Menilik Universitas Terbaik di Asia Tenggara



Hm, barusan baca berita soal 100 peringkat Universitas di Asia Tenggara. Almamaterku Universitas Lampung peringkat 86 dan Universitas Indonesia peringkat ke 9 dibawah Universitas Gadjah Mada. Dan yang terbaik, National University of Singapore. Jadi inget pengalalaman dua bulan lalu waktu mau ajukan beasiswa dari ASEAN Foundation buat kuliah di kampus Top di Singapura ini. Sayangnya, beasiswa itu hanya untuk 1 kursi dan ya kulifikasiku belum nyampe, terutama dalam hal bahasa Inggris. Dikit lagi sih. Tapi Universitas Top gitu mana mau kasih pengecualian buat belajar, hahaha. Akhirnya nyerah. 

Peringkat 1 - 20 :

1. National University of Singapore
2. Prince of Songkla University
3. Chulalongkorn University
4. Kasetsart University
5. Nanyang Technological University
6. Mahidol University
7. Universitas Gadjah Mada
8. University of Indonesia 
9. Chiang Mai University
10. Universiti Sains Malaysia
11. Thammasat University
12. Universiti Teknologi Malaysia
13. Universiti Kebangsaan Malaysia
14. Khon Kaen University
15. Institute of Technology Bandung
16. Universiti Putra Malaysia
17. University of Malaya
18. King Mongkut´s University of Technology Thonburi
19. Suranaree University of Technology
20. University of the Philippines Diliman
 
Nah, rangking-rangking 100 universitas ini dilakukan oleh Webometric si tukang rangking universitas-universitas di seluruh dunia berdasarkan kriteria tertentu dan jangka waktu tertentu. Perangkingan ini tentu saja bisa berubah sesuai dengan kualitas yang ditunjukkan setiap universitas. Yang diuntungkan tentu saja si universitas, semakin rangkingnya bagus semakin banyak mahasiswa yang tertarik dan demikian lancarvlah bisnis pendidikan di universitas tersebut. Selain itu, universitas terbaik bisanya didatangani murid-murid terbaik dan berprestasi. Dan, mereka kalau kelak si murid sukses, tentu saja si universitas akan semakin cemerlang karena namanya akan disebut sebagai universitas yang berkontribusi pada kegemilangan akademik alumninya. 

Aku nggak ngerti metodologinya, tapi bisa dibaca disini: Rangking Methodology. Tapi, hasil peringkat ini bukan satu-satunya bahan rujukan ya, karena banyak tukang rangking lainnya yang bisa menjadi rujukan perihal kualitas universitas-universitas terbaik di dunia. Tapi, meski begitu, untuk level Asia peringkat atas dipegang universitas-universitas di Asia Timur dan nyempil dua universitas milik Israel. 


Top 15 Universitas di ASIA, dan NUS rangking 7

Oke, jadi mungkin bisa dimaklumi kalau Indeks Pembangunan Manusia Indonesia selalu tertinggal di belakang dibandingkan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Vietnam. Apalagi kalau dibandingkan dengan negara-negara di Asia Timur yang memang sedang merangkak naik seperti Taiwan, Hong Kong, China, Korea Selatan dan Jepang. Dulu, aku berfikir bahwa Indonesia adalah segala-galanya. Tapi, untuk membangun Indonesia yang melesat maju tentu kualitas pendidikan harus diutamakan sebagai modal membangun karakter manusia dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Mungkin, kelak jika aku punya anak, aku akan menyekolahkan mereka ke kampus-kampus di Asia Timur dan kembali ke Indonesia untuk mengabdi. Cukup aku saja yang merasakan getirnya kuliah di kampus yang penuh diskriminasi, birokrasi yang sulit dan dosen-dosen yang merasa sok tinggi. 

Bandar Lampung, Juni 2014




Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram