Manikology, Brand Aksesoris Cantik Ramah Lingkungan



Aksesoris cantik sering membuat pemakainya percaya diri. Apalagi bagi para gadis. Anting, gelang, kalung, gelang kaki hingga bros membuat pemakainya seakan-akan seorang putri. Nah, saat kita tengah mengalami berbagai isu lingkungan hidup dan perubahan ilkim yang salah satunya disebabkan oleh aktivitas pertambangan emas yang menjadi bahan perhiasan, seorang perempuan mencoba membuat aksesoris anti-mainstream. Dengan merek dagang 'Manikology' sang pemilik bernama Kartini Soesandi ini menggunakan bahan-bahan alami dan daur ulang untuk produk-produknya. Ia mendapatkan bahan-bahan dari komunitas lokal dan internasional mulai dari batu-batuan dan logam. Bahkan mereka yang memiliki kulit sensitif terhadap logam pun bisa memesan produk khusus. Ya, salah satu bentuk layanan konsumen Manikology adalah menerima permintaan model dan bahan khusus dari para konsumennya, terutama yang memiliki kulit sensitif atau alergi.

Kartini yang belasan tahun malang-melintang bekeja di beberapa organisasi lingkungan hidup ini sangat paham bahwa isu lingkungan saat ini sudah sangat parah. Kerusakan lingkungan dimana-mana dan berdampak buruk pada kehidupan manusia. Seuntai kalung emas atau sebuah cincin emas yang kita pakai bisa jadi adalah bagian dari praktek pertambangan yang merusak sungai dan hutan, juga mengusir penduduk lokal. Karena itu, Kartini ia mencoba melakukan gerakan cinta lingkungan dengan melakukan kampanye penggunaan produk-produk lokal ramah lingkungan melalui produk aksesorisnya. Ia berharap kesadaran masyarakat mulai terbangun dan mereka mulai berusaha mengetahui sejarah produk perhiasan yang mereka gunakan. 

Gelang Manikology yang cantik

Selain ramah lingkungan, ternyata Kartini juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Bekerjasama dengan sebuah perpustakaan komunitas di kabupaten Lampung Barat, Lampung, Kartini membuat program donasi. Setiap 10% keuntungan penjualan produknya akan didonasikan ke perpustakaan komunits cendikia untuk membeli buku bacaan anak. Sebagaimana ia yang memulai bisnisnya untuk membantu komunitas lokal, Ia juga tergerak untuk turut serta mengembangkan gerakan membaca komunitas. Untuk menjalankan bisnisnya, Kartini memiliki motto: "Beauty is smart and generous" yang bermakna bahwa kecantikan bukan soal fisik semata, melainkan kecerdasan yang bersanding dengan kemurahan hati agar cantik menjadi lebih bermakna.

Jika anda tertarik mendukung gerakan Manikology sekaligus ingin tampil cantik, anda bisa langsung menghubungi pemilik Manikology melalui Fanfagenya: Manikology atau Instagram dengan ig: Manikology. Produk Maniology kini juga bisa diperoleh di Tokopedia loh. Kartini bahkan sedang dalam proses mengembangkan pasar internasionalnya dimana ia akan segera menjual produk-produk cantik Manikology melalui situs www.etsy.com sebuah situs pemasaran komunitas internasional yang memiliki 30 juta pembeli dan pebisnis kreatif dari berbagai negara.

Depok, Agustus 2015


Program kerjasama Manikologi dan Komunitas Cendikia

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram