Pesona Sungai Hijau di Kampar Riau

Sungai Hijau, mengalir ditengah hutan karet di Kabupaten Kampar Kiri, Riau
Berkunjung ke sebuah tempat dan menemukan sebuah keajaiban merupakan sebuah kesenangan tersendiri. Seperti ketika aku mengunjungi sebuah hutan karet di Kabupaten Kampar Kiri, Riau, akhir Agustus silam yang didalamnya mengalir tenang sebuah sungai berwarna hijau. Ya, sungainya berwarna hijau. Seolah-oleh merupakan sungai keajaiban yang menjadi oase ditengah-tengah perkebunan karet yang monoton dan menjemukan. Orang-orang dari berbagai tempat datang ke tempat itu hanya untuk memastikan bahwa benar air sungai itu berwarna hijau. 

"Kemarin ada dari Jejak Petualang Trans 7 juga loh Mbak datang kesini.." ujar salah seorang pengelola saat aku bermain-main dengan air sungai, sedangkan ia tengah asyik mencangkul tanah untuk membuat tangga menuju sungai. Ah ya, Jejak Petualang. Mungkin tempat ini akan jadi semakin terkenal jika telah diliput tim keren itu.  

"Wah, keren dong Pak masuk tivi!" ujarku sumringah
"Ia. Malah kapan itu ya ada rombongan dari Bandung kesini, penasaran katanya sama sungia hijau.." ujarnya sambil terkekeh. Sinar dimatanya begitu bening, sepertinya ia begitu bahagia. 
"Sebentar lagi dikenal dong ya tempat ini. Mudah-mudahan semakin maju." Kataku kemudian.
"Amin.." balasnya. 

Sungai yang segar dan tenang
Konon, mandi dengan air ini dapat meningkatkan stamina, hehehe..
Ya, tempat ini merupakan tambang masa depan dari industri wisata, untuk menghadapi gejolak fluktuasi harga getah karet. Tak jauh dari tempat itu, ke wilayah hilir, ada sebuah tempat yang sepertinya akan dibangun sebagai wahana wisata air yang mengandalkan aliran sungai hijau. Aha, rupanya banyak pihak telah membaca masa depna bisnis sungai hijau. 

Memang, tempat ini cukup memenuhi syarat untuk melepas penat sembari merasakan suara alam dan gemerisik daun karet yang mungil. Apalagi kalau dimasa depan dibangun semacam saung untuk berteduh, kantin yag lengkap dan bersih, sampai taman indah dengan aneka tumbuhan dan bunga. Tapi, sayang, banyak sekali nyamuk di tempat ini....

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram