LOVE SPARKS IN KOREA


Assalammu'alaikum, 

Lupa kalau udah lebih dari sebulan aku membaca novel terbaru Asma Nadia berjudul "Love Sparks in Korea" yang pada saat ini tengah dalam tahap syuting untuk diangkat ke layar lebar. WOW! Novel teranyar penulis Asma Nadia seri 'Jilbab Traveler" ini berkisah tentang penulis dan traveler muda asal Indonesia bernama Rania Timur Samudera yang bertemu secara tak sengaja dengan pemuda Korea Selatan, Hyun Geun di Katmandhu, Nepal. Waktu itu, Rania kecopetan dan sedang mengejar si pencopet yang berhasil dilumpuhkan Hyun Geun. Nampaknya, keduanya merasa memiliki perasaan aneh dalam diri masing-masing pasca pertemuan itu. Sebab, pada pertemuan kedua mereka dalam momen melihat matahari terbit sebagai salah satu daya tarik wisata di Nepal, Hyun Geun tiba-tiba bilang suka sama Rania dan pada saat itu mendengar kabar bahwa ayahnya meninggal dunia. Tanpa mengklarifikasi apa maksud pernyataan Hyun Geun yang ketemua aja baru dua kali, Rania terbang ke Indonesia dan mengurung diri dalam kesedihan untuk beberapa waktu. 

Keduanya kembali bertemu saat Rania mengikuti pelatihan untuk para penulis di Seoul. Sejak itu, Hyun Geun rajin menyambangi Rania dan mengajaknya ke berbagai tempat untuk kepentingan mengambil photo. Hyun Geun juga banyak membantu Rania dalam menemukan Masjid dan restoran halal, dan berbagi pengetahuan tentang Islam. Dalam momen kebersamaan itu, tumbuh bibit-bibit cinta antara keduanya, meski Rania dan Hyun Geun menyangkalnya pada diri mereka masing-masing. Sementara itu, seorang teman baik, sekaligus tetangga Rania bernama Ilhan yang selama ini menyukai Rania siap terbang untuk pertama kalinya ke Korea Selatan demi menyatakan cintanya. 

Cerita dalam novel ini happy ending sih, karena setelah beberapa konflik terjadi Hyun Geun ngaku didepan publik kalau dia cinta sama Rania dan pengen nikahin gadis Indonesia itu. Ia juga ngaku kalau dia Muallaf sejak mengikuti pertukaran pelajar di Indonesia beberapa tahun silam sehingga dia nggak asing setiap kali Rania menjelaskan tentang Islam. Meski demikian, pesan Asma Nadia sebenarnya bertaburan dalam tulisan, tentang banyak hal yang berkaitan dengan nilai-nilai hidup seorang Muslim yang mencoba dipegang teguh Rania, tentang bagaimana seorang Muslim berusaha menjaga dirinya sekalipun sedang berada di negeri asing, tentang keteguhan dan pantang menyerah. Oh ya, sekian persen (enggak tahu berapa tepatnya) kisah dalam novel ini mewakili kehidupan Asna Nadia sendiri. Kayaknya sih ini demi menjawab pertanyaan-pertanyaan penggemarnya mengenai "Kapan sih kisah mba Asma Nadia dibuat novel?"


Salah satu adegan film "Love Sparks in Korea" di pulau Nami.
Aku membaca novel ini cukup sehari saja, sebab sangat ringan. Itulah kelebihan Asma Nadia sehingga novel-novelnya diminati publik dari berbagai kalangan. Dan lebih menari lagi, kini Asma Nadia punya kekuatan untuk mengangkat kisah-kisah yang pernah ditulisnya ke layar lebar maupun sinetron mengikuti jejak sukses "Assalammualaikum Beijing", "Catatan Hati Seorang Istri", "Surga yang tak Dirindukan", "Aisyah Putri", dan yang terbaru adalah "Pesantren Impian". Ia sangat produktif dan terlihat tidak pernah kekurangan ide untuk menulis. Sebagai penulis cemerlang sejak aku masih SD, perempuan tangguh ini memiliki impian besar yaitu mendirikan 1000 cabang Taman Baca Asma Nadia yang sekarang kira-kira baru berada di 41 lokasi di seluruh Indonesia. Semoga cita-cita beliau tercapai sehingga bisa berkontribusi besar dalam dunia pendidikan Indonesia.

Yang paling kutunggu (dan penggemarnya tunggu) tentu saja filmnya yang saat ini masih dalam tahap syuting di Korea. Si cantik Bunga Citra Lestari berperan sebagai Rania dan Morgan Oey sebagai Hyun Geun, membuat publik semakin penasaran sebab peran Bunga dalam berbagi film sudah tak diragukan lagi.  Kegilaan publik Indonesia pada hal-hal berbau Korea Selatan memang sangat dinantikan akan menjadi daya tarik tersendiri dalam film ini. Apalagi yang dijadikan lokais syuting film ini adalah pulau Nami yang terkenal sangat indah. Keunikan lainnya adalah, nama Hyun Geun dan sosoknya yang suka photografi ini diambil dari sosok teman Asma Nadia sendiri bernama Hyun Geun yang juga asal Korea Selatan yang dalam kehidupan nyata memang membantu Asma Nadia selaku "Jilbab Traveller" dalam memahami photografi. Wah, makin bikin penasaran aja nih. 



Depok, 17 Januari 2016

Sumber:
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00095662.html
http://www.bairuindra.com/2015/12/Asma-Nadia-Love-Sparks-in-Korea.html
http://www.indopos.co.id/2015/12/inilah-petualangan-hijabers-di-negeri-ginseng.html

Wijatnika Ika

2 comments:

  1. Terima kasih reviewnya de. Alhamdulillah saat ini sdh dibuka 204 perpustakaan dhuafa atau RumahBaca AsmaNadia. Mohon doa bagi novel dan filmnya jg bagi rumahbaca asmanadia. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Wah senangnya mba Asma Nadia membaca tulisan sederhana ini. Semoga sukses selalu mba.

    Salam.

    ReplyDelete

PART OF

# # # # #

Instagram