Pemula Way Kanan dan Gagasan Cemerlang Pendidikan Lingkungan


Berpose dengan karya Nuwa Kreatif bersama Adjie dari K@WAN (Dok. Rinto Macho)
Perjalanan ke suatu tempat selalu memberi pelajaran berharga tentang kehidupan. Pun yang kualami saat berkunjung ke Kabupaten Way Kanan, Lampung untuk ketiga kalinya. Diantara banyak kegiatan asyik dan seru yang kuikuti, aku terkesan dengan sekelompok pemuda dengan dedikasi mereka yang luar biasa bagi masa depan Way Kanan.

Bersama Fariz, seorang pemuda baik hati yang bercita-cita menjadi seorang entrepreneur aku menemui sekelompok pemuda yang sedang asyik bersenda gurau di Taman Ramik Ragom, Blambangan Umpu. Aku disambut Asep, Haikal, Tini dan beberapa orang lainnya di stand mereka di even Pekan Raya Way Kanan yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Way Kanan ke 18 tahun. "Hai Teteh..." sambut mereka dengan senyum mengembang yang bisa bikin hati klepek-klepek haha. Lalu kami asyik mengobrol ringan tentang banyak hal, termasuk momen pesta rakyat yang digelar setahun sekali ini.

Rasanya aku kembali 10 tahun lebih muda saat mengobrol dengan mereka. Ada semangat membara yang menjadi mesin mendorong untuk bergerak maju sebagai yang terdepan dalam upaya membangkitkan dan mempromosikan perubahan positif di kabupaten yang memiliki slogan Bumi Ramik Ragom ini. Ya, jiwa anak muda bagai magma yang mendesak-desak perut bumi meminta dibebaskan. Cara terbaik membebaskan gelegaknya adalah dengan memfasilitasi mereka untuk berkreasi sesuai bakat dan hobi, seperti yang dilakukan oleh sekelompok anak muda yang mendirikan organisasi Pemula Way Kanan.
"Organisasi kami bermula dari hobi melakukan kegiatan sosial, penanaman pohon, kegiatan peduli lingkungan, donor darah dan sebagainya. Namanya Pemula. Pemuda Peduli Lingkungan dan Alam. Anggotanya sudah mencapai 60 orang. Mereka bergabung dengan sukarela. Intinya kami ingin memacu anak-anak muda untuk melakukan kegiatan positif dan menjauhkan anak-anak muda dari narkoba," ujar Asep, ketua Pemula kepadaku dengan wajah sumringah.

NUWA KREATIF
'Nuwa' adalah bahasa Lampung untuk 'rumah'. Nuwa Kreatif bermakna rumah kreatif di mana didalamnya dilakukan berbagai aktifitas kreatif. Menurut keterangan Asep, Nuwa Kreatif adalah UKMnya organisasi Pemula. Selain sebagai wadah para penggiat Pemula merubah sampah anorganik menjadi berbagai macam kreasi yang indah dan bernilai ekonomi tinggi. Juga sebagai tempat anak-anak muda membangun semangat usaha komunitas melalui kegiatan ekonomi kreatif.
"Nuwa Kreatif itu UKM Pemula dan baru berjalan bulan Februari kemarin (red.2017). Kami membuat ornamen khas Way Kanan. Alhamdulillah produk kami jadi favorit Pemda Way Kanan. Tahun ini kami  ikut lomba Inacraft di Jakarta. Kami juga punya produk akrilik, itu lho mba mengukir di kaca," tambah Asep mantap
Hal yang istimewa dari Nuwa Kreatif adalah karena ia menjadi pintu peluang bagi anak-anak muda yang belum mapan secara finansial untuk terus berjuang melalui kegiatan ekonomi kreatif. Ya, mendengar kisah Nuwa Kreatif dan berbicara langsung dengan penggiatnya membuatku ingat sebuah pepatah yang mengatakan bahwa "Pemuda bukanlah yang mengatakan 'Ini Ayahku! Pemuda adalah yang mengatakan "ini Aku!" kelompok pemuda yang tidak manja, pekerja keras dan kreatif dalam membuka peluang bagi kehidupan yang lebih baik. Pemuda yang tidak bergantung pada orangtuanya untuk berlari menuju tempat terhormat mereka sendiri di masa depan. 
"Mereka ini siang hari kerja sebagai tenaga honor di Pemkab. Yah, tenaga honor kan pendapatannya berapa sih? Hanya cukup untuk beli pulsa dan uang jajan. Tapi kan mereka butuh untuk hidup. Makanya mereka ini siang hari kerja di Pemkab dan malam hari kerja di bengkel Nuwa Kreatif, bikin ornamen yang bagus itu. Udah laku kemana-mana" ujar Yazid PNS di Dinas Pariwisata Way Kanan yang banyak mendukung kegiatan Pemula Way Kanan.
Dalam menjalankan usaha ini, Pemula didukung penuh Pemkab Way Kanan. Salah satunya adalah ketika mereka mendapatkan dana pembinaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk pengadaan alat-alat untuk membuat ornamen yang lumayan mahal. Dukungan Pemkab tentu saja sangat penting mengingat negara memiliki kewajiban untuk mendorong warganya dalam mengembangkan aktivitas ekonomi kreatif.

Kedepan, dalam rangka meningkatkan aktifitas kreatif sekaligus pendidikan lingkungan, Pemula akan mendirikan bank sampah sebagai upaya mendidik warga bahwa sampah dapat dikelola kembali menjadi benda-benda yang berguna. Itikad baik tersebut merupakan salah satu komitmen Pemula Way Kanan dalam melakukan pendidikan lingkungan secara menyeluruh, partisipatif dan berkesinambungan yang langsung menyentuh sumber sampah, yaitu rumah-rumah warga. Pemula bikin Way Kanan asyik

MENANAM HARAPAN
Para pemuda yang tergabung di Pemula optimis bahwa upaya mereka dapat membantu anak-anak muda di Way Kanan untuk menyibukkan diri dengan kegiatan positif sehingga terjauh dari pengaruh pergaulan buruk, seperti menggunakan narkoba. Meskipun mereka sudah melakukan banyak sekali kegiatan sosial dan penyelamatan lingkungan yang mendapat apresiasi dari banyak pihak. Namun, mereka masih ingin berbuat lebih demi generasi yang akan datang.
"Kami juga melakukan pendidikan lingkungan di sekolah-sekolah dan melakukan penanaman bersama. Kami sudah melakukannya di 2 TK, 4 SMA dan serta 3 kecamatan yaitu di Baradatu, Gunung Labuhan dan Blambangan Umpu. Secara keseluruhan kami sudah menanam sebanyak 5.000 pohon seperti Mangga, Ketapang, Lengkeng dan Beringin. Tahun ini kami berencana menanam 500 beringin di bantaran sungai Way Besai sepanjang 3km dengan melibatkan 100 orang warga sekitar," tambah Asep dengan optimis saat menceritakan rencana Pemula setelah acara HUT Way Kanan.
Wah, senang sekali rasanya dapat bertemu, berdiskusi dan bertukar pikiran dengan anak muda yang berpikir jauh ke depan dalam membangun daerahnya. Benarlah bahwa calon pemimpin masa depan itu harus berpikir global namun bertindak lokal. Aku membayangkan, jika anak-anak muda seperti ini ada di mana-mana di seluruh Lampung, maka aku yakin Lampung akan dikenal sebagai provinsi dengan prestasi yang membanggakan.

Kegiatan Penanaman Pohon bersama Pemula Way Kanan (Sumber: www.pelitaekspres.com)

PRESTASI
Kerja keras Pemula Way Kanan memang baru dimulai. Ibarat bayi yang baru lahir, organisasi ini sedang belajar merangkak. Masih teramat panjang jalan yang harus dilalui, apalagi jika bermimpi menjadi organisasi besar yang memiliki pengaruh kuat di masyarakat luas. Meskipun demikian, lembaga ini telah menorehkan beberapa prestasi penting. Apresiasi positif dari publik maupun pemerintah tentu saja bukan semata-mata karena karya yang mereka mengagumkan, melainkan dedikasi yang unik dan berbeda. Berikut adalah prestasi Pemula Way Kanan:

1. Juara III Pemuda Pelopor tingkat Provinsi dari Pemerintah Provinsi Lampung (2015)
2. Juara 1 tingkat Kabupaten Way Kanan untuk TBM (2016)
3. Juara Terbaik Tur Guide (2017)

Atas kerja keras dan dedikasinya dalam melakukan pendidikan dan penyelematan lingkungan hidup, Pemula Way Kanan diajukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Way Kanan untuk meraih penghargaan Kalpataru tahun 2016. Wah, mudah-mudahan Pemula Way Kanan sukses ya agar semakin memacu semangat muda yang sedang bergelora ini demi Way Kanan yang maju dan berdaya saing.

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Pemula Way Kanan, gagasan mereka tentang pemuda dan penyelamatan lingkungan, serta ekonomi kreatif yang sedang mereka geluti, dapat memfollow akun media sosial mereka di:

Facebook: @Pemula Way Kanan
Instagram : @Pemula Way Kanan
Blog: pemulawaykanan.blogspot.co.id

Way Kanan, 28 April 2017

Wijatnika Ika

14 comments:

  1. Salut banget ama Pemula Way Kanan ini. Semoga terus menularkan energi positif bagi masyarakat di sekitarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir mba Dian. Iya, mereka keren ya...

      Delete
  2. Alhamdulillah masih banyak pemuda yang peduli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir Apura. Iya, alhamdulillah...

      Delete
  3. Replies
    1. Makasih udah mampir Tira, iya sangat keren dan inspiratif...

      Delete
  4. salut mbak and Mas ... saya juga pengolah TBM juga tapi lokasi saya yaaa di sekitar pelosok pelosok .. monggo mbak mas kalau ke Bondowoso main main

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir Gus Bolang. Semangat ya melakukan kebaikan yang sedikit, smeoga menjadi kebaikan yang besar di masa depan

      Delete
  5. Replies
    1. Makasih udah mampir Prana. Iya, inspiratif sekali ya...

      Delete
  6. Anak-anak muda berprestasi dan gigih membangun Way Kanan. Salut!

    Tulisan yang bermanfaat Ika. Sarat informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir mba Katerina. Iya, mudah-mudaha kedepan mereka jadi para pemuda hebat agar mampu menjadi mesin penggerak Way Kanan yang maju dan berdaya saing. Merdeka!

      Delete

PART OF

# # # # #

Instagram