Kisah Gadis Penjarah dan Kekasih-Kekasihnya

Pengantin Penjarah yang cantik dalam film Bollywood "Dolly ki Doli"


Entah kenapa aku suka menulis di blog ini pada malam hari. Kadang-kadang keinginan menulis tentang sesuatu muncul bukan karena tulisan itu harus dibaca sekian pembaca, tetapi karena aku hanya ingin menulis. Bagiku menulis seperti seorang gadis patah hati yang mengobati luka hatinya dengan menghayati wangi bunga mawar. Aku menulis pertama-tama untuk diriku sendiri, membantuku tumbuh dan tenang, melatih ingatanku tentang apa yang telah kubaca, kulihat, kudengar dan hal-hal yang terlintas dalam pikiranku. Karenya aku tak membatasi tema tulisanku. Aku menulis tentang apa saja. 

Kali ini aku menulis tentang seorang gadis bernama Dolly. Gadis muda, cantik dan ceria yang membuat para pria tertawan hatinya dan menikahinya dalam hitungan bulan. Dolly adalah gadis manis, polos, naif dan baik hati yang jatuh cinta dengan seorang pemuda bernama Robin Singh. Mereka berencana menikah. Ayah Robin tak menyetujui pernikahan mereka, dan mereka berencana melarikan diri. Saat hari melarikan diri tiba dan mereka janjian bertemu di stasiun kereta, Robin tak pernah datang. 

Bertahun-tahun kemudian saat Robin telah menjadi seorang Polisi, ia mendengar kabar tentang seorang komplotan bernama "Pengantin Penjarah" dengan penjahat utamanya yaitu seorang perempuan bernama kecil Dolly. Kepala Polisi meminta Robin menangani kasus itu dan menangkap si penjahat yang identitasnya sulit dilacak tersebut. Komplotan Dolly menggunakan modus menikahi pria-pria kaya dan merampok harta kekayaan mereka saat malam pertama pernikahan, tentunya setelah memberi seisi rumah minum susu yang dicampur obat tidur, lalu kabur saat subuh. Dolly dan komplotannya menggunakan uang hasil jarahan mereka untuk bersenang-senang dan modal merampok selanjutnya. Yah, meskipun ada juga diantara perhiasan-perhiasan yang mereka jarah adalah barang palsu.

Para korban yang rata-rata orang kaya dan jatuh cinta pada Dolly, tak memiliki satu pun photo Dolly karena pesta pernikahan dan segala hal remeh-temehnya diatur oleh komplotan Dolly. Si cantik Dolly hanya bertugas menjadi pengantin cantik dan menggemaskan dalam setiap aksi mereka. Dolly menikmati perannya menikahi puluhan laki-laki di seantero India dan menikmati pesta-pesta yang megah dengan gaun-gaun indah bagai seorang putri. Tak ada yang curiga dan semua menikmati kecantikan Dolly dan kepiawaiannya dalam menari. 


Sampai suatu hari Dua orang korban Dolly bekerjasama dengan Robin dan timnya untuk menangkap komplotan Dolly. Mereka meminta bantuan pangeran untuk membuat sayembara mencari istri untuk pangeran. Dolly dan komplotannya terjebak dan berharap mereka bisa mendapatkan jarahan melimpah dan kabur setelah beberapa hari pernikahan. Sayangnya, saat itu kedua korban Dolly datang sebagai kejutan dari pangerah, bersama Robin. Maka bertemulah sepasang kekasih yang lama berpisah. Mereka pun akhirnya tahu bahwa Dolly menipu para pria sebagai upaya balas dendam atas perlakuan Robin dan keluarganya beberapa tahun silam. Akhirnya mereka dijebloskan ke penjara. 

Entah bagaimana caranya, kemudian Dolly kabur dari penjara dan tahu-tahu menikah dengan Robin. Sayangnya si Robin polisi tampan tak bisa bikin Dolly jatuh hati seperti dulu dan menjadi istri untuk selamanya. Setelah memasak bubur lentil untuk Robin, Dolly kabur bersama komplotannya untuk melakukan aksi mereka kembali. Sepertinya Dolly kecanduan menjadi "Pengantin Penjarah" dan mengenakan berbagai jenis gaun pengantin dan menipu lebih banyak lelaki yang jatuh hati padanya.

Karena film Bollywood berjudul "Dolly ki Doli" ini memang sebuah komedi, jadi kejahatan pidana tingkat tinggi yang dilakukan Dolly dan komplotannya menjadi bukan domain penegak hukum lagi, tapi menjadi domain entah siapa yang penting bikin ketawa saja. Tidak ada tangisan dan tarian reuni sepasang kekasih dalam guyuran hujan sebagaimana film-film India lainnya. Hal-hal berakhir begitu saja, sangat mudah dan lekas dilupakan. Tapi, beneran deh kostum-kostum pernikahan Dolly di film ini cantik-cantik, mengekspresikan tentang kecantikan India dan budayanya. 

Depok, 15 September 2015

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram