The Return of Superman: Parenting Style ala Selebriti Korea Selatan

Choo Sarang dan ayahnya Choo Sung Hoon alias Yoshihiro Akiyama (sumber: idntimes.com)
Biasanya, aku nonton film atau drama asal Korea Selatan, Jepang, dan China di situs viki.com, dramago.com atau dramanice.eu karena selain pilihannya banyak, juga kualitas terjemahannya bagus. Karena aku nggak terlalu suka reality show, pas judul "The Return of Superman" menyapa mata aku masa bodo. Tapi, pas pertama kali nyoba nonton di youtube, episode keluarga aktor Song Ilkook dengan tiga anak kembarnya yang menggemaskan, aku jadi ketagihan. Jadinya, selama bulan Juli ini aku nonton puluhan episode disela-sela rehat bekerja dan menulis.

The Return of Superman alias Superman is Back adalah reality-variety show yang menampilkan seni parenting ala papah muda dan mamah muda selebriti Korea Selatan, dan sebagian besarnya sih peran para papah muda. Nggak semuanya selebriti sih, karena ada beberapa yang merupakan pemain sepakbola dan tinju. Meski demikian, setiap keluarga selalu menampilkan keseruan dan keunikan masing-masing. Aku bahkan suka geli sendiri melihat para papah muda belajar menangani anak-anak kecil mereka dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, yang selama ini biasanya dilakukan istri mereka. Dan favoritku adalah keluarga Song Ilkook-Jung Seung Yeon dengan tiga anak kembar mereka, serta Choo Sung Hoon dan Shino Yano dengan anak mereka Choo Sarang yang menggemaskan tiada tandingan apalagi pas dia bilang "Bad Boys!" dengan ekspresi lucu.

Daehan-Minguk-Manse alias Song Triplets yang imut maksimal
Keluarga Song Ilkook yang sederhana, kompak dan disiplin
Song Ilkook adalah seorang aktor papan atas Korea Selatan yang semakin naik daun saat berperan dalam serial "Jumong", dan gara-gara serial ini pula ia tidak bisa menjalani pacaran normal dengan perempuan yang sekarang menjadi istrinya, sebab istrinya tidak ingin tersorot kamera dan kehidupan pribadinya juga pamornya sebagai hakim harus dijaga. Oh ya, istri Song Ilkook adalah seorang hakim di pengadilan tinggi, yang cukup punya nama dan kharisma. Ia dikenal sebagai perempuan brilian dengan pendidikan mentereng, yang membuat Song Ilkook jatuh hati karena inner beauty.

Dalam setiap penampilan, memang hanya Song Ilkook dan Song Triplets -Daehan, Minguk, Manse- yang menghiasi layar kaca. Istri Song Ilkook enggan tampil, dan kalaupun tampil hanya tampak samping atau tampak belakang yang membuat penasaran. Karena itulah, segala sesuatu yang dikerjakan tim empat cowok ganteng ini hanya berdasarkan sudut pandang dan kerja keras Song Ilkook, dengan segala keceriaan, kepayahan, suka duka, kebanggaan dan tangisan yang imut.  Ketiga bocah yang menggemaskan itu sangat suka makan, terutama kalau menunya daging, rumput laut dan pisang. Oh ya, ketiga bocah ini selain cerdas juga memiliki karakter yang berbeda, sehingga aku menebak masa depan mereka begini: Daehan akan tumbuh sebagai lelaki kharismatik sebagai aktor atau hakim mengikuti jejak salah satu dari kedua orangtuanya; Minguk yang sangat ramah bisa menjadi seorang aktor atau atlet yang sangat disukai semua orang; sementara Manse bisa jadi akan tumbuh sebagai seorang aktor yang playboy, sebab Manse gampang banget dekat dengan cewek.


Dari keluarga Song Ilkook ini aku banyak belajar tentang menjadi orangtua, dan memang sih Song Ilkook merupakan papah favorit dari serial ini karena dalam setiap seri sering mneunjukkan ketika dia memberi pendidikan pada ketiga anaknya yang aktif, termasuk dalam memberlakukan hukuman ringan untuk mendisiplinkan mereka. Episode demi episode keluarga ini juga selalu berkesan, seperti bermain ke peternakan sapi, menanam padi, menjadi tentara cilik, menjadi nelayan, mengikuti perlombaan, bermain dengan anak-anak sekitar kompleks, belajar tatakrama di kuil, belajar menghargai makanan, memanen tomat dan anggur, membuat kejutan pesta ulang tahun untuk ibu, menjamu tamu, menjual barang-barang bekas, praktek sebagai dokter gigi, belajar berenang, mengenal lumpur dan sebagainya. Rasanya memang pas jika disebutkan bahwa kecerdasan ketiga bocah itu diturunkan dari ibunya dan Song Ilkook memolesnya dengan kehidupan penuh tanggung jawab sebagai laki-laki. Melihat cara Song Ilkook mengurus ketiga anaknya dengan telten, tentu saja membuat para gadis bermimpi memiliki suami seperti itu. Tampan, berperawakan oke, seksi, perkasa, perhatian, penyayang, smart dan pandai memasak

Keluarga Choo Sung Hoon yang ceria dan penuh kebebasan
Choo Sarang adalah anak tunggal dari pasangan petinju Choo Sung Hoon dan model papan atas Jepang, Shino Yano. Gadis cilik ini sangat cerewet, berisik, tomboy, dan petarung seperti ayahnya. Sarang sangat tidak suka mengalah dan ia tipe gadis yang harus mendapatkan apa yang dia inginkan. Ia sangat dekat dengan ayahnya dan sepertinya karakternya banyak ditururunkan dari ayahnya, sangat cerdas, peniru yang ulung, suka olahraga ketangkasan dan musik. Sarang tipe gadis yang selalu ingin jadi pemenang. Keimutan dan karakternya yang out of the box membuatnya disukai para pesohor negeri ginseng itu seperti Girls Generation, hingga GD. Dia juga sangat dekat dengan dua bocah cast The Return of Superman, yaitu Yuto dan Manse. Sarang ini saking cerdasnya, dia sudah pintar bahasa Korea dan Jepang, dan berbicara dwi bahasa dengan kedua orangtuanya, juga bisa mengingat pelajaran yang didengarnya saat tidur.



Awalnya aku tidak terlalu suka dengan Choo Sarang, tetapi setelah mengikuti banyak episode, justru gadis cilik ini menjadi favoritku setelah Song Triplets. Dia benar-benar gadis dengan karakter unik, tangguh dan bermental pemenang sejak kecil. Mungkin, di masa depan dia akan menjadi sosok yang sukses mengikuti jejak kedua orangtuanya. Dia juga tidak mengenal kata takut. Sungguh pemberani.

Bertualang, belajar dan berteman baik
Semua keluarga dalam reality show ini adalah selebriti dan jelas orang kota, yang tinggal di keriuhan dan berumah di apartemen. Maka, para orangtua ini merasa bahwa membawa anak-anak mereka keluar hingga ke pedesaan sebagai sebuah keharusan. Bukan saja untuk mengenalkan lingkungan kota dan desa yang berbeda, juga memberi mereka pelajaran tentang orang-orang, profesi yang berbeda, tatakrama orang kota dan desa, seperti apa asal muasal makanan mereka, kemping, memancing ikan di sungai, hingga mengeksplorasi pegunungan yang mengesankan. Dalam hal ini, aku suka banget dengan cara Song Ilkook dalam mengenalkan anak-anaknya dengan dunia luar, segala sesuatu di luar rumah dan komunitas mereka di kota.

Saat Song Triplest belajar seni peran sebagai pengemis anak di serial yang dibintangi Song Ilkook


Hal yang aku sukai dari keluarga Song Ilkook misalnya saat ketiga bocah itu dibawa ke Village School, sekolah tradisional di pesedaan yang berfokus mengajari anak-anak untuk mengenal budaya Korea. Anak-anak mendapat pendidikan seperti bagaimana menyapa orang lain, posisi tangan saat menerima hadiah, tatakrama berbicara dengan orangtua dan guru, tatakrama makan hingga belajar nyanyian tradisional Korea melalui legenda Chunyang. Kemudian ketika Song Ilkook mengajari anak-anaknya untuk belajar membeli bahan makanan di pasar tradisional atau di minimarket, belajar seni peran di lokasi syuting, membuat sup ayam, memasak nasi, membuat mi, menyapu lantai, membuat jus anggur untuk ibu hingga memerah susu di peternakan sapi. 

Choo Sarang yang imut dan menggemaskan (sumber: choosarang.com)


Menyoal Choo Sarang yang cerewet, tomboy dan selalu ingin memang, ada sebuah episode di mana Choo Sung Hoon sengaja mendatangkan guru paling ditakuti Sarang. Tujuannya jelas untuk kembali mengingatkan Sarang tentang tatakrama dan etika, karena ayahnya khawatir Sarang akan tumbuh jadi gadis keras kepala dan mau menang sendiri. Dan beneran aja, Sarang yang sifatnya semau gue takluk dan bersifat sangat sopan.

Makan, makan, makan
Wah, kalau ini jangan ditanya lagi. Setiap episode pasti ada adegan si para bocah menikmati makanan mereka dengan lahap. Dan aku suka banget dengan selera makan Song Triplets. Selain mereka makan dengan teratur, tentu dengan makanan sehat dan bergizi, mereka juga gemar melahap apa saja. Kalau ada kegiatan belajar memasak atau membuat camilan, pasti deh ujung-ujungnya mereka menyuapkan makanan ke mulut mereka haha. Waktu panen Anggur si Manse makan anggur melulu, waktu panen tomat si Minguk makan tomat sebesar kepalan tangan dengan khidmat, waktu makan ke restoran si Daehan makan daging dengan lahap. Pokoknya ketiga anak itu patut dicontoh dalam hal makan-makan enak, sehat, dan penuh kegembiraan. 



Pokoknya kalau lagi stress dan terbebani dengan pekerjaan, go to youtube dan nontonin aksi anak-anak imut itu. Bukan hanya menghibur dan menghilangkan stress, juga belajar cara menjadi orangtua dengan gembira. Bagaimanapun juga, membesarkan dan mendidik anak bukan perkara mudah, terlebih kalau kembar tiga yang semuanya aktif. Kalau nggak sabar dan banyak trik mah bisa stress juga. Dan memang, beberapa kali Song Ilkook merasa kewalahan. Misalnya saat ketiga anaknya semuanya ingin digendong, atau ketika mereka melakukan kesalahan sehingga harus dihukum selama 5 menit, atau ketika poop beberapa menit setelah dipakaikan pakaian baru dan sebagainya. Sungguh repot yang membahagiakan, begitu kata Song Ilkook.

Depok, Juli 2018
(Oh ya, sekarang aku beralih ke serial Let's Eat Season 3 yang udah tayang)

BACA JUGA

Wijatnikaika Official

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #