Surga Mangrove di Jakarta Utara

Pasangan yang melakukan sesi pemotretan di Taman Wisata Mangrove

Jakarta, sejak bertransformasi dari kota perdagangan bernama Batavia pada zaman Belanda ke Ibu Kota Negara telah berubah menjaidi hutan beton dan kawasan perumahan tak beraturan bentuknya. Berada di Jakarta sungguh tak nyaman. Macet, panas, polusi, kekkumuhan. Ditengah kekacauan Jakarta yang melelahkan, ternyata ada sebuah kawasan hutang mangrove di wilayah utara yang bisa  menjadi penawarnya. Sejak 2003, sebuah kawasan seluas 98 ha yang dahulu merupakan empang dan secara terbuka menghadap ke laut Jawa telah disulap menjadi kawasan hijau yang penuh dengan berjenis-jenis tanaman mangrove. Selain menjadi wilayah 'pemagar' dari arus laut yang menghantam Jakarta, juga menjadi lokasi ekowisata dan restorasi kawasan pantai yang memukau.  

Untuk pertama kalinya, aku dan rekan-rekan kerjaku mengunjungi kawasan tersebut sebagai hadiah dari pimpinan kami. Dari gerbang masuk, kawasan ini terkesan biasa saja dan seperti tak diminati pengunjung. Tapi, ketika petualangan demi petualangan mulai dilakukan, aku kemudian mengakui bahwa wilayah ini cocok disebut surga mangrove di Jakarta. Wilayah ini telah dikelola dengan baik, meski beberapa bagian terkesan kurang peminat dan terlantar. Kami mencoba menjelajah kawasan ini menggunakan boat. 


Wisatawan yang menikmati pemandangan hutan mangrove di Jakarta

Selain terdapat wilayah pembibitan mangrove dan pengamatan burung, di lokasi ini juga ada villa, taman bermain, lokasi perkemahan, hingga kantin dan toilet. Pengunjung yang mendatangi kawasan ini beragam mulai dari yang memang hendak bersenang-senang dengan keluarga, pacaran, melakukan penanaman, hingga melakukan pemotretan untuk pre-wedding. Untuk menikmati keindahan hutan mangrove, pengunjung dapat menyewa boat atau Kano. Dalam perjalanan di air, pengunjung dapat menikmati keindangan hutan mangrove yang sudah berusia 10 tahun, dan hewan-hewan seperti burung dan biawak. Pengunjung bisa melihat biawak yang berenang, atau bersantai di pohon-pohon mangrobe. Juga bisa melihat aneka jenis burung berterbangan diantara pohon-pohon mangrove yang hijau. Bahkan, pengelola lokasi telah menyediakan lokasi khusus bagi pada pengunjung yang hendak menginap dengan tujuan untuk melakukan pengamatan burung keesokan harinya. 

Penginapan diatas air, keren!
Mangrove yang sedang tumbuh
Meskipun banyak sampah disela-sela tanaman mangrove, mungkin sampah bawaan banjir, yang mengurangi keindahan hutan. Tapi kawasan ini cukup direkomendasikan untuk warga Jakarta yang hendak berlibur dan melakukan relaksasi dengan menikmati keindahan alam Jakarta. Semoga, ditengah hiruk-pikik Jakarta dan ramainya pembangunan fisik yang dilakukan untuk 'menghutan-betonkan Jakarta'  akan semakin banyak kegiatan-kegiatan positif dalam menjaga eksosistem pantai demi keberlangsungan hidup warga Jakarta yang rentan bencana banjir air laut (Rob). Semoga...

Sumber gambar: 



Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram