[RECIPE] MY FIRST CAKE




Aku adalah tipe orang yang nggak bisa bikin kue, jenis apa pun. Di keluargaku jika waktunya bikin kue pas menjelang lebaran atau hajatan, aku hanya bantu-bantu saja. Tidak ada kue original buatanku. Entah mengapa kok rasanya seluruh tubuh dan pikiranku nggak saling dukung kalau soal bikin kue. Lain halnya dengan makan besar yang memang aku lumayan bisa.

Nah, suatu waktu di kosanku sedang deman bikin kue. Very yang memang dibesarkan oleh seorang ibu pembuat dan penjual kue mahir membuat beragam kue. Rencananya kami akan belajar bikin beberapa jenis kue untuk memulai usaha kecil-kecilan. Dan aku yang nggak bisa bikin kue mendadak semangat belajar. Jadilah kami menjajal beberapa resep sampai meminjam oven ke penjaga kosan. Dan, hasilnya sungguh mengecewakan!


Sebenarnya nggak pede posting cake ini karena, hm, selain tidak terlalu cantik juga karena ini karya amatiran yang tidak ekonomis. Ini adalah hasil kerja menghias cake pertama dalam hidupku sepanjang 29 tahun ini. Hm, dari awal pembuatan dan sampai tahap akhir semuanya dikerjakan by feeling, nggak nurut sama resep karena memang sedang melakukan uji coba, hehehe. Karena, kadangkala mengikuti resep malah bikin pusing. 



Rencananya, aku akan membuat cake tiga lapis: krim, red velvet, dan coklat. Nah, berbalut krim putih dan toping stroberi kan kayaknya cakep. Tapi, aku salah teknik. Pas dipanggang, adonan menyatu sesuka hati dan gagal lah cake 3 lapisnya, hehehe. Dan, karena nggak ada butter putih, maka daripada krimnya berwarna krim, jadilah kubuat jadi hijau muda. Beginilah jadinya cake pertama yang kuhias, hehehe.


Parahnya, kami menjadikan orang lain sebagai korban kue-kue gagal kami. Karena kami sudah muak dengan bau kue dan emoh buat makan kuenya, kami kirim kue-kue itu ke keluarga penjaga kosan yang tinggal di lantai dasar. Kalkulasi kami sih itu kue-kue bakal habis disantap snag bapak, ibu, dia gadis kecil dan seorang kakek (kami sungguh usil dan nakal ya). 

Bandar Lampung, Juni 2014


Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram