5 Tema Blog Nan Inspiratif Kesukaanku yang Sebaiknya Kamu Sukai Juga

Saat aku presentasi calon tulisan di kegiata Danone Bloger Academy 2018. Foto: Kompasiana
 
Tahun 2007 lalu, sewaktu masih merupakan blogger unyu-unyu yang ilmu blogging-nya masih basic banget, aku bahkan nggak tahu harus nulis apa selain menulis hal-hal yang kalau kubaca kembali hari ini akan membuatku tertawa terpingkal-pingkal saking absurd-nya tulisan-tulisanku. Tapi, karena aku terus belajar -sampai begadang, mata panda dan jerawatan- makin kesini insya Allah tulisanku main jelas temanya, isunya, sasaranya dan bahasanya makin mudah lah dipahami, bukan lagi bahasa kalbu apalagi bahasa alien.

BACA BPN DAY 1: Menulis di Blog Agar Dikenang Sepanjang Masa

Sebagai blogger pemula yang ilmunya sedikit sekali, jelas aku membaca banyak sekali tulisan para blogger kece. Sampai-sampai aku punya sejumlah blogger yang tulisannya selalu kunantikan sebagai menu sarapan pagi atau inspirasiku dalam menulis. Aku tidak menyukai semua 'genre' dalam dunia blogging, sehingga jarang juga blogwalking kecuali ke blog yang itu-itu aja, yang tulisannya sesuai dengan kebutuhan pembelajaranku. 

Mau tahu tema blog yang aku sukai dan blognya sering aku kunjungi? Berikut daftarnya: 

1. Blog Cerita Perjalanan alias Traveling
Cerita perjalanan yang kusukai bukan sembarang cerita perjalanan. Melainkan cerita perjalanan yang sangat mengena di hati, seakan-akan hanya dengan membaca tulisannya saja aku merasa sedang melakukan perjalanan ke lokasi yang diceritakan oleh tulisan si blogger. Nah, salah satu jenis cerita perjalanan yang paling kusukai adalah karya Travel Writer terkenal Agustinus Wibowo. Tulisannya dapat dinikmati di blognya, yaitu: www.agustinuswibowo.com 
Tampilan blog Agustisnus Wibowo yang ditulisnya dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin

Tulisan-tulisan lelaki muda asal Jawa Timur ini menurutku begitu bernas, keren dan tiada tanding sebab berasal dari pengalaman dan pandangan yang berbeda dari pada penulis pada umumnya. Misalnya, bagaimana ia memilih lokasi sebuah perjalanan dan mengapa ia memilih tempat itu, termasuk caranya yang khas dalam menulis hasil perjalananya. Yang terbaru misalnya tentang pengalamannya menjelajah Papua New Guinea dan rencananya melakukan perjalanan ke Indonesia Luar sebagai bahan untuk buku terbarunya. Dalam tulisan-tulisannya, ia mengemukakan pandangan berbeda dalam melihat Indonesia bukan dari dalam yang selama ini lihat dan rasakan, melainkan Indonesia dari bagian luar untuk menemukan kisah Nusantara di masa lampau dari Thailand hingga Papua New Guinea.

2. Blog isu kritis dunia perempuan
Kalau untuk isu ini hanya segelintir blogger aja yang peduli. Biasanya mereka menulis di situs-situs yang secara khusus menyediakan wadah untuk isu ini seperti magdalene.co yang merupakan situs webmagazine untuk tulisan-tulisan bertema feminisme. Para perempuan atau lelaki yang peduli pada isu yang cenderung ditakuti untuk disuarakan, biasanya menulis di situs ini. Ada banyak persoalan menarik yang mengemuka seperti kekerasan seksual di kampus nomor wahid di tanah air, indentitas kaum trans-gender, hal-hal seputar feminisme, kesehatan dan kecantikan, kritik sosial, cinta-cintaan hingga agama. Menurutku, para blogger yang menulis untuk situs ini termasuk pemberani!
Tampilan magdalene.co dengan tulisan-tulisannya yang kritis dan kekinian

Aku menjadikan situs tersebut sebagai salah satu bahan bacaan mengenai isu-isu feminisme dan isu khas lainnya yang sedang terjadi di Indonesia maupun di belahan dunia lain. Situs ini sendiri digawangi oleh sejumlah perempuan yang sudah malang melintas alias memiliki jam terbang tinggi sebagai jurnalis dan penulis. Sebut saja Devi Asmarani dan Hera Diani yang sangat terkenal dengan tulisan-tulisannya yang kritis lagi memikat. Kepada mereka aku berterima kasih sekali karena telah menyediakan rumah bagi bahan bacaan kritis yang sangat dibutuhkan publik Indonesia dalam mengenali diri dan masyarakatnya secara objektif dan jujur.

3. Blog masak-masak alias food blogger
Tersebab aku ini penyuka makanan enak dan masakan rumahan, merasa bahagia aja saat menikmati sajian dari para food blogger. Tidak semua kategori food blogger masuk disini ya, karena yang kumaksud adalah para blogger yang benar-benar menulis, serta menampilkan foto dan video masakan buatannya sendiri. Biasanya, tulisan mereka eye cathing dengan foto masakan yang menggoda mata dan membuatku ngiler karena ingin mencicipinya.
A super delicious and eye catching food blogger

Salah satu blog masak-masak yang sering aku kunjungi misalnya blog berjudul Korean Bapsang, milik seorang emak-emak asal Amerika Serikat bernama Hyosun So dengan blognya yang bernama www.koreanbapsang.com Kelahiran blog ini katanya sih berasal dari upaya pembelajarannya mengenalkan dua anaknya untuk mengenal masakan Korea, sebab ia dan keluarga tinggal di Amerika. Hyosun sendiri merupakan keturunan Korea-Amerika dan seorang pekerja di pemerintahan Amerika Serikat yang berlokasi di Washington D.C

4. Blog isu Humaniora
Dan blog ini dimiliki oleh Kakanda blogger, peneliti, media specialist, analis politik dan penulis terkenal Yusran Darmawan di www.timur-angin.com yang tulisan-tulisannya selalu kekinian, bernas dan inspiratif. Sebagai seorang analis dan peneliti, ia selalau berusaha menyajikan tulisan sebagaimana adanya realita di lapangan dan nyaris tidak pernah terbawa arus politik yang membuat negeri kita gonjang-ganjing.
Blog Yusran Darmawan: tampilan sederhana, isi selalu memukau.

Aku dan bang Yusran Darmawan bertemu saat kami sama-sama menjadi penerima beasiswa bergengsi bernama International Fellowship Program (IFP) dari The Ford Foundation pada 2010. Selama 6 bulan belajar di FIB UI Salemba sebelum beliau berangkat ke Amerika, aku sering belajar kepada beliau tentang teknik menulis dan dunia blog. Sebagai salah satu blogger pemula yang mengagumi cara beliau menulis dan menyajikan sudut pandangan sederhana atas sebuah kisah, tak heran memang jika jumlah pembacanya melesat dengan cepat, yang kini nyaris mencapai angka 5 juta pembaca. Ia juga sering mendapat penghargaan di dunia tulis menulis dan pastinya sering didapuk sebagi pembicara di kegiatan-kegiatan kepenulisan berkelas.  Senang sekali dapat belajar dan berguru kepada beliau.

5. Blog lomba-lomba (hahahaha!)
Karena ternyata dunia blogging bisa dijadikan tempat meraup Rupiah bahkan Dollar Amerika, maka aku juga suka berkunjung ke berbagai blog penyedia informasi lomba menulis atau lomba blog dan semacamnya. Sejumlah lomba blog sangat prestisius dan aku sering suka menantang diriku sendiri agar tulisanku mampu memikat perhatian juri. Hm, hingga saat ini sih lebih banyak kalahnya daripada menangnya buahahaha. Meskipun memang, beberapa diantaranya aku berhasil masuk ke jajaran finalis untuk lomba bergengsi tersebut 

Depok, 21 November 2018

Persembahan spesial untuk dunia blogging hehe. Click here!

4 comments

  1. aku suka traveling sama kegiatan anak asuhku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap sekali itu Mbak Tira. Kapan-kapan boleh dong aku diajak serta main sama anak asuh mbak, biar aku awet muda gitu hehe.

      Delete
  2. itu kayaknya mas agus pro banget sih, hahaba nulis blog, jalan2 buat bikin buku...

    kalau saya hobi baca blog keuangan contoh seperti retireby40 dot org gitu, blog personal yg khusus bahas finansial. secara blog saya juga finansial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahai baca komenmu langsung meluncur ke blog retireby40.org dan sepertinya akan menjadi bacaanku selanjutnya soal keuangan. Boleh juga share blog inspiratif lain soal keuangan.

      Delete

follow me on instagram