Lampung the Treasure of Sumatra

Sekumpulan gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur
Assalammu'alaikum

Sebagai seorang Indonesia yang lahir dan tumbuh di wilayah perbukitan yang indah di Lampung Barat lalu di kota Bandar Lampung, aku memaknai Lampung sebagai rumah, yang selalu kurindukan di perantauan, tempat dimana aku ingin pulang untuk menghabiskan waktuku sampai tua nanti dan menjelajahi lekuk-lekuknya yang gemah ripah loh jinawi. Aku ingin menikmati secangkir kopi Lampung setiap hari bersama kudapan yang semua bahannya tersedia di kebun sendiri. Nikmat betul...

***  
Lampung merupakan provinsi yang beruntung dalam banyak hal. Selain secara geografis lokasinya hanya 45 menit via udara dan beberapa jam saja via darat ke jantung Indonesia, Jakarta. Juga karena sebagai gerbang pulau Sumatera, Lampung memiliki semua hal yang bisa menjadi modal untuk maju. Lampung adalah jalur perpindahan barang dan jasa antara pulau Jawa dan Sumatera, yang seharusnya menguntungkan secara ekonomis bagi pendapatan daerah. Dalam konteks pariwisata, Lampung memiliki semua potensi mulai dari pusat-pusat budaya, wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang indah dan kaya, wilayah pegunungan dengan dua taman nasional yang diakui dunia, sampai gunung Krakatau yang fenomenal sejak zaman purba.

Sekura atau Festival Topeng, sebagai atraksi budaya tahunan di Lampung Barat
Dengan potensi yang demikian kaya dan melimpah, sudah selayaknya Lampung menjadi tujuan wisata yang kepopulerannya setara dengan destinasi wisata seperti Bali, Jawa dan beberapa wilayah di timur Indonesia. Sehingga, ketika nama 'Lampung' disebut, yang terbayang dalam benak pendengarnya adalah alam yang indah, budaya yang unik, tempat yang nyaman, penduduk lokal yang ramah, kain tapis dengan keanggunan memikat, makanan khas yang lezat tiada tara dan oleh-oleh yang keren. Lampung juga akan serta merta mengingatkan orang tentang gajah dan Taman Nasional Way Kambas, harimau dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, atau pesisir barat dengan ombaknya yang memikat para peselancar dari penjuru dunia. Oh ya, gajah si makhluk besar selain menjadi ikon bagi pusat konservasi, bahkan bisa menjadi ikon populer di dunia fesyen seperti di Thailand.

Kemarin, aku bertemu dengan seorang warga negara Australia, namanya Dave. Ia sudah mengunjungi berbagai wilayah di Indonesia dan mengagumi pesona Indonesia sehingga ia masih ingin berlama-lama demi menikmati keindahannya sebelum kembali ke negaranya di benua selatan bumi. Dalam satu percakapan kami ia menyebut-nyebut bahwa ombak pantai di Pesisir Barat seperti di pantai Tanjung Setia sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk kegiatan berselancar. "It was one of the best place for surfing. Saya suka surfing, seru, dan supaya kulit saya agak cokelat juga," ujarnya dalam campuran bahasa Inggris dan Indonesia. Sebagai orang Lampung, aku bangga bahwa Lampung kini menjadi salah satu lokasi yang diperhitungkan masyarakat internasional untuk berwisata. 

Pantai Tanjung Setia di Pesisir Barat merupakan primadona baru destinasi wisata Lampung
Kebanggan lain datang ketika Taman Nasional Way Kambas telah ditetapkan sebagai ASEAN Heritage Park (Taman Warisan ASEAN) ke-36 atau yang ke-4 di Indonesia, sebagai pusat konservasi gajah dan badak sumatera, dimana keduanya merupakan jenis satwa liar dan endemik yang dilindungi, juga sebagai wilayah dengan keanekaragaman hayati tinggi. Status ini bukan saja meningkatkan derajat dan martabat Lampung sebagai kawasan penting bagi perlindungan keanekaragaman hayati, melainkan menjadi magnet bagi wisata edukasi tentang keanekaragaman hayati yang penting di Sumatera dan Indonesia. Kehormatan ini tentu saja harus dibuktikan dengan peran serta pemerintah dan masyarakat dalam mengelola Taman Nasional Way Kambas.  

Nampaknya, pemerintah provinsi Lampung melalui dinas Pariwisata bukan saja mulai menyadari pentingnya pengelolaan potensi wisata di Lampung. Juga sudah mulai serius melakukan promosi wilayah paling potensial untuk meningkatkan kunjungan wisata. Dalam website Dinas Pariwisata Lampung misalnya, telah ditetapkan destinasi wisata yang menjadi andalan Lampung untuk memberi informasi kepada wisatawan destinasi wisata terbaik di Lampung, mulai dari kawasan pesisir di wilayah Teluk Lampung, Teluk Semaka, Lampung Selatan dan Pesisir Barat. Ketenaran pariwisata Lampung juga misalnya bangkit karena promosi jor-joran anak-anak muda via media sosial seperti Facebook, Instagram dan Pinteres tentang lumba-lumba di Teluk Kiluan, Tanggamus. Photo-photo yang mereka unggah di berbagai media sosial tersebut sungguh indah dan menarik perhatian. 

LAMPUNG KRAKATAU FESTIVAL
Festival Krakatau yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1990 inilah yang menjadi cikal bakal ritual tahunan dalam mempromosikan wisata Lampung yang mengintegrasikan berbagai potensi wisata dan peran serta masyarakat secara partisipatif. Selain pengunjung dapat menikmati berbagai kesenian dan atraksi budaya khas Lampung, juga dapat melakukan penjelajahan ke gunung Anak Krakatau yang fenomenal itu. Tentu menyenangkan jika bisa menjelajah sebuah gunung yang lahir dari dalam laut setelah gunung Krakatau purba meletus pada 1883 dan mewariskan kompleks pegunungan di laut yang eksotis dan misterius. Selain itu, karena gunung ini hidup dan terus membesar seakan-alan hendak membuktikan bahwa ia bisa menandingi kedigdayaan Krakatau Purba yang tinggal nama. Ia masih erupsi. Jadi, mendaki ke atasnya mungkin akan terkesan seperti menjejak lapisan teratas sebuah tungku dengan api bergolak dibawahnya.

Gunung Anak Krakatau yang terus bertumbuh semakin jumawa
Dalam Lampung Krakatau Festival 2016, terdapat serangkaian agenda menarik yang sayang untuk dilewatkan. Pertama, jelajah pasar seni yang selain akan menampilkan pameran photo keindahan bawah laut Lampung, juga ada handicraft expo dari para pegiat Usaha Mirko Kecil dan Menangah (UMKM) dan talkshow tentang UMKMKedua, jelajah layang-layang yang merupakan rangkaian acara menerbangkan layang-layang hias dari tiga negara dan 5 kota di Indonesia. Wah, pasti seru sekali melihat langit Bandar Lampung dipenuhi layang-layang indah. Ketiga, jelajah rasa alias wisata kuliner. Akan ada 10 foodtruck yang siap menyediakan aneka penganan lezat, juga berbagai kegiatan lain yang mendukung. Keempat, jelajah Krakatau. Dan inilah puncak dari Lampung Krakatau Festival, yaitu mengunjungi gunung Anak Krakatau bersama-sama. Nggak sabar untuk menikmati keindahan Krakatau, Selat Sunda dan memotret puluhan perahu nelayan yang dihias indah khusus untuk acara ini. Kelima, parade budaya. Kegiatan ini sendiri merupakan kolaborasi dari berbagai seniman Lampung, hingga gajah yang akan beratraksi. Kegiatan ini akan ditutup dengan menerbangkan 1883 balon udara di Tugu Adipura atau Bundaran Gajah, sebagai bentuk peringatan akan erupsi dahsyat gunung Krakatau pada 1883 yang mengguncang dunia dan nyaris menenggelamkan Kalianda, Anyer dan Batavia. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilihat di website resmi penyelenggara Lampung Krakatau Festival 2016

Keanggunan karya anak bangsa, Pawai Budaya dari berbagai kabupaten dan kota di Lampung dalam Festival Krakatau 2015, sebagai referensi bagi calon pengunjung Lampung Krakatau Festival 2016 
Bagaimana, siap berkunjung ke Lampung sang bumi ruwa jurai dan menikmati kegembiraan bersama di Lampung Krakatau Festival 2016? Siapkah menjadi bagian dari proses tumbuh kembang Lampung sebagai The Treasure of Sumatra hingga namanya dikenal di seantero dunia seperti Bali?

Depok, 22 Agustus 2016
Bahan bacaan:
http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-lampung-yang-wajib-dikunjungi/
https://m.tempo.co/read/news/2016/07/25/203790364/taman-nasional-way-kambas-jadi-taman-warisan-asean-ke-36
http://www.tempatwisataid.com/daftar-tempat-wisata-di-lampung-yang-menjadi-favorit-wisatawan.html
http://yopiefranz.com/2016/02/warna-warni-pawai-budaya-festival-krakatau-2015/
http://www.wisatatiga.com/2014/12/sekura-helloween-nya-ulun-lampung.html
http://ragamwisataid.blogspot.com/2016/01/pantai-tanjung-setia-lampung.html


Wijatnika Ika

8 comments:

  1. kereeen kostum2nyaa :D
    acaranya juga pasti seru ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir mba Tamimi,
      Iya kostumnya memang keren-keren, apalagi kalau menyaksikan dari dekat, bakal takjub deh. Ayo ajak keluarga dan sahabat ke Lampung...

      Salam,

      Delete
  2. Keren, merasa bangga sebagai orang yang lahir, tumbuh, dan besar di lampung. Potensi nya ternyata luar biasaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir Danel,
      Iya, Lampung sangat indah dan melengkapi keindahan Indonesia. Semoga kapan-kapan bisa eksplore Lampung dengan gembira, dengan kamu sebagai tukang potretnya.

      Salam,

      Delete
  3. Salam kenal ya, suka sekali dengan artikelnya. Lampung indah sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir mba Naqiyyah.
      Salam kenal kembali dan terima kasih atas apresiasinya atas artikel sederhana ini.
      Betul, Lampung indah sekali dan akan semakin indah

      Salam,

      Delete
  4. Replies
    1. Terima kasih sudah mampir Izzah,
      Iya, Lampung indah. Makin lama Lampung makin kece dan keren abis

      Salam,

      Delete

PART OF

# # # # #

Instagram