. Wejangannya bagus banget.. jadi semangat untuk terus nulis. Belum bisa teknik storytelling yang bagus, pengen belajar. Ini mending dibuat artikel terpisah kayanya yang bagian kedua mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sengaja bikin dua section dalam artikel ini karena section kedua sebenarnya menjelaskan mengapa keempat blog diatas menjadi favoritku sepanjang 2019, karena mereka menggunakan teknik storytelling.

      Delete
  5. wah kalo naked traveler nya mbak trinity jangan ditanya tuh hehe sayangnya selalu bikin ngiler jadi ngeri kalo baca terusan huhuhu tutup mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahahi iya aku juga selalu ngiler setiap kali membaca artikel Mbak Trinity dan merasa tidak akan pernah memiliki keberanian seperti itu.

      Delete
  6. aku suka juga tulisan semuanya apalagi mas yusran darmawan suka baca di Kompasiana dulu ada bukunya juga kan..
    sama mas dhanang dave & Hendra wardhana juga sih
    mbak trinity aku juga suka...
    eh tulisannya mbak Ika aku juga suka di kompasiana juga.
    komperhensif...


    story telling emang penting banget emang
    yang membedakan satu penulis dengan penulis lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih sudah mampir ke blog aku dan membaca tulisan-tulisanku.

      Delete