![]() |
Ilustrasi. Sumber: vecteezy.com |
Oleh: Lies Marcoes
Sebuah video di Youtube menayangkan ceramah pengajian kaum ukhti. Sang ustadzah mengenakan burqa
berbaju hijau sambil memegang mikrofon. Ia menasihati jamaahnya yang ia
sapa "ukhti/akhwat" (saudari perempuan) agar jika suami mengajak
pergi, tak usah bertanya, langsung mandi, ganti baju, dan ikuti perintah
suaminya. Lebih lanjut ia mengajarkan bahwa meksipun istri telah khatam Al-Quran 30 juz,
pendidikan lebih tinggi, lebih kaya, dan memiliki kelebihan-kelebihan lainnya,
istri harus tetap tunduk, patuh kepada suami dan merendah di bawah (posisi)
suami. Hal itu menurutnya bagian dari adab (etika) dalam Islam.
Saya terus terang tak terkejut. Dan juga tak khawatir. Ada sejumlah alasan: Pertama, watak ajaran Islam meskipun bicara soal urusan akhirat kelak (tidak empirik), namun pada dasarnya agama diturunkan kepada orang yang berakal dan berpikir. Dalam ajaran agama Islam penekanan pada pentingnya orang berpikir itu sangat utama. Dasar untuk berpikir adakah BERTANYA. Jadi bagaimana mungkin kepada suami kita tak boleh bertanya, sedang kepada Allah saja kita diperintahkan untuk berpikir yang didasari dengan perintah untuk bertanya, skeptis, meragukan, lalu akal dan nurani akan menuntun manusia kepada kebenaran hakiki.
Saya terus terang tak terkejut. Dan juga tak khawatir. Ada sejumlah alasan: Pertama, watak ajaran Islam meskipun bicara soal urusan akhirat kelak (tidak empirik), namun pada dasarnya agama diturunkan kepada orang yang berakal dan berpikir. Dalam ajaran agama Islam penekanan pada pentingnya orang berpikir itu sangat utama. Dasar untuk berpikir adakah BERTANYA. Jadi bagaimana mungkin kepada suami kita tak boleh bertanya, sedang kepada Allah saja kita diperintahkan untuk berpikir yang didasari dengan perintah untuk bertanya, skeptis, meragukan, lalu akal dan nurani akan menuntun manusia kepada kebenaran hakiki.
Kedua,
di hampir setiap ayat Al-Quran mengajarkan tentang semesta, seperti tanda-tanda
kehidupan, pergantian siang dan malam, tentang awan dan hujan, bumi dan langit,
tentang tumbuh-tumbuhan. Semuanya bermuara kepada nilai-nilai yang menuntun
pada ajaran TAUHID/monoteisme. Apakah kamu tidak berpikir? (Siapa Yang Maha
Kuasa di balik itu semua).
Ajaran TAUHID dalam Islam merupakan ajaran yang sangat keras atau bahkan dapat dikatakan sangat radikal. Sebab ajaran Tauhid menuntut kepasrahan, ketundukan total manusia kepada Allah tidak ada yang layak disembah manusia kecuali Tuhan.
Ajaran TAUHID dalam Islam merupakan ajaran yang sangat keras atau bahkan dapat dikatakan sangat radikal. Sebab ajaran Tauhid menuntut kepasrahan, ketundukan total manusia kepada Allah tidak ada yang layak disembah manusia kecuali Tuhan.
Meski begitu dalam Islam nilai monoteisme atau Tauhid tidak diajarkan sebagai sebuah indoktrinasi buta. Kemampuan berpikir merupakan prasyarat dan menjadi jembatan menuju inti ajaran Tauhid. Hal ini bukan hanya diajarkan oleh Nabi Muhammad, bahkan sejak nabi Ibrahim as, "Bagaimana manusia menyembah matahari, bintang, rembulan sedang mereka pun terbit dan tenggelam, itu pasti ada yang menggerakannya."
Dalam
ajaran Tauhid secara sangat keras diajarkan larangan manusia menuhankan apa pun
di alam semesta, manusia dilarang menyembah sesama manusia: hamba kepada
majikan, rakyat kepada raja, anak kepada orang tua/ayah, istri kepada suami.
Islam tampaknya sangat menyadari betapa bahayanya relasi kuasa antara manusia
karena di sana ada unsur power dan ketergantungan yang sangat nyata. Karenanya
nilai ajaran Tauhid luar biasa keras dalam melarang sikap menghamba, tunduk,
pasrah bongkokan. Dalam dunia modern, ajaran Tauhid yang menihilkan kuasa
manusia atas manusia yang lain atau bentuk-bentuk penghambaan sangat relevan
dengan prinsip-prinsip HAM.
Ketiga, Islam Indonesia tumbuh dalam masyarakat agraris egaliter. Meskipun unsur feodalisme menjadi elemen penting dalam membangun relasi, namun sumbangan perempuan sangat dikenali secara kultural. Karenanya dasar-dasar hubungan yang setara merupakan urat nadi relasi antara lelaki dan perempuan, suami an istri.
Harus diakui hubungan-hubungan itu tidak sempurna, sebab bagaimana pun Indonesia mengenali ajaran yang asimetris antara lelaki dan perempuan. Hal itu tak lepas dari ajaran feodalisme Jawa yang memperkenalkan hubungan asimestris kawula lan gusti. Namun ajaran Islam yang mengutamakan nilai -nilai Tauhid telah mengajari kita bahwa penghambaan kepada manusia bukan saja melawan hakikat manusia merdeka tetapi juga ajaran yang paling prinsip dalam Islam: TAUHID.
Atas
dasar itulah saya cemas dan khawatir dengan ceramah sang ukhti yang
mengajarkan istri tak boleh bertanya kepada suami, dan harus patuh buta kepada
suami. Pendapat ini menurut saya menyalahi ajaran paling prinsip dalam Islam:
TAUHID!
Mungkin ia hafiz 30 juz, namun dengan mengajarkan istri harus tunduk patuh, pasrah merendah kepada suami tampaknya menyelami surat al Ikhlas pun boleh dipertanyakan. Andai saja sang ukhti itu belajar feminisme ia akan tahu menyembah sesama manusia itu hal yang paling terlarang dalam feminisme. Feminisme adalah metodologi yang mengajarkan kepada manusia tentang PENIHILAN kepada tuhan-tuhan ciptaan manusia. Feminisme mengajarkan manusia untuk berani beragama dengan BERPIKIR. Mengubah ajaran agama yang semula hanya rapalan mantra menjadi daya untuk pembebasan atas penghambaan sesama manusia.
No comments:
Post a Comment