Tersebutlah Top 5 Blogger Favoritku dan Sebaiknya Kamu Membaca Mereka Juga

Menulis diatas air, mungkinkah? Foto: Rinto Macho

Bagiku, dunia blogging merupakan dunia ajaib. Sebab, sebagai blogger aku tidak akan pernah berhenti belajar kepada blogger lain dengan bidangnya masing-masing. Jadi blogger itu nggak segampang menulis status di Facebook lho, karena menulis adalah sebuah karya dan kerja, hasil dari riset, foto-foto, editing foto, editing kalimat dan sebagainya. Ya, anggap aja ini sebuah perusahaan penerbitan skala kecil di mana bosnya, penulisnya, editornya dan marketingnya ya 1 orang aja alias di blogger hehehe. Dan pada zaman "Internet of Things" ini profesi blogger nggak bisa dianggap sepele, karena tulisan-tulisannya bisa membawa perubahan sosial yang pengaruhnya sangat luas. 

BACA DULU BPN DAY8: 5 Jenis Barang yang Harus Selalu Ada di Tas

Hm, seingatku aku pernah deh membuat tulisan yang kira-kira isinya menceritakan tentang sejumlah blogger favoritku. Tapi eh aku lupa judulnya apa. Jadi, meskipun ini tulisan bertema sama, pembaca juga pasti akan membaca nama dan alasan yang sama untuk beberapa nama yang tetap menjadi blogger favoritku sampai sekarang. Biarin aja kalau aku dibilang tergila-gila kepada tulisan mereka atau nggak mau move forward ke blogger lain yang bisa jadi lebih keren menurut sudut pandang pembaca. 

Nah, tantangan menulis di hari ke 9 ini adalah bertema tentang 5 blogger favorit aku dan alasan mengapa aku memilih mereka diantara yang lain. Hmmmm, ini pula yang hendak kutunjukkan kepada pembaca mengapa mereka berlima masih sangat pantas bertahta di hati dan pikiranku terkiat tulisan-tulisan mereka. 

1. Agustinus Wibowo
Para pembacaku yang setia pasti sudah mengerti alasanku menjagokan lelaki asal Jawa Timur ini di top list blogger favorit aku sejagat raya. Bukan karena si Mas Agus ini ganteng kayak Agus Yudhoyono atau dia baik sama aku. Aku justru belum pernah bertemu orangnya langsung, tetapi pernah baca semua bukunya dan selalu membaca update terbaru di blognya di www.agustinuswibowo.com yang menurutku tulisan-tulisannya kece badai. 
Tampilan blog Agustinus Wibowo dalam bahasa Inggris, Indonesia dan Mandarin

Tulisan-tulisan di blog si Mas Agus ini menggugah, bukan hanya karena suguhan cerita-ceritanya. Melainkan juga keberanian si Mas Agus ini untuk menjelajah tempat-tempat yang nggak umum bagi sebagian besar travel blogger untuk dikunjungi. Tempat-tempat yang dia kunjungi tampaknya memiliki medan yang sulit, dengan budaya dan masyarakat yang tertutup dari pergaulan dunia yang hiruk pikuk ini, atau mereka yang menjalani kehidupan berbeda dengan apa yang dijalani sebagian besar orang di dunia. Buatku, lelaki ini mutiara indah dalam dunia literasi tanah air.

2. Yusran Darmawan
Lelaki ini menulis tentang keseharian yang banyak sekali kaitannya dengan film, isu politik, perjalanan ke kampung-kampung, penyanyi, ironi sosial yang sering membuat kita mengelus dada, sesuatu yang lagi happening di masyarakat, kritis atas sesuatu hingga pertemuannya dengan orang-orang besar negeri ini. Sebagai seorang peneliti, analis, sejawaran dan antropolog, ia begitu piawai membangun kesadaran pembaca akan isu-isu yang mungkin tak terpikirkan untuk dikaji ulang dalam sebuah tulisan. Pernah sekali aku berharap bisa mencontek caranya menulis, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa blogger perempuan tanah air juga bisa menulis tentang isu-isu keren dengan tulisan berkualitas.
Tampilan blog milik Yusran Darmawan yang sederhana namun sarat pembelajaran

Membacai tulisan lelaki asal Buton ini dari waktu ke waktu memberiku pembelajaran penting dalam dunia tulis menulis. Bahwa, jika kita ingin memberikan dampak sosial yang besar kepada masyarakat luas, maka tulislah sesuatu yang menggelitik pikiran mereka, mengajak berpikir dan mungkin mengajak menemukan solusi atas suatu isu. Oh ya tulisan-tulisan bernasnya dapat dinikmati di www.timur-angin.com

3.  Elsie Larson & Emma Chapman
Yup, ini adalah situs milik kakak adik Emma dan Elsie. Sebuah situs unik yang dikelola bersama untuk menampilkan profil, pemikiran dan hasil karya bersama. Situsnya sangat girly, ceria dan berisi kisah keseharian mereka berdua sampai kemudian keduanya terkenal dan menjadi panutan di dunia blogging yang menghasilkan uang dari setiap aktivitasnya.
A Beautiful Mess, dari blogger ke publisher yang ciamik dan mendunia.
Duo kaka beradik ini menyajikan apa saja di situs mereka mulai dari cara membuat donat, membuat kartu, mendekor ulang rumah, melakukan fotoshot, membuat pewarna kuku dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan gaya hidup. Mereka juga sering dibantu suami masing-masing untuk mengerjakan karya mereka, dan nampaknya mereka berempat akrab sekali bagai tak terpisahkan oleh apapun. Mereka dapat dinikmati di abeautifulmess.com 

Jika beberapa tahun sebelumnya, keduanya fokus ngeblog dengan konten professional. Kini, situs ini merupakan sebuah perusahaan kecil yang dibantu dengan beberapa staf yang mengurusi bagian tulisan, community engagement, business development dan marketing, termasuk video maker alias staff videografer. Dari sebuah motto sederhana: stay at home and make something. Kini blog mereka telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan. Wah keren sekali ya, ternyata menjadi blogger bisa jadi sekece dan sesukses mereka.

4. Trinity The Naked Traveler
Siapa nih diantara pembacaku yang nggak kenal Trinity si pemilik blog The Naked Traveler yang terkenal itu? Selain udah jalan-jalan keliling dunia, menerbitkan banyak buku perjalanan, jadi pembicara tentang menulis dan traveling, sampai-sampai kisahnya dibuat film yang dibintangi sama Maudy Ayunda.
Tampilan blog yang sederhana, tapi aslinya menampung cerita-cerita keren mbak Trinity

Nah, mantan Mbak-Kantoran yang akhirnya memutuskan untuk menjadi traveler penuh waktu ini menurutku benar-benar mendobrak tembok-tembok sosial yang seringkali menjadi penghalang bagi seorang perempuan untuk menaklukkan dunia. Cerita-ceritanya dapat dibaca di naked-traveler.com

Sebagai perempuan, ia menepis pandangan ini dan menikmati perjalanannya ke berbagai negara di dunia yang tentu saja menyajikan segala macam perbedaan seperti makanan, cuaca, cara berpakaian, budaya, dan sebagainya. Kisah paling membuat aku ngakak adalah ketika si Mbak Trinity ke Eropa, ke Jerman atau mana gitu. Di mana dia kebelet pup dan di sana nggak ada toilet umum trus toko-toko udah pada tutup sore hari. Dan ketika sampai di apartemen temannya dia kehabisan air karena di negara Eropa biasanya jatah air harian di sebuah apartemen dihitung per kepala. Udah lah itu pasti bau taik dimana-mana buahahaha. Cerita-cerita seru mbak Trinity membuatku semakin paham bahwa dunia ini penuh warna dan hanya mereka yang berani keluar dari kemanjaan kampung halaman saja yang mampu menikmati warna semesta yang indah itu. Dan semoga Mbak Trinity sehat selalu, bisa jalan-jalan sampai ke ujung dunia sehingga dapat menyajikan cerita-cerita yang lebih mengesankan lagi bagi para pembaca di tanah air.

5. Diana Rikasari
Hm siapa sih yang nggak kenal dengan fashion blogger dan desainer kenamaan yang nyentrik dan asyik ini? Pokoknya kalau mendengar nama Diana Rikasari langsung inget sosoknya yang berpenampilan warna-warni, jenis fesyen yang sangat percaya diri yang nggak tenggelam ditengah trend fesyen yang terus menerus mengalai perubahan sampai capek banget ngikutin update-nya. Tapi kalau soal si mbak kece ini, aku update terus dong.
Tampilan blog Diana Rikasari yang pinky dan ceria bagai dunia anak remaja

Trus, Diana Rikasari ini kan udah punya dua anak yang masih kecil-kecil, dan hebatnya punya energi lebih buat memaksimalkan penampilannya dan kedua anaknya agar tampil cetar dan seria selalu. Padahal dia juga harus ngurus perusahaannya yang dia bangun dengan teman-temannya. Itu lho yang jual sepatu-sepatu lucu dan baju-baju unik yang udah dipamerin sampai di negeri jiran Malaysia. Baca disini: Diana Rikasari

Dari si mamah muda yang selalu tampik cetar membahana ini aku belajar bahwasanya menjadi seorang istri, ibu dan bahkan pebisnis tidak lantas membuat kita tampil kucel, kumal, dan kehilangan energi untuk menunjukkan sisi terbaik kita sebagai perempuan. Cuma ya memang, aku bukan tipe yang berani berpenampilan nyentrik, unik dan berani seperti Diana Rikasari yang semakin waktu semakin cantik dan sukses ini. 

Sekian dulu cerita hari ini ya, semoga bermanfaat.

Depok, 28 November 2018
Persembahan spesial untuk dunia blogging. Klik disini ya

5 comments

  1. Replies
    1. Hai Adi, ayo kunjungi semua situs yang aku sebutkan. Pasti kamu akan suka mereka juga

      Delete
  2. ternyata Ika seleranya AHY... haha... bercanda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahai Mbak Sari bisa aja. Tapi bener kan kalau si Mas AHY guanteng?

      Delete
  3. aku paling favorit diana rikasari, krn blognya berwarna banget bkin melek hehehe

    ReplyDelete

follow me on instagram