RIA RICIS dan Sejumlah Strategi Jitu Menjadi Miliarder di Usia Muda

Ria Yulianti alias Ria Ricis, Youtuber terkaya di Indonesia



 

"Petualangan terbesar yang kau bisa lakukan adalah memperjuangan mimpimu menjadi kenyataan" 

-Oprah Winfrey-

Sejak kanak dimanja, remaja bahagia-bebas-merdeka, muda kaya raya bersama pasangan rupawan dan jelita, tua bergelimang harta dan mati masuk surga. Jelas, itu mimpi seorang pemalas! Karena manusia yang konon mendapatkan karunia demikian hanyalah Nabi Sulaiman yang kekayaannya nggak bisa ditandingi miliarder sekelas Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckeberg apalagi Jokowi. Secara alamiah, hanya ada tiga cara menjadi kaya raya: 1) lahir dari keluarga kaya raya yang kekayaannya nggak habis tujuh turunan; 2) bekerja keras sekeras kerasnya untuk mengumpulkan kekayaan; dan 3) jadi mafia.  
Selamat buat mereka yang terlahir dari komunitas nomor 1 sehingga nggak harus merasakan pahitnya banting tulang mencari seperak dua perak demi membeli sebungkus Nasi Padang. Terhormatlah untuk mereka yang ada dalam kategori kedua karena mereka adalah hamba Tuhan yang seluruh keringatnya akan menjadi saksi, siapa tahu bisa jadi alasan Tuhan memasukkan ke masuk surga. Nah, kalau yang ketiga itu racun dunia. Harap, jangan digugu apalagi ditiru!
Di zaman yang segudang pekerjaan bisa diciptakan dan dikerjakan hanya dengan rajin mencet layar ponsel, siapapun bisa kaya raya. Anak bayi sampai kakek-nenek tua bisa kaya raya, tanpa diangkat anak oleh konglomerat atau menjadi mafia. Salah satu contoh yang tak asing bagi kita adalah Ria Yunita atau terkenal dengan nama Ria Ricis, adik bungsu selebriti Oki Setiana Dewi. Aku mulai mengikuti perkembangan Ria Ricis saat dia masih mahasiswa yang kesehariannya membuat video lucu-lucuan dengan teman-temannya, hingga ia menerima endorse berbagai produk, memiliki usaha di bidang fesyen dan kuliner, menjadi Youtuber, menjadi pengisi beberapa acara hingga main film. 

Sebagai gadis pemalu, aku lumayan salut dengan gadis ini karena ia cuek dengan pandangan publik atas video-videonya yang jauh sekali dari kesan manis ala peserta kontes kecantikan apalagi puteri raja. Ria Ricis justru menunjukkan kepada dunia bahwa hidup itu nggak melulu soal kecantikan, tetapi tentang keceriaan, persahabatan, kreativitas dan tidak malu menjadi diri sendiri. Karena memang banyak sekali video-video Ria Ricis yang membuatku melongo atas tingginya tingkat kecuekan gadis itu. Eh, makin kesini Ria Ricis makin pandai bersolek lho. Apa gadis ini juga mau membuat brand make up sendiri seperi artis lain? 

HOBI MENJADI REZEKI
Sebagai video creator, Ria Ricis memang memiliki bakat dan keunikan tersendiri, dan wajahnya yang imut adalah bonus yang penunjang hobinya itu. Alih-alih membuat video seperti 'Tutorial Memakai Jilbab' dan hal-hal semacam itu yang banyak sekali dilakukan video creator berjilbab yang sempat digemari, gadis itu malah membuat video dengan konten lucu-lucuan seperti soal pipinya yang tembem, jidatnya yang jenong, pilihannya tidak pacaran kecuali sudah menikah, persahabatan, menari-nari nggak jelas, menunjukkan ekspresi wajah yang jelek, memakai masker, dubsmash dan lucu-lucuan yang lain yang seringkali melibatkan teman-teman kuliahnya hingga kedua orangtuanya. Siapa coba gadis yang berani membuat video semacam itu selain Ria Ricis?

Ditengah kemuakan publik dengan suguhan berbagai propaganda tentang 'bagaimana seharusnya' seorang remaja perempuan dan perempuan tampil bagai seorang putri, kehadiran Ria Ricis yang kocak dan cuek membuat remaja menjadi pengikutnya, dan mungkin meniru gayanya yang terkesan tomboy tapi modis. Bayangkan saja pengikutnya di Instagram saja sudah mencapai 8 juta orang, ngalahin Dian Sastro yang katanya selebriti paling dipuja di Indonesia karena kecantikan, prestasi dan karakternya. 

Video-video Ria Ricis selalu banjir pujian dari pengikutnya, pun hujatan dari para haters. Ah, tapi apa pula urusan haters kalau toh dengan popularitasnya  membuat gadis lulusan Universitas Pancasila ini mendulang sukses tanpa harus menunggu berabad-abad. Kerja keras Ria Ricis dan timnya berbuah manis. Bahkan tahun lalu ia mendapat Gold Play Button dari Youtube karena subscribernya mencapai 2 juta yang kontennya sangat positif, terutama untuk anak-anak. Ria Ricis menjadi Youtuber perempuan pertama di Indonesia yang mendapat penghargaan bergengsi itu.
Ria Ricis saat menerima penghargaan dari Youtube waktu subscribernya 2 jutaan (sumber: idntimes.com)

RIA RICIS DAN PENDAPATAN NEGARA
Kalau bicara pendapatan negara, pasti kita langsung ingat pajak. Nah, di era digital ini para influencer yang berpenghasilan melalui kegiatan digital juga dikenai pajak, tak terkecuali Ria Ricis. Sebagai selebgram dengan 8 juta pengikut, Youtuber dengan 2 juta subscriber (sekarang sudah 3 jutaan), pekerjaannya sebagai artis dan dari bisnisnya yang lain, dipastikan gadis ini memberikan sumbangan kepada negara dalam jumlah fantastis, bisa sampai miliaran rupiah dalam setahun. Cara menghitungnya sederhana. Setiap video akan dibayar USD 1 per 1000 view. Sok aja dihitung sendiri kalau yang nonton satu videonya Ria Ricis mencapai jutaan. Belum lagi dari endorse berbagai produk yang dibanderol 4-5 jutaan per foto, kegiatan keartisan yang pasti dibayar mahal dan bisnisnya. Kalau sebulan Ria Ricis posting puluhan foto endorse produk di akun Instagramnya dan satu foto dihargai 5 juta, sok hitung aja lah.
Sumbangan Ria Ricis untuk negara. Wah, kalau beneran keren ya (sumber: tirto.id)

Apa yang dilakukan Ria Ricis dan pencapaiannya merupakan bukti bahwa anak muda dapat melampaui batas dalam konteks mendapatkan popularitas dan kekayaan dibanding pebisnis yang memiliki perusahaan terkenal. Juga sekaligus memberi tahu kita tentang sebuah era di mana tidak ada lagi sekat-sekat yang mempersulit anak muda untuk meraih kesuksesan tanpa harus menunggu warisan orangtua demi menjadi kaya dalam waktu cepat. Dewasa ini, internet adalah jalan bagi setiap orang untuk mendapatkan kekayaan. Ria Ricis hanyalah satu dari banyak social influencer yang sukses menjadi anak muda dengan kekayaan fantastis melalui jalur ini. Hal ini tentu saja harus diapresiasi karena mereka adalah jenis anak muda yang tidak menunggu diberi pekerjaan, melainkan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi ratusan hingga ribuan orang. Dalam konteks kenegaraan, mereka sungguh membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi diri mereka sendiri dan orang lain.
Inilah pundi-pundi kekayaan Ria Ricis diluar usahanya yang lain sebagai selebgram, pemain film, pengisi acara di televisi, presenter acara musik dan sebagainya. Masih muda sudah membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang ya. Mudah-mudahan menginspirasi anak muda untuk berwirausaha segiat Ria Ricis

BELAJAR DARI RIA RICIS
Oke, pencapaian Ria Ricis sebagai anak muda yang cantik, imut, terkenal dan kaya raya mengundang decak kagum. Ingin juga dong sesukses gadis itu. Sayangnya, kita nggak bisa mengcopy Ria Ricis untuk sukses seperti gadis itu. Meski demikian, aku melihat beberapa hal yang menjadi landasan kesuksesan Ria Ricis karena aku lumayan mengikuti perkembangan karirnya (dan eh, aku pernah lho mengomentari beberapa foto Ria Ricis yang menurutku nggak pantas karena sudah melampuai batas hehehe). Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita tiru dari Ria Ricis:

1. Love what you do 
Sebagai video creator yang awalnya dilakukan karena hobi, Ria Ricis mendulang rupiah. Meskipun telah sukses dan didapuk sebagai Youtuber terkaya di Indonesia, gadis itu tidak berubah banyak. Ia masih suka membuat video-video lucu yang diposting di instagram. Meski sebenarnya dia mampu merubah imagenya sebagai selebriti kaya raya, toh ia tetap asyik dengan dunianya. Mungkin, karena Ria Ricis mencintai apa yang selama ini dia lakukan dan membuatnya bahagia. Lagipula, konten videonya tidak mengandung konten yang merugikan orang lain seperti kekerasan, hoax dan unsur SARA, meski pecicilan. Karakternya yang otentik, unik, apa adanya dan anti mainstream membuatnya memiliki jutaan pengikut di Instagram yang menjadi modal awalnya untuk menarik para penggemarnya membawa kekayaan melimpah untuknya ketika ia menjadi Youtuber. 

Saat ini jumlah subscriber Ria Ricis mencapai 3 jutaan dan akun Youtubenya menjadi sumber kekayaan Ricis nomor wahid.  Sebagai Youtuber tanah air paling cemerlang, Ria Ricis berhasil melampuai jajaran Youtuber kelas kakap seperti Raditya Dika, keluarga Gen Halilintar, Edho Pratama dan sebagainya. Saat jumlah subscribernya masih 1.5 jutaan, penghasilan Ria Ricis dari Youtube ditaksir lebih dari Rp. 1 miliar. Nah, sekarang sudah 3 juta, mungkin Ria Ricis berpenghasilan lebih dari Rp. 4 miliar per bulan. Maka tak heran kalau gadis ini didapuk sebagai Youtuber terkaya di Indonesia. Ajib banget kan masih 22 tahun udah jadi miliarder.
Meski sering dihujat karena videonya yang unik dan kocak, Ria Ricis enjoy aja (sumber: tribunnews.com)

2. Persistent and work hard
Perjalanan karir Ria Ricis memang terbilang mulus, terlebih dia mendapat dukungan penuh keluarga. Kan sangat tidak mungkin jika Oki Setiana Dewi yang sudah duluan terkenal tidak membantu adiknya masuk ke dunia entertainment yang gemerlap dan penuh persaingan ketat itu. Meski memang tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian besar penampilan Ria Ricis di televisi adalah karena usahanya sendiri. Kesibukannya ternyata membuat Ria Ricis kelelahan dan beberapa kali harus dirawat di rumah sakit. Yang paling kentara dari jejak kerja keras dan kegigihan gadis ini dalam bekerja adalah wajahnya yang terlihat lebih lelah dari sebelumnya, kantung matanya mulai terlihat jelas, dan wajahnya seringkali terlihat lebih pucat.Mungkin karena kurang tidur atau harus melakukan berbagai perjalanan antara kota yang melelahkan dan menguras energi. Tetapi, semua itu menunjukkan bahwa Ria Ricis memang pekerja keras, terlepas dari sejumlah anggapan miring bahwa dia meniru jejak Oki Setiana Dewi untuk mengambil setiap kesempatan.
 
3. Work in team
Adakah orang sukses yang bekerja sendirian dan mengelola segala aktivitasnya sendirian? Pasti nggak ada. Orang-orang sukses biasanya bekerja dalam tim. Sebagai selebgram, artis, pebisnis dan Youtuber dipastikan Ria Ricis memiliki sebuah tim yang mengurus segala hal yang berkaitan dengan aktivitas gadis itu. Membuat sebuah konten video serius membutuhkan ide cemerlang, waktu dan energi, sampai sejenis paksaan untuk menghalau rasa malas dan lelah. Sebenarnya, yang paling membuatku penasaran adalah: siapakah sosok paling penting dibalik suksesnya Ria Ricis, terutama dalam mengelola kepribadiannya untuk tidak berubah menjadi gadis pongah yang mudah pamer kekayaan karena biasanya orang-orang kaya raya kan merasa berhak pamer kekayaan pada publik. Juga tentang siapakah penasehat keuangan Ria Ricis sehingga kekayaannya yang miliaran rupiah itu dapat dikelola untuk investasi jangka panjang. Aku yakin, tim Ria Ricis merupakan tim yang keren dan energik hingga membuat gadis ini melejit dengan cemerlang.
Ria Ricis dan dua sabahat dekatnya saat liburan (sumber: phinemo.com)

4. Never forget family and friend   
Karena aku sering kepo akun Instagram Ria Ricis, aku ngeh dong kalau gadis ini nggak pernah lepas dari teman-temannya, terutama dua sahabat dekatnya yang sering muncul dalam video-video dan foto-fotonya. Mungkin juga, Ria Ricis menjadikan keduanya sebagai bagian dari manajemen yang menaungi seluruh aktivitasnya. Dari banyak teman Ria Ricis, ada dua sahabatnya yang selalu setia bersama Ricis dalam momen apapun, namanya Tri Atika dan Marissa Chacha. Mungkin, mereka bertiga memang semacam soulmate yang tidak bisa dipisahkan. Kedua temannya pun akrab dengan keluarga Ria Ricis dan bisa jadi, merekalah supporter Ria Ricis yang paling setia dalam menemani perjalanan karir Ria Ricis hingga menjadi cemerlang seperti sekarang. 

5. Power of self love
Harus diakui bahwa Ria Ricis memiliki wajah imut dan menggemaskan dengan pipi chubby, sepasang mata belo dan jidat jenong, ditambah dengan warna kulitnya yang cerah dan senyumnya yang manis. Jelas semua itu pesona tersendiri yang membuat penampilan Ria Ricis selalu oke meski dalam keadaan cemberut atau memasang ekspresi wajah yang jelek. Mungkin, Tuhan yang Maha Mengetahui segala sesuatu memang memberikan bonus penciptaan pada gadis ini agar menjadi kekuatan dirinya dalam menjalani kehidupan yang keras ini sehingga dengan semua potensi baik di dalam dirinya Ria Ricis dapat bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang yang terdampak oleh usahanya. Aku yakin bahwa Ria Ricis paham kekuatan dalam dirinya sehingga dia memanfaatkan kekuatan itu dengan baik sebagai tangga kesuksesan.
Tampil jelek aja menggemaskan. Ini namanya bonus penciptaan and she know her power

Nah, sebagai manusia yang terlahir dari kalangan rakyat jelata yang harus bekerja keras untuk bisa makan apalagi demi menjadi kaya raya, jelas aku belajar banyak kepada Ria Ricis. Jujur kuakui, bahwa aku bukan tipe manusia dengan tingkat kepedean seperti Ria Ricis sehingga tidak mungkin bagiku menjadi seorang video creator seperti gadis itu. Aku hanya belajar beberapa hal dari gadis belia itu bahwa kerja keras yang baik dan konsisten akan membuahkan hasil yang menggembirakan, apapun jenis pekerjaan yang kita lakukan dan apapun jenis karya yang kita hasilkan. 

TANTANGAN BAGI RIA RICIS
Penghasilan Ria Ricis sebagai social influencer dari Youtube dan Instagram tentu bukan hasil kerja sebulan dua bulan. Bukan juga murni hasil Ricis memetik rupiah dari pohon uang yang akarnya berasal dari langit. Ada jutaan follower dan subsriber yang turut andil dalam mengisi pundi-pundi kekayaan gadis ini, yang belum tentu turut menikmati kekayaan hasil 'klik' mereka di video-video Ria Ricis. Untuk video di akun Youtube Ricil Official misalnya, karena jumlah subsribernya yang jutaan dan mereka setia mengikuti karya-karya sederhana dan kocak gadis itu, makanya ia diganjar dollar oleh Youtube. Bayangkan jika yang terjadi sebaliknya, misalnya Ria Ricis ditinggalkan pengikutnya karena misalnya mereka bosan, maka pendapatan gadis ini pun bisa menurun dan karirnya bisa jeblok. Nah, aku nggak tahu apa yang sudah Ria Ricis lakukan untuk berterima kasih kepada jutaan subsriber dan follower setianya yang membuatnya sebagai gadis muda kaya raya, karena  juga bisnis digital yang dilakoni Ricis bergantung pada jumlah 'klik' untuk menonton.
"Tantangan untuk Ria Ricis: Maukah Ricis terlibat dalam gerakan sosial dengan membuat konten video yang mengajak orang untuk melawan korupsi, melawan hoax dan persekusi, melawan praktek pernikahan anak dibawah umur, melawan kejahatan child and women trafficking, melawan kenakalan remaja dan penggunaan narkoba, hingga membantu upaya pencegahan terorisme dengan cara sederhana."
Menurutku, jika Ria Ricis terlibat dalam gerakan sosial yang demikian hanya dengan membuat konten video sederhana, maka namanya bukan saja akan dikenang sebagi seorang social influencer yang sukses secara materi, juga akan gilang gemilang sebagai social heroine. Sederhananya, setiap kampanye yang dia lakukan melalui videonya akan menyasar 3 juta subsribernya di Youtube dan 8 juta followernya di instagram. Dengan demikian, seorang gadis muda berusia 22 tahun mampu memberi pengaruh baik setidaknya pada nyaris 12 juta warga negara Indonesia yang belum tentu sanggup digapai pemerintah.

*Disclaimer!
Tulisan ini bukan sponsored post ya, secara aku mah nggak memiliki hubungan apapun dengan Ria Ricis kecuali sama-sama warga negara Indonesia yang jomblo. Tulisan ini lahir semata-mata sebagai buah pembelajaranku sebagai warga negara Indonesia yang harus berjuang keras untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Kalau pembaca terinspirasi, itu mah bonus dari semesta... 

BACA JUGA: 


14 comments

  1. iya dia memang unik ya, lain dari yang lain justru itulah yang menjd cirinya dan laku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir mba Tira. Iya, belajar dari Ria Ricis tentang ciri khas

      Delete
  2. Aku juga pernah penasaran dengan Ria Ricis, lihat video2nya. Ternyata memang lucu-lucu dan beda dengan yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir Zefy. Iya, dulu kalau lagi pusing biasanya aku lihat video-videonya dia yang lucu dan alay, jadinya terhibur hehe...

      Delete
  3. Meskipun gak bisa jadi RIA, tapi tulisan ini bisa menginspirasi orang lain, semangat mbak !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir Lunar. Terima kasih atas apresiasnya...

      Delete
  4. Apapun bidang yang kita geluti, jika dijalankan dengan ketekunan dan keyakinan maka kesuksesan sudah menanti!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir Tebar Pesona Travel. Iya betul sekali, bekerja memang harus niat dan tekun agar membuahkan hasil.

      Delete
  5. aku malah gak tau dia loh waktu kakak ku sering bgt ngomngin dia masalah aqusii itu haha #KUDET baget ya.. tapi baca tulisan ini bikin melongo ya haha, bahwa rezeki gak akan kemana dan gak disngka-sangka, salut deg sama ria ricis ini bisa jadi cerminan bt diri sendiri bahwa kesuksesan itu gak mesti jadi org lain. n satu lagi sekaya apapun itu yg pnting hrs bermanfaat agar berkah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir Bella. Iya, meski Ria Ricis masih muda belia, aku juga banyak belajar dari gadis itu bahwa nggak harus menjadi seperti orang lain untuk menjemput kesuksesan milik sendiri.

      Delete
  6. Do what you love, jd tidak merasa terbebani klo akhirnya menghasilkan Alhandulilah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir, Ina. Ya, itulah hal utama yang aku lihat dari Ria Ricis disamping caranya memanfaatkan kesempatan membangun kesuksesan yang lain. Semua berasal dari hobi yang dia sukai...

      Delete
  7. Huwaaa ternyata dia sudah menjadi milyarder. Warbyasaaahh 🤗🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Emmy, terima kasih sudah mampir. Iya, Ria Ricis merupakan milyader dan Youtuber terkaya di Indonesia. Haya pecicilannya mendatangkan rezeki ternyata hehe

      Delete

follow me on instagram