Euforia Menyambut Gerhana Matahari Total


Assalammu'alaikum 

Hari ini adalah sejarah bagi Indonesia karena menjadi saksi sebuah peristiwa astronomi yang sangat penting, yaitu gerhana matahari total. Berbagai kota yang memang menjadi jalan utama di bulan seperti Palembang, Bang Belitung, Palu, dan beberapa kota lain telah bersiap dengan berbagai agenda nonton bareng GMT. Ada berbagai kegiatan yang diselenggarakan sekaligus menjadi atraksi wisata yang mampu menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Lain pula kalangan religius seperti umat Hindu di Bali dan umat Islam. Pada hari ini, kebetulan umat Hindu sedang merayakan hari Raya Nyepi, jadi euforia GMT di Bali sepi, kecuali segelintir umat Islam yang melaksanakan shalat sunah gerhana. 

Diwilayah lain, pagi-pagi saat gerhana berlangsung ribuan umat Islam melakukan shalat gerhana. Dan lebih banyak lagi yang sedang harap-harap cemas menantikan peristiwa bulan melenggang anggun menghalangi cahaya matahari ke bumi. Semua siap dengan kamera dan kacamata khusus. Para reporter dari berbagai stasiun televisi sudah siap siaga melaporkan secara langsung fenomena yang hanya berlangsung di Nusantara. Semua takjub! Keriuhan nampak di media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram. Bayangkan, Presiden Jokowi aja pajang photo-photonya ketika menyaksikan GMT dari istana Bogor di Facebook.



Gerhana matahari total ini uniknya hanya terjadi di Indonesia, dan hanya berlangsung selama beberapa menit saja selama sekali dalam 300 tahun. Bahkan di Indonesia pun hanya beberapa kota saja yang dilintasi meski kesibukan dan penyambutannya terjadi hampir di seluruh Nusantara. Pada momen gerhana kali ini, masyarakat luas benar-benar penasaran dan ingin menyaksikan bagaimana prosesnya berlangsung. Sampai-sampai mereka rela mengeluarkan kocek untuk membeli kacamata khusus untuk melihat gerhana. Fenomena ini benar-benar sebuah kegiatan menyenangkan bagi masyarakat Indonesia, yang juga bertepatan dengan hari libur perayaan Nyepi bagi umat Hindu. Aku bahkan sempat menyaksikan sebentar setelah meminjam kacamata gerhana anak-anak di gang dekat kosan. Lumayan lah hehehe. 



Peristiwa penting hari ini semoga semakin meningkatkan minat masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda terhadap berbagai peristiwa astronomi. Alhamdulillah, kalau kemudian banyak yang terisnpirasi menjadi ilmuwan yang mempelajari ruang angkasa dan berbagai peristiwa ajaib yang terjadi didalamnya. Video dibawah ini merupakan gambaran tentang terjadinya gerhana matahari total yang baru saja dirayakan. Hanya beberapa menit tapi begitu menakjubkan dan istimewa. Maha Besar Allah yang telah menciptakan Matahari, Bumi, Bulan dan benda-benda langit lainnya dalam garis edarnya masing-masing:



Depok, 9 Maret 2016

Bahan bacaan:
https://www.theguardian.com/science/live/2016/mar/09/gerhana-matahari-total-di-indonesia-2016-siaran-langsung 
http://citizen6.liputan6.com/read/2411591/kenapa-gerhana-matahari-total-di-ri-boleh-dilihat-langsung 
https://www.theguardian.com/science/2016/mar/09/northern-territory-gets-best-australian-view-as-millions-witness-solar-eclipse

Wijatnika Ika

2 comments:

  1. wah keren, cuma terjadi di indonesia ? benarkah ? aku kemarin liat dari jakarta nggk sampe momen yang area jadi gelap gitu.

    ReplyDelete
  2. Jakarta emang nggak kena. Silakan baca berbagai sumber tentang GMT 2016.

    Terima kasih sudah mampir.

    ReplyDelete

PART OF

# # # # #

Instagram