Bill Gates dan Sejumlah Buku yang Dibacanya Menjelang 2020

Bill Gates dan sejumlah buku yang akan dibacanya pada musim dingin 2019-2020. Sumber: gatesnotes.com

William Henry Gates III alias Bill Gates adalah sosok yang sangat terkenal di bumi. Selain karena namanya lekat dengan perusahaan perangkat lunak raksasa yaitu Microsoft, ia juga dikenal sebagai lelaki paling kaya di dunia sejak 1995-2009. Meski sempat turun peringkat, tetap saja tak ada ada yang bisa menggeser kekayaannya meski Ratu Inggris sekalipun. Setelah puluhan tahun berlelah-lelah bekerja di Microsoft, pada tahun 2000 ia mengundurkan diri dari jabatan eksekutif dan hanya mengambil pekerjaan paruh waktu, sehingga ia bisa memberikan seluruh waktunya untuk bekerja di yayasan yang didirikannya bersama istrinya, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation. Lelaki berusia 64 tahun ini kini banyak memberikan waktunya kepada dunia melalui yayasan yang didirikannya, serta membagi cerita-cerita hidupnya melalui channel Youtube miliknya. Dan tentu saja menikmati waktu bersama keluarga, menikmati kekayaan yang melimpah dan membaca buku. 

Melalui tulisan ini pula aku ingin mengabarkan bahwa orang-orang super kaya di dunia adalah sosok cerdas dan sangat suka membaca buku. Diantara kesibukan bekerja dan mengurus keluarga, mereka tetap saja membaca puluhan hingga ratusan buku dalam setahun. Hidup mereka tidak melulu memikirkan pekerjaan dan uang karena uang yang bekerja untuk mereka. Uang yang mereka investasikan bekerja dengan patuh sehingga menghasilkan lebih banyak uang. Sehingga, saat uang tersebut bekerja menghasilkan lebih banyak uang, si pemilik uang asyik belajar, membaca buku apapun yang ia inginkan dengan begitu tenang. Sungguh, kehidupan Bill Gates membuat iri banyak orang miskin di bumi. 

Para tokoh dan milyuner dunia adalah orang-orang yang membaca buku. Bill Gates bisa membaca 50 buku dalam setahun, alias 4 buku dalam sebulan, alias 1 buku setiap minggunya. Wah, luar biasa ya bisa membaca buku sebanyak itu meski sangat sibuk. Nah, agar kita tahu buku-buku seperti apa yang dibaca Bill Gates, aku mau kasih bocoran nih  5 buku yang akan dibaca Bill Gates sembari menikmati musim dingin pada peralihan tahun 2019-2020. Yah, siapa tahu pembaca tertarik membaca buku-buku yang dibaca Bill Gates. 

1| "An American Marriage" karya Tayari Jones
Buku ini berkisah tentang pasangan kulit hitam bernama Roy dan Celestial yang kebahagiaan pernikahan mereka dirusak oleh tuduhan palsu atas sebuah kejahatan pemerkosaan yang menyebabkan Roy harus dipenjara selama 12 tahun. Sistem yang tidak berpihak pada Roy sebagai warga kulit hitam, membuat ia harus menanggung luka seumur hidupnya, terlebih ketika rumah tangganya hancur dan telah lama Celestial meninggalkannya dan pindah ke luar kota. Buku ini tidak hanya bercerita tentang kehidupan Roy sebagai seorang warga kulit hitam yang diperlakukan tidak adil oleh hukum, melainkan cerita tentang hukum itu sendiri yang membuat orang-orang kulit hitam semakin sulit menjalani hidup karena mereka di cap sebagai orang jahat meski tidak melakukan kejahatan. 

2| "These Truths" karya Jill Lepore
Buku ini menceritakan sejarah Amerika Serikat dalam 800 halaman. Banyak hal-hal mengejutkan tentang sejarah Amerika Serikat yang selama ini luput diceritakan, seperti bagaimana kebebasan dan kemerdekaan Amerika Serikat ternyata tidak lepas dari kegiatan perbudakan orang-orang kulit hitam dari Afrika dan penghancuran kebudayaan orang Indian atau suku asli benua Amerika. Buku ini sangat direkomendasikan Bill Gates untuk dibaca sebagai penyeimbang informasi mengenai sejarah Amerika Serikat yang diajarkan di sekolah. 

3| "Growth" karya Vaclav Smill
Smill adalah salah satu penulis favorit Bill Gates dan ia selalu menunggu buku-buku terbaru lelaki tersebut. Meski tidak semua pemikiran Smill bisa diterima Bill Gates, tetapi ia menghormati sang penulis dan mereka mendiskusikan tentang apa itu "pertumbuhan" dilihat dari segala aspek. Buku ini secara detail mendokumentasikan masa lalu bumi dan pertumbuhan yang terjadi didalamnya dan memprediksi masa depan bumi dan kehidupan yang ada didalamnya. Bill Gates menyatakan bahwa buku ini merupakan 'Masterpiece' terbaru dari Smill yang sebaiknya dibaca agar manusia bersiap melakukan hal-hal yang diperlukan untuk menjaga bumi dari kerusakan akibat pertumbuhan. 

4| "Prepared" karya Dianne Tavenner
Buku ini merupakan panduan yang menyenangkan dalam membantu orangtua menyiapkan kehidupan anak-anak mereka seperti urusan pendidikan, karir dan kehidupan yang lebih luas. Semacam panduan apa yang sebaiknya disiapkan dalam mendidik anak-anak agar lolos masuk ke universitas dan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan agar anak-anak siap memasuki kehidupan. Hidup itu tidak mudah dan sebuah perjalanan panjang, sehingga para orangtua sebaiknya membantu menuntun anak mereka menuju jalan hidupnya dengan panduan yang baik, memberi energi untuk tumbuh dan berkembang. 

5| "Why We Sleep" karya Matthew Walker
Tidur bukan perkara sederhana dan remeh temeh. Sebab, buruknya kualitas tidur dapat mempengaruhi banyak hal seperti menurunkan kreativitas, kemampuan menyelesaikan masalah, belajar, mengingat, membuat keputusan, serta berdampak pada kesehatan liver, otak, sistem imun, hingga masalah mental dan emosianal, yang secara keseluruhan berperanguh kepada kehidupan jangka panjang. Buku ini juga menjelaskan bahwa orang nggak akan bisa survive jika tidur hanya 5 jam atau kurang dari itu tanpa perbaikan disana sini, dan yang pasti tidur sangat penting bagi manusia. 

Bill Gates dan buku-buku yang dibacanya pada musim dingin 2019. Sumber: gatesnotes.com

Hm, aku jadi ingin membaca buku "Why We Sleep" karena aku tipe orang yang merasa tidak ingin tidur, tetapi ya harus tidur. Aku juga ingin membaca "An American Marriage" karena aku sangat suka membaca novel-novel bagus yang menggugah jiwa. Dan yang paling menarik adalah "Growth" karena ini berkaitan dengan kondisi bumi kita dan masa depan umat manusia. Kalau pembaca, ingin membaca buku-buku yang mana yang dibaca Bill Gates di penghujung 2019 ini? 

Jakarta, 24 Desember 2019

Bahan bacaan:
https://www.gatesnotes.com/About-Bill-Gates/Holiday-Books-2019
https://blog.mizanstore.com/siap-untuk-membaca-100-buku-dalam-setahun-orang-hebat-ini-sukses-melakukannya/



4 comments:

  1. Sangat menginspirasi...

    Mungkin bisa jadi langkah yang harus kita ikuti. Tapi kalo saya jujur gak kuat baca 1 buku 1 minggu hehehe. Paling nggak sebulan 1 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya, kalau kita menarget membaca 1 buku setiap bulan bisa kok. Kalau satu buku 1 minggu sih bisa aja asal genre novel atau buku anak-anak. Seminggu bisa kelar 3-4 buku.

      Delete
  2. Dulu pernah kuat satu buku dalam satu minggu tapi nggak bertahan lama hihi.. Makasi mba Ika rekomendasi bukunya, salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga dan terima kasih sudah mampir ke blog ini. Sekarang ini aku menyesal nggak dari dulu rajin banget baca buku. Karena kalau melihat mereka yang sukses adalah yang rajin dan konsisten membaca buku, berapapun tempo yang digunakan dalam membaca buku.

      Delete