Menulis Serupa Meditasi Rasa



"Menulis adalah Bekerja Dalam Keabadian" 

- Pramoedya Ananta Toer-

Hello!
Perkenalkan, namaku Wijatnika dengan nama kecil Ika dan Nika. Aku perempuan biasa, satu manusia petite dalam kerumunan spesiesnya yang katanya akan berjumlah 9 miliar menjelang 2030. 

Tentang Blog Ini
Blog ini merupakan sarana bagiku untuk menuliskan hal-hal yang kulakukan, alami, baca, tonton, kritisi, dan inginkan. Pembaca dapat menemukan tulisanku dengan berbagai topik, yang diantaranya sangat personal. Blog ini sepenuhnya kukelola sendiri. Seluruh tulisan menjadi tanggung jawabku. Sebagian besar tulisan dibuat dengan kehendak bebas, ya karena ingin menulis saja. Beberapa tulisan  dibuat untuk diikutsertakan dalam sayembara menulis, juga terdapat beberapa tulisan tamu.

Mengapa Menulis di Blog? 
Bertahun-tahun silam aku terbiasa mengirimkan tulisan-tulisan ke media cetak lokal. Aku sangat menikmati perasaan senang seklaigus bermanfaat ketika tulisanku dibaca orang satu provinsi di mana aku tinggal. Tetapi kemudian aku sadari, lama-kelamaan jejak tulisanku hilang. Rekam jejak tulisanku lenyap tak berbekas. Jadi, aku memutuskan fokus menulis di blog dan mendapatkan jumlah pembaca yang melimpah dari sebelumnya. Selain itu, aku juga dapat berinteraksi dengan pembaca blog ini melalui kolom komentar. Di blog, aku bebas menulis dengan gayaku sendiri tanpa seorang editor yang mengutak-atik tulisanku. Selain itu, aku dapat membagikan tulisan lawasku ke publik kapan saja dan dari mana saja. Asyik kan dapat mencapai pembaca dengan ketukan jari? 

Komunitas 
Sebagai blogger yang masih memiliki banyak kekurangan, aku harus senantiasa belajar. Oleh karena itu aku bergabung dengan beberapa komunitas blogger, yaitu: Kompasiana, Inspirasi.co, Kumpulan Emak Blogger, Warung Blogger, Tapias Blogger dan Blogger Babes. Tujuannya jelas agar aku bisa belajar kepada para blogger keren meski tak harus bertemu langsung dengan orangnya. Dan tentu saja, aku memiliki blogger favorit yang tulisan-tulisan mereka selalu kubaca sebagai bahan inspirasi untukku menulis.

Minat
Aku selalu tertarik dengan isu-isu sosial-ekonomi-politik-budaya-lingkungan-empowerment baik yang terjadi di level lokal, nasional maupun internasional. Fokus tulisanku adalah pada isu kesejahteraan, keadilan sosial, kesetaraan, lingkungan hidup dan pendidikan. Saat ini aku sedang menekuni hobi saya dibidang seni yaitu melukis dan meningkatkan kemampuan menulis. Minatku memberi pengaruh signifikan bagi corak tulisan-tulisanku. Bagiku, ngeblog itu harus santai kayak di pantai, jangan sampai mabuk karena dikejar deadline toh tujuanku memiliki blog adalah agar memiliki media untuk menulis bebas tanpa ikatan yang menyulitkan atau membuat kepalaku mau pecah gara-gara kebanyakan berpikir hanya demi sebuah tulisan. Selain itu, tulisan-tulisanku tidak ditujukan untuk memaksa pembaca setuju dengan pendapatku karena pengalaman hidup seringkali membuat pendapat kita berubah-ubah seiring waktu. Jika pembaca merasa tulisanku bermanfaat, tentu aku sangat senang.

Media Sosial
Media Sosial penting bagiku dalam belajar tentang banyak hal dan sebagai kanal untuk membagi tulisanku pada publik. Aku hanya membatasi menggunakan beberapa media sosial saja, silakan difollow jika berkenan dan dirasa bermanfaat.

Aturan Menulis
Dalam menulis, aku membuat aturan tersendiri yang membuat aku nyaman dan aman. Aku sangat menghindari plagiarisme alias mencontek, meski untuk photo. Jika aku tidak memiliki photo untuk mendukung tulisanku, maka aku meminjam photo karya orang lain dengan mencantumkan sumbernya. Jika tulisanku bersifat akademis, maka aku berusaha 'googling' mencari sumber untuk bahan bacaan  agar aku tidak seenaknya menyampaikan sebuah temuan atau pesan. Aku berusaha sebisa mungkin untuk mematuhi aturan ini karena bagiku menulis adalah sebuah kegiatan terhormat sehingga aku harus juga menghargai karya orang lain yang mendukung tulisan-tulisanku. Jika pembaca menemukan beberapa tulisan tanpa sumber mohon dimaafkan, mungkin itu tulisan di beberapa tahun silam saat aku masih belum  memahami dengan benar etika menulis di blog.  

Kebijakan
Bagi siapa pun yang hendak menggunakan sebagian atau seluruh bagian tulisan pada setiap artikel dalam blog ini WAJIB menyertakan blog ini sebagai sumber tulisan. Aku tidak keberatan jika tulisanku digunakan dengan tujuan baik bagi kemanusiaan, selagi tidak melanggar etika. Karena aku berusaha untuk tidak mencontek karya orang lain, maka aku berharap pembaca blog ini pun demikian terhadap karya dan gagasanku. Jika hendak menggunakan tulisanku, dapat menghubungiku ke email: wijatnikaika@gmail.com

Salam manis, 
Ika


INFORMASI LAIN: 


MY PROJECT: 


0 comments:

Post a Comment

follow me on instagram