5 Tips Sehat Murah Meriah Sepanjang Masa

Tubuh yang sehat dibangun oleh pola makan yang sehat. Foto: Budi

Ini dalah hari ke 12 tantangan menulis dari Blogger Perempuan Network. Hm, temanya tentang cara hidup sehat lagi hehehe. Hidup sehat itu gampang-gampang susah karena banyak sekali godaannya. Mulai dari banyaknya film bagus sebagai godaan begadang, penjual camilan dimana-mana sebagai godaan jajan nggak sehat, sampai makan junk food buat alasan berhemat karena makanan sehat memang mahal, atau menikmati mi isntan yang enak.
 
Apakah sehat harus melulu soal ragawi?

Kita sering mendapakan nasehat tentang menjaga kesehatan, yang sebagian besarnya berpatokan pada kesehatan ragawi dengan sejumlah nasehat teknis seperti minum air putih, makan makanan sehat dan olahraga. Padahal menurutku sehat itu harus holistik alias menyeluruh antara jiwa, raga dan pikiran.  

BACA JUGA BPN DAY11: Koleksi Terbaikku Sepanjang Masa

Setelah hidup selama 33 tahun dan mengalami turun naik dinamika kehidupan, aku kembali menemukan cara pandang terbaik dalam menjaga kesehatan. Ini tips yang murah meriah yang dapat dilakukan sepanjang kita hidup. 

SEHAT ROHANI - HEALTHY SOUL
Setiap kita adalah jiwa yang mendapat pengalaman tinggal dalam tubuh manusia untuk menjalani peran sebagai manusia. Karenanya, yang pertama kali harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan adalah kesehatan jiwa. Cara menjaga kesehatan jiwa telah diajarkan para Nabi/Rasul, guru, pengelana, para imam dan manusia-manusia bijak yang kita terima nasehat mereka dalam hidup kita. Seperti tentang bersyukur kepada Tuhan atas kehidupan ini, berterima kasih atas makanan-minuman, berbaik sangka kepada setiap manusia, bersikap ramah kepada mahkluk Tuhan yang lain seperti hewan dan tumbuhan, menjaga jiwa agar tetap tenang dalam keadaan apapun, dan banyak lagi. 
Jalan-jalan ke alam liar juga bisa menjadi cara untuk membuat jiwa lebih sehat dan bahagia lho. Foto: Melisa

Menjaga kesehatan rohani sangat erat hubungannya dengan emosi dan psikologi. Sebab, jika jiwa kita dalam keadaan sakit, merana, kesepian, sedih, marah dan kondisi buruk lainnya maka berkemungkinan besar merusak kesehatan fisik dan pikiran. Oleh karen aitu, alangkah baiknya setiap kali hendak tidur pada malam hari, kita mengikhlaskan apa yang terjadi pada hari itu kepada Tuhan agar jiwa kita tenang dalam tidur, dan bersiap untuk menjalani hari baru esok hari.

SEHAT PIKIRAN - HEALTHY MIND 
Katanya, masa paling membahagiakan adalah ketika kita berpengalaman hidup sebagai anak-anak. Hidupnya ceria, bahagia, dan tanpa beban pikiran. Semakin dewasa, ketika beban dan tuntutan hidup bertambah manusia lumayan sering merasa pusing dalam menjalani hidupnya. Bahkan terkadang kita overthingking, berlebihan dalam memikirkan sesuatu sehingga tidak memberi otak untuk beristirahat. Oh, kasihanilah otak kita agar pikiran kita tenang dan damai.
Aku dan si Boy dikala senja. Foto: Dian Radiata

Overthinking sangat menyiksa, bahkan membuat kita sulit tidur. Oleh karena itu, ada kalanya kita harus merenung, melatih otak kita untuk tidak mengerjakan pekerjaan berat seperti memikirkan segala hal dari urusah kelurahan hingga dunia internasional (biarkan PBB saja yang mengerjakan urusan dunia). Beri kesempatan kepada otak kita untuk memikirkan beberapa hal saja yang menjadi tanggung jawab kita dalam hidup ini. Toh, kita tidak dibebani tanggung jawab untuk menjalani kehidupan orang lain, bukan?

BACA JUGA: #AkuSiapBersikap Seni Melawan Hoaks dan Pelintiran Kebencian

Selanjutnya, menjaga kesehatan pikiran juga bisa dilakukan dengan menyaring informasi yang masuk kedalam otak kita, mengendapkannya sembari terus mencari kebenaran, sebelum kita menyebarkannya kepada masyarakat yang lebih banyak. Di zaman yang kacau balau ini, dimana kekacauan dapat meluas dalam hitungan detik dengan bantuan internet, kita harus menjadi pendingin dari suasana-suasana panas di luar sana yang disebabkan oleh keengganan berpikir jernih, sehingga menimbulkan hoaks hingga pelintiran kebencian. 
Tidak terpancing kabar burung juga salah satu upaya menjaga kesehatan pikiran lho. Foto: RM

Kalau pikiran kita sehat, percaya deh kita akan bisa fokus pada kesehatan diri hingga pengembangan kemampuan diri sehingga mampu menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat tempat kita tinggal dan dunia. 

SEHAT JASMANI - HEALTHY BODY
Nah, kalau ini sih bukan rahasia lagi. Bahwa untuk memiliki tubuh yang sehat kita harus menajalani pola hidup sehat, seperti rajin membersihkan diri mulai dari potong kuku hingga mandi; rajin makan makanan-minuman sehat mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam disertai camilan-camilan sehat; olahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran; sampai dengan tidur teratur untuk menjaga fungsi otak dan tubuh secara keseluruhan.
Makan sehat dan enak ala orang desa bisa membuat bahagia lho

Bagaimana, sudah siap menjalankan tips sehat murah meriah sepanjang masa ala aku kan? Oh ya, janga lupa menjaga kesehatan dengan beribadah dengan niat yang baik, menjaga hubungan baik dengan siapapun baik keluarga, tetangga, kerabat, sahabat, guru-guru, pemimpin, rekan kerja, atau siapapun mereka. Karena pada dasarnya setiap orang yang kita temui dalam kehidupan ini memiliki peran yang baik dalam kehidupan kita entah peran besar maupun peran kecil yang tak terlihatSelamat menjalani hidup sehat!

Depok, 1 Desember 2018
Persembahan spesial untuk dunia blogging. Klik disini ya

0 comments:

Post a Comment

follow me on instagram