LET'S EAT: Cara Keren Orang Korea Selatan Memasyarakatkan Kuliner Melalui Industri Film






Let's Eat merupakan drama Korea Selatan romantis yang berkaitan erat dengan makanan negeri ginseng itu. Berkisah tentang seorang perempuan berusia 34 tahun, Mrs. Le yang tidak suka makan sendirian dan patah hati. Ia sangat suka sekali makan bersama teman-teman kerjanya atau sahabatnya, dan kalau sudah menikmati makanan ia lupa orang-orang disekelilingnya. Saat menikmati makanannya ia akan mendesa-desan 'Yummyyyy', 'Huahhhh', 'Ahhhhhh' dengan wajah berkeringat yang bahagia. Ia baru akan sadar bahwa ia tak sendirian saat ia merasa sudah kenyang.




Bukan hanya jenis-jenis menu makanan Korea yang menarik dari drama ini, juga tentang persahabatan dan cinta. Salah seorang yang selalu takjub dengan Mrs. Lee adalah Mr. Kim bosnya di sebuah firma hukum. Mr. Kim adalah teman satu kampus Mrs. Lee yang cintanya ditolak 10 tahun lalu oleh Mrs. Lee. Meski demikian, Mr. Kim tetap memperjuangkan cintanya salah satunya dengan menerima Mrs. Lee untuk bekerja sebagai Sekretaris di firma hukumnya dan menemaninya makan di restoran-restoran dengan menu-menu yang memanjakan lidah Mrs. Lee. Sayangnya, meski sudah menunggu selama 10 tahun cinta Mr. Kim ditolak lagi dan si Mrs. Lee lebih memilih pacaran dengan seorang agen asuransi yang tak lain tetangganya di apartemen yang juga suka membawanya makan ke restoran-restoran dengan menu-menu sedap memanjakan lidah.

Yup, dalam drama ini alur ceritanya picisan sekali sebagaimana drama-drama Korea Selatan lainnya tentang percintaan, uang, pekerjaan dan sebagainya yang sangat mudah ditebak alurnya. Tapi, drama ini mungkin memang dibuat untuk mengedepankan makanan Korea Selatan dibanding ceritanya. Asli, setiap scene menikmati makanan bikin air liurku ingin keluar berember-ember. Semua tokoh sangat hebat dalam menggoda penonton dalam menikmati makanan sehingga air liur ini menetes sampai seember banyaknya

Nah, ternyata drama ini berlanjut ke Let's Eat 2 dan ya ampun, makanan-makanan Korea benar-benar tampak menggoda. Dan, ternyata ada seorang warga Kanada yang suka banget sama drama ini sampe bikin blog khusus tentang drama ini dan menampilkan gambar-gambar eksotik setiap episode. Berikut beberapa gambar yang akan membuatmu seketika ingin makan di Korea Selatan. Semoga menjadi inspirasi dalam menikmati makanan...



Buatku, drama ini bukan sekedar drama tentang percintaan picisan. Melainkan tentang cara orang Korea Selatan mengenalkan kepada dunia tentang kuliner mereka yang berharga. Melalui drama ini seolah Korea Selatan hendak mengundang warga dunia untuk berkunjung ke negara mereka dan menikmati kuliner mereka yang lezat, sehat, bergizi dan dibuat dari bahan-bahan yang segar dan khas Korea Selatan. Mereka juga menyuguhkan ciri khas makanan apa yang harus ada dalam setiap perjamuan makan dan makanan apa saja yang paling populer di Korea Selatan.

Satu: Kimchi
Fermentasi sayuran lobak dan aneka sayuran lainnya ini sepertinya merupakan menu wajib dalam perjamuan makan orang Korea Selatan. Dalam setiap adegan makan entah di restoran atau di rumah selalu ada kimci. Kimci bisa dimakan raw/mentah dengan makanan lain, bisa dimasak sebagai gulai atau dipanggang dalam sesi barbeque.

Kimchi
Dua: Ramyeon atau Ramen
Nah, ini sebenarnya cara masak mie rebus yang khas. Cara masaknya yang bikin hidangan ini jadi ngiler parah. Bayangin aja, mie dimasak dengan kuah kaldu, ditambahi dengan kerang, udang, ikan, jamur, sayuran, daun bawang, tahu hingga irisan cabai merah. Dimasak langsung di meja dalam sebuah pot atau wajan langsung dengan kompor gas mini sehingga bisa dinikmati selagi panas dan beramai-ramai. Dan tetap saja, saat makan ramyon begini kimchi nggak pernah absen. 

Tiga: Korean Barbeque
Cara makan begini juga sangat populer dan nyaris selalu ada dalam drama Korea Selatan. Korean Barbeque yang ditampilkan di drama ini menggunakan daging babi, kerang, belut, kimchi dengan tambahan aneka sayuran mentah untuk membungkus daging dengan bawang, saos dan kimchi.

Ini dia Korean Stew yang bikin ngiler
Empat: Korean Stew
Ini adalah menu stew atau gulai khas Korea. Biasa disajikan salam pot atau wajan keramik atau batu seperti mangkuk besar yang isinya macam-macam. Bisa temanya seafood dan sayuran atau bisa juga segala jenis makanan dicampur mulai dari daging, udang, telur, tahu, zukkini, jamur, toge, kerang, ikan, daun bawang dan sebagainya. Biasanya bumbunya khusus dan melihatnya saja bikin ngiler. Kok kayaknya bisa bikin makan lahap dan lupa segala sesuatu selain hidangan di meja. 

Mi dingin ala Korea Selatan yang sepertinya lezat

Lima: Mi dingin atau Cold Noodles
Hidangan ini biasanya ada di drama-drama Korea Selatan nih. Tampilan mienya cenderung pucat atau putih karena nggak pake cabe kali ya. Katanya di Korea Selatan sendiri menu ini hadir secara khusus di musim panas buat menghibur warga yang kepanasan.
 
Sumber gambar:
http://noonasoverforks.com
https://www.koreanbapsang.com/2011/07/yangbaechu-kimchi-green-cabbage-kimchi.html

Wijatnikaika Official

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #