HIDRASI SEHAT: Memahami Manfaat dan Pentingnya Minum Air Bagi Kesehatan

Ilustrasi minum air



"Water is life." -Audrey Hepburn-


Hai Pembacaku yang baik, apa kabar? Semoga di bulan yang baik ini hari-hari kita semakin bermanfaat dan menyenangkan. Menjalankan ibadah puasa menjelang musim kemarau memang sangat berat. Terlebih ketika keringat yang kita keluarkan karena berbagai aktivitas tidak sebanding dengan jumlah asupan air minum. Dan yeahhh, karena puasa kita nggak bisa menenggak sebotol es teh atau segelas es kelapa muda untuk menghilangkan dehidrasi yang rasanya membuat kepala kita seketika mengerut.

Saat menjalankan ibadah puasa, kita seringkali mudah mengalami dehidrasi. Akibatnya kepala menjadi pusing, kehilangan fokus dan konsentrasi, suhu tubuh meningkat dan gerah aja bawaannya, dan jadi mudah marah karena emosi.  "Duh! Haus dan panas banget nih, jadi emosi aku tuh!" begitu lah keadaan sebagian besar kita semua saat dalam keadaan puasa, ya khannnn? 

BACA JUGA: Ke Klaten, Perjalanan Mendebarkan Melihat Sumber Air Purba Berusia 1.500 Tahun

Semua itu sangat wajar, karena 50-60% tubuh manusia tersusun dari air. Sehingga jika kita kekurangan air 2% saja sudah mampu membuat kepala kita pusing dan tidak konsentrasi. Apalagi jika kita tidak menghidrasi tubuh kita dengan jumlah air yang benar, maka kemungkinan besar tubuh kita akan berontak karena tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan benar.  Organ-organ tubuh kita seperti otak, ginjal, dan otot mengandung 70-80% air, sehingga jika kita tidak cukup minum air, maka kinerja organ-organ tubuh tersebut akan terganggu yang berakibat fatal pada kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Ngeri kan kalau kita sakit kronis gara-gara kebiasaan kurang minum air? 

Nah, agar aku lebih paham mengena ilmu tentang hidrasi bagi tubuh, tanggal 14 Mei kemarin aku mengikuti sebuah diskusi kecil bertema "Hydration Talk" yang diampu atas kerjasama antara Indonesian Hydration Working Group dan PT. Tirta Investama (Aqua). Kegiatan yang dihadiri peserta Danone Blogger Academy dan para jurnalis ini menghadirkan sejumlah dokter ahli gizi, yaitu: 

  1. dr. Nurul Ratna Mutu Manikam., M.Gizi, Sp. GK yang merupakan Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 
  2. Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.Gk, Ketua Indonesian Hydration Working Group
  3. dr. Tria Rosemiati, selaku Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-Aqua)
  4. Rosalina Privita, Vice President Research & Innovation PT. Tirta Investama (Danone-Aqua)

Dalam diskusi yang berlangsung sejak pukul 4 sore hingga menjelang buka puasa tersebut aku belajar kembali mengenali air minum yang sehat, memilih jenis Air Minum Dalam Kemasan (yang sehat), dan tentu saja belajar cara minum yang benar agar tetap hidrasi saat menjalani ibadah puasa Ramadan. 
Menyimak penjelasan tentang hidrasi bagi tubuh, serta bahaya mematikan akibat dehidrasi
Peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan mengenai hidrasi dan bahaya dehidrasi bagi tubuh. 
Diskusi sore yang menyenangkan dengan para dokter ahli gizi

Ternyata, agar tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik, hal yang tak kalah penting untuk kita lakukan adalah mengenal jenis air yang akan kita minum. Karena jika pengetahuan tentang air, terutama AMDK kita keliru, maka kita memberikan tubuh kita asupan air minum yang salah pula. Terutama di kehidupan modern seperti sekarang ini, minum air tidak lagi sesederhana zaman dulu dengan daya dukung lingkungan yang baik. Tingginya pencemaran membuat air tanah tidak lagi bisa diminum sesuka hati, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Sehingga mau tidak mau kita mengandalkan AMDK yang biasa kita beli dalam bentuk botol atau galon yang dijual bebas di pasaran. 


MANFAAT DAN FUNGSI AIR BAGI TUBUH
Karena air merupakan komponen penting dalam tubuh manusia, maka ia memiliki banyak fungsi, yaitu: merupakan 75% komponen otak, 83% pembuat darah, membantu membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, membuang racun dalam tubuh, 22% penyusun tulang, membantu konversi makanan menjadi energi, melancarkan pernapasan, melindungi organ vital, 75% penyusun otot dan pelumas sendi. Jika semua fungsi itu terpenuhi, maka hati kita pun menjadi bahagia. 
Manfaat air bagi tubuh. Sumber: oledalifestyles.com

Bayangkan jika tubuh kita kekurangan air hanya karena lupa atau malas minum, dijamin bakal banyak organ tubuh kita yang berontak dan saling berebut cadangan air dalam tubuh. 
Kandungan air dalam organ tubuh manusia

Nah, sebelum kita memutuskan untuk malas minum karena satu dan lain hal, seperti karena malas bolak-balik ke kamar mandi untuk pipis, pikirkan dampak negatifnya bagi tubuh. Karena kebiasaan buruk seperti malas minum air dapat memberikan dampak mengerikan dalam jangka panjang, yang tentu akan sangat merugikan diri kita sendiri. 

MENGENAL JENIS AIR MINUM DALAM KEMASAN
Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman penuh pencemaran ini, air merupakan komoditas bisnis yang paling menggiurkan. Bahkan terdapat sebuah prediksi bahwa di masa depan, air merupakan sumber peperangan antar bangsa. Posisi penting air ini terbukti telah membuat banyak pihak terjun ke bisnis berbasis air dengan membuat berbagai brand Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang kita jumpai di pasaran. Bentuknya tidak hanya air mineral, tetapi banyak juga yang dicampur dengan bahan lain seperti teh, sari buah, susu, dan zat lain yang dalam berbagai iklan menjanjikan banyak hal mulai dari kesehatan, kebugaran, konsentrasi hingga mencegah berbagai penyakit. 

Air minum dalam kemasan merupakan air baku yang telah diproses, dikemas, dan aman diminum yang mencakup air mineral dan air demineral, yang tentu saja telah disahkan oleh BPOM sebagai bahan pangan yang layak konsumsi. Nah, di Indonesia ada 4 jenis air minum dalam kemasan yaitu air mineral, air demineral, air beroksigen dan air alkali. Untuk lebih jelasnya mengenai keempat jenis air mineral tersebut terkait hidrasi sehat, bisa Pembaca pelajari di flyer dibawah ini: 
Yuk kenali jenis air minum dalam kemasan yang beredar resmi di Indonesia. Sumber: IHWG

Mengenali jenis air minum dalam kemasan ini penting lho agar kita terhindar dari mitos-mitos menyesatkan tentang manfaat AMDK yang belum teruji secara klinis, seperti: 

  • Kandungan mineral dalam air berbahaya bagi tubuh
  • Air beroksigen dapat meningkatkan performa fisik
  • Air alkali dapat meningkatkan PH darah

Padahal faktanya, air mineral merupakan air alami dengan PH 6.5-8.5 yang mengandung mineral alami seperti natrium, kalium, florida, dan magnesium yang secara alami terkandung dalam air pegunungan. Sangat penting bagi kita memahami soal kandungan mineral dalam air, karena hanya mineral dari air pegunungan lah yang dapat dikonsumsi bagi tubuh. Lain halnya dengan mineral yang terdapat dalam air yang telah tercemar, yang memang tidak boleh dikonsumsi karena membahayakan kesehatan. 

AIR DAN PEMENUHAN GIZI SEIMBANG
Kementerian Kesehatan telah menetapkan regulasi mengenai Panduan Gizi Seimbang bagi keluarga Indonesia, dengan tujuan agar masyarakat Indonesia tumbuh dengan gizi yang cukup. Salah satu komponen dalam Panduan Gizi Seimbang adalah air minum yang harus dipenuhi sesuai kelompok usia dan jenis kelamin. 
Komponen gizi seimbang yang harus dipenuhi agar tercipta hidup sehat. Sumber: @sogoodid

Lho, memangnya beda ya kebutuhan air minum bagi kelompok usia, bahkan jenis kelamin? Tentu saja! Kebutuhan air berbeda bagi setiap orang, termasuk pada profesi tertentu. Karena kekurangan dan kelebihan air sama-sama berbahaya, sehingga pemenuhan atas air harus disesuaikan kebutuhan, yaitu: 
Kebutuhan air berdasarkan kelompok usia. 

Kebutuhan air selain dibedakan berdasarkan kelompok usia, juga disesuaikan dengan aktivitas yang kita jalani sehari-hari. Jika aktivitas kita menuntut mobile sehingga mengeluarkan lebih banyak keringat seperti atlet atau pekerja bangunan, maka disarankan minum air lebih dari 8 gelas sehari. Trus kalau perempuan usia produktif seperti aku nih, cukup 7-8 gelas sehari.  

Kalau kita kekurangan cairan dalam tubuh, kita bisa kok membaca tanda-tandanya, sehingga kita bisa segera melakukan pertolongan pertama pada diri kita sendiri dengan minum air. 

TETAP HIDRASI SAAT PUASA RAMADAN
Selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, kita cenderung kurang minum air sehingga mengalami dehidrasi dengan mudah dan tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari. Ternyata, ada lho metode agar kita tetap hidrasi yaitu dengan rumus 242 sebagimana disarankan oleh Sehat Aqua, di mana kita minum mineral pada waktu-waktu tertentu diantara 2 waktu: berbuka, malam dan sahur. 
Tips minum air selama bulan Ramadan agar tetap hidrasi. Sumber: Instagram @sehataqua

Jika kita memiliki segudang aktivitas yang berkemungkinan menyebabkan kita gampang dehidrasi, bisa juga lho menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dengan memperbanyak asupan makanan tertentu seperti salad sayuran, buah-buahan yang kaya air, jus buah tanpa gula, air kelapa muda hingga oatmeal. Dalam keadaan berpuasa, komposisi cairan dalam tubuh kita sebaiknya terdiri dari 60% air minum, 28% makanan dan 12% untuk fungsi metabolisme. Jika sudah seimbang, maka puasa kita aman dari gangguan, ibadah puasa pun menjadi tenang tiada rintangan. 
Tips mencegah dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa

Oh ya, salam dari kami para peserta Danone Blogger Academy 2018 yang sempat hadir di acara ini. Sebagai peserta kelas menulis yang diselenggarakan atas kerjasama Kompasiana dan Danone, aku dan teman-temanku merasa sangat senang mendapat banyak pengetahuan mengenai kesehatan, terutama tentang air. Sehingga sebagai blogger, kami menjadi lebih terpacu untuk menulis isu-isu kesehatan berdasarkan data, bukan opini belaka.
Sebagian peserta Danone Blogger Academy 2018, yang begitu ceria setelah berbuka puasa

Kelas blogging yang aku dan teman-temanku ikuti ini benar-benar bermanfaat lho, terutama dalam proses menjadi blogger yang benar dan menulis berdasarkan informasi yang tepat sehingga tidak menyesatkan apalagi membahayakan bagi pembaca. Terlebih jika kita menulis isu kesehatan, harus benar-benar berbasis data sehingga tulisan yang kita hasilkan tidak masuk ke dalam kategori hoaks, dan sebagai blogger aku terhindar dari praktek menyebarkan informasi yang salah. 

BACA INI JUGA YA: Danone Blogger Academy 2018, Sebuah Paket Komplit Kelas Blogging Persembahan Danone dan Kompasiana

Demikianlah tulisanku kali ini tentang hidrasi sehat. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dalam menjalani hidup sehat jiwa dan raga. Akhir kata, mari biasakan minum air mineral 7-8 gelas setiap hari. Cek juga warna air pipis untuk mengukur tubuh kita dalam keadaan dehidrasi atau tidak. Jagalah kesehatan kita dengan minum air yang benar agar hidup semakin bahagia dan menyenangkan. 

Depok, 19 Mei 2019

No comments:

Post a Comment