Makanan-Ndeso Fenomenal Favoritku


Menu jantung pisang yang sedap


Suatu kali aku bertemu dengan seorang teman yang mengaku bahwa makanan kesukaannya adalah 'Tumis Leunca-Oncom' yang bikin perutku sakit karena tertawa terpingkal-pingkal. Kok bisa? Itu kan jenis makanan bagi kaum miskin yang tidak punya uang untuk beli lauk yang bergizi. Bayangkan saja, leunca adalah sejenis tanaman yang mirip makanan burung berasa pahit, dan oncom terbuat dari ampas pembuatan tahu yang difermentasi ulang. Dimana letak bergizi dan enaknya sehingga harus jadi makanan favorit ya? Tapi sudahlah, lidah temanku itu memang aneh bin ajaib. Hm, kali ini tulisanku akan bercerita tentang makanan Ndeso yang menjadi pavoritku nih karena ku sedang sangat kangen kampung halaman. Duh, jadi pengen pulang kampung nih...

1. Tumis Rebung dan gulai Rebung
Rebung. Ya, tunas bambu yang bisa diambil di kebun atau hutan. Cukup murah mendapatkannya. Ada banyak cara mengolah rebung menjadi menu yang sedap dan membuat nafsu makan meledak. Namun pertama-tama jelas rebung harus dikupas, diiris tipis, dan direbus agar matang dan hilang racunnya. Salah satu resep rahasia untuk menjadikan rebung seenak daging ayam adalah dengan menjemur rebung yang telah direbus dibawah terika matahari. Setelah airnya kering dan berwarna kecoklatan ia siap dimasak dengan cara ditumis. Sedapnya. 

Tapi ada satu cerita miris yang masih kupercaya hingga saat ini. Suatu hari saat krisis melanda dan bertepatan dengan musim kemarau, aku mendengar satu keluarga mati keracunan rebung rebus. Katanya keluarga tersebut sudah seminggu tak menemukan bahan makanan di hutan tempat mereka tinggal dan tidak punya uang. Mereka memilih memakan rebung rebus yang telah diberi garam hingga keracunan. 

2. Kari Jantung (Bunga) Pisang
Mengolah jantung/ bunga pisang sebenarnya susah-susah gampang. Kalau tidak tahu tekniknya tuh menu olahan jantung pisang pasti nggak enak. Pertama, karena rasa jantung pisang itu agak aneh karenagetahnya yang pahit dan kedua ada sejenis jarum ditengah dauh yang kalau tidak disingkirkan terlebih dahulu akan menganggu. Nah, setelah dibersihkan dan direbus setengah matahng, jantung pisang bisa ditumis, digulai atau hanya dibuat sebagai lalapan. Kalau aku sih lebih suka digulai kuning dengan ikan nila babi yang sudah digoreng kering terlebih dahulu.

3. Karedok Kacang - Mentimun
Ada berbagai macam menu karedok. Biasanya dari leunca, kacang panjang atau mentimun. Kalau aku lebih suka yang sederhana dan mudah dibuanya. Kacang panjang dan mentimun cukup diiris kecil-kecil. Nah, setelah cabai, kencur, gula putih dan bawnag putih halus kacang panjang dimasukkan trus diulek sampe setengah hancur, baru dimasukkan timur dan diaduk rata. Dinikmati siang hari bareng ikan goreng dan aneka lalapan sedang banget nih. perpaduan cabai dan kencur dijamin bikin kuping panas dan lidah sakit karena kepedasan. 

Karedok kacang panjang dengan sambal kacang

4.  Tumis Bunga Pepaya
Bunga pepaya yang pahit adalahjenis bunga yang unik. Aku lupa bunga pepaya ini tumbuh di pepaya jantan atau betina. Karena biasanya ada pohon pepaya yang hanya berbunga tanpa berbuah, meski beberapa berbunga dan berbuah sehingga sangat menguntungkan. Bunga pepaya bisa dimasak sendiri atau bersama dengan daun pepaya muda. Pahit memang, tapi kalau tahu cara mengolahnya dijamin rasa pahitnya akan berkurang dan hasilnya akan menjadi menu yang sedap dan bikin tak mau berhenti makan hingga kekenyangan. Cabe rawit, bawang putih, terasi dan teri medan adalah bahan-bahan paling cocok untuk jadi campuran tumis bunga pepaya. Duh jadi lapar nih...

Tumis bunga pepaya kesukaanku
5. Cobek Ikan Nila
Kalau menu-menu berasal dari ikan sejenis mujair, tawes, nila dan baung sih bukan rahasia umum kalau memang enak. Dan menu cobek ikan adalah salah satu menu tradisional yang memikatku karena cara masak dan rasanya yang unik. Terlebih kalau ikan yang dimasak berasal dari kolam sendiri atau hasil pancingan di sungai di kampung. Bumbu khas yang bikin cobek adalah 


Ikan Nila Cobek yang menggoda selera


6.  Gulai Daun Pakis 
Daun pakis tumbuh di daerah lembab di tepi sungai. Siapa sangka tumbuhan yang menyerupai rumput ini ternyata begitu sedap jika dimasak menjadi berbagai menu mulai dari gulai dan tumis dengan berbagai campuran bisa ikan tongkol, teri, udang hingga petai. Untuk mengolah daun pakis ini ada teknik khusus lho karena getahnya sangat kental. Setelah pakis dikuliti dari bulu-bulunya, maka ia harus diremas-remas terlebih dahulu menggunakan garam sebelum dicuci. Nah, baru bisa dimasa. Duh, rasanya aku sudah bertahun-tahun tidak menikmati menu dari pakis. Kangen berat nih...

Gulai Pakis ala Minang

7. Gulai Pucuk Labu - Ikan Teri
Di Indonesia ini pucuk daun apa sih yang tidak bisa dimakan baik untuk dilalap maupun dioleh menjadi tumisan atau gulai? Beberapa pucuk tanaman yang familiar untuk dimasak misalnya pucuk labu kuning dan labu siam, pucuk ubi jalar, pucuk ketela, pucuk daun rampai/ tomat, pucuk daun pepaya, daun leunca dan sebagainya. Betapa sayuran bisa diperoleh dimana saja ya. Tapi, menu gulai pucuk labu kuning dengan campuran teri putih itu dahsyat dan sulit dilupakan, apalagi beraroma sereh dan lengkuas.  

Tumis pucuk labu

8.Gulai Putih Lompong
Lompong adalah batang talas tertentu yang bisa dioleh menjadi gulai. Agak aneh memang kok batang talas digulai. Seingatku dulu nenekmu pernah membuatkan menu gulai lompong dengan ikan nila baby. semua bahan ada di pekarangan rumah kami. Dan aku baru ingat sudah sekitar 12 tahun aku tidak pernah lagi mencicipi menu lompong ini. Ah, jadi kangen kampung halaman. 
Ini dia batang lompong yang sudah diiris
9. Pare Kukus Bumbu Urab Pedas-Gurih
Pare adalah buah berbentuk unik dengan rasa sedikit pahit. Bisa dimakan mentah sebagai lalap, ditumis, digulai atau dibuat menu lain. Aku ingat dulu bibiku pernah membuat menu entah apa namanya. Tapi waktu itu bibiku membuat bumbu urap dicampur ikan teri lalu dimasukkan kedalam pare yang telah dibuang bijinya. Lalu pare diikat oleh serabut daun pisang dan dikukus. Rasanya sih enak, pedas gurih gitu tapi pahitnya wow dahsyat. Kangen dengan menu ini, hiks.... 

Salah satu olahan pare
Sebenarnya ada puluhan menu eksotis lainnya yang aku suka banget, tapi berhubung sedang kangen bangen sama 9 menu ini ya sementara cerita hari ini tentang 9 masakan ini. Bersyukur terlahir dan tinggal di Indonesia. Bahan makanan ada dimana saja dan semua makanan enak bikin nggak mau kemana-mana. Selamat makan...

Sumber gambar
palingaktual.com
http://www.anneahira.com/masakan-pisang.htm
http://kenrizresto.teraskreasi.com/halproduk-1.html
http://female.kompas.com/read/2011/10/05/12425189/Oseng.Bunga.Pepaya.dan.Teri
http://cobekkaruhun.com/wp-content/uploads/2013/12/photo-10-1024x633.jpg
http://www.ibcgroup.co.id/menu.php#!prettyPhoto[gallery]/10/
http://www.justtryandtaste.com/2011/03/tumis-batang-talas-udang.html
http://kitabmasakan.com/2011/05/resep-papare-manado/

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram