Kosmetik Halal: Cantik Islami yang Mendunia

Sebagai Muslim aturan halal-haram jelas tertuang dalam Al-Qur'an sebagai rambu-rambu kehidupan. Ya, mungkin lebih tepatnya untuk menjaga manusia dari mencoba melakukan segala hal sehingga merugikan diri sendiri. Tak terkecuali dengan kosmetik yang berhubungan langsung dengan kulit. Nah, dalam beberapa tahun belakangan ini kosmetik halal berkembang pesat dan semakin diminati. Siapa coba perempuan Indonesia yang tidak mengenal WARDAH? ya, sebuah merk kosmetik halal pertama di Indonesia. 

Nggak tanggung-tanggung pula, Brand Ambasadornya juga muslimah-muslimah cantik yang sudah wara-wiri di layar kaca. Sebut saja Ineke Koesherawati, Dian Pelangi, Marshanda, dan Dewi Sandra. Iklannya jelas bahwa cantik itu harus halal dan menenangkan bagi hati. Gimana publik nggak tertarik dengan label halal yang dikampanyekan para artis cantik? Hebatnya lagi, Dian Pelangi dan Dewi Sandra bahkan menjadi pemain dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa dan ini trik memasarkan Wardah ke dunia Internasional yang sangat elegan. 


Nah, baru-baru ini muncul merk kosmetik halal baru yang sering banget dipromosikan oleh pasangan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono, serta artis muslimah Oki Setiana Dewi alias OSD di Facebook fan pages mereka masing-masing. Namanya MAZAYA. Entah apa artinya Mazaya, tapi produk ini dijanjikan didedikasikan untuk para muslimah di seluruh dunia. Apakah ini bagian dari sebuah produk kosmetik halal internasional?

Meski produknya belum banyak sebagaimana dulu ketika Wardah masih merintis bisnisnya, tetapi fenomena ini patut menjadi perhatian. Mengapa? bayangkan saja jika jumlah Muslim Indonesia adalah 80 persen dari 240 juta jiwa, maka 2/3 dari jumlahnya mungkin perempuan dan perempuan mana yang nggak beli kosmetik? Ini bukan saja merujuk pada masa depan bisnis kosmetik halal yang cerah, juga menunjukkan bahwa produk halal punya banyak peminat. Setelah itu, setelah ada yang halal, ngapain lagi kita coba-coba pakai kosmetik yang nggak jelas hal-haram bahan-bahan pembuatnya? 

Produk anyar ini menjadikan Zaskia Adya Mecca sebagai Brand Ambasadornya. Siapa yang tidak kenal artis cantik istri sutradara Hanung Bramantyo itu? kemungkinan besar produk itu akan segera menjadi sponsor resmi film-film terbaru garapan Hanung. Kabar yang menggembirakan adalah produk ini tak hanya mengajak masyarakat menjadi cantik dengan membeli dan memakainya, juga mengajak untuk mengembangkan bisnis halal. Juga setiap pembelian produk Mazaya, konsumen langsung berdonasi sebesar Rp. 2,000/ produk yang disalurkan ke Yayasan Anak Imortal dan Dompet Dhuafa. Cantik sambil berbisnis dan bersedekah, keren kan?


Masa depan kosmetik halal
Meningkatnya jumlah Muslimah pemakai hijab dalam beberapa tahun belakangan ini berpengaruh pada meningkatnya permintaan kosmetik halal. Misalnya, sudah sekitar 1/2 tahun aku tak kebagian pensil alis Wardah karena selalu habis di pasaran. Padahal aku hanya pakai produk pensil alis dan eye shadow saja dari Wardah. Nggak kebayang repotnya aku kalau semua produk skincare-ku dari Wardah dan produknya langka di pasaran. Mungkin ini juga dirasakan para muslimah lain yang merasa nyaman menggunakan produk Wardah. 

Ya, kupikir trend Cantik dan Halal akan terus meningkat. Dan Indonesia bisa saja menjadi pusat kosmetik halal dunia setelah dinobatkan sebagai pusat fashion Muslim dunia. 

Meskipun demikian, sebenarnya sih kita nggak perlu takut kehabisan stok produk kosmetik halal, karena di Indonesia ini ada 3 produk kosmetik lain yang direkomendasikan dan halal. Ketiganya merupakan produk lama yang masih bertahan karena mereka memiliki konsumen tetap, yaitu Mustika Ratu, Viva dan Caring Colours dari Martha Tilaar. 


Semoga saja, produk kecantikan fisik ini tak membuat kita terlena dan lupa meningkatkan kualitas kecantikan batin. Sebab, cantik lahir dan batin harus seimbang sebagaimana Allah meminta manusia untuk menjaga keseimbangan hidup antara beribadah dan bekerja. 

Bandar Lampung, 27 April 2014



Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram