RECIPE: Special Meals During Ramadhan


For many years, there are some very special meals during Ramadhan in my family. We didn't serve these foods in another month. Hm, rasanya kangen suasana sahur dan berbuka di rumah. Tapi, yah, namanya juga sedang dalam perantauan dan agenda lumayan padat, jadi Ramadhan tahun ini nggak pulang. So, I wanna post some kinds of food yang cuma ada di bulan ramadhan, dan cuma eksis di Indonesia. 

1. Kolak
Membuat kolak memang mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Tapi, rasaya tidak lengkap kalau menjalani Ramadhan tanpa kolak. Keluargaku biasanya membuat kolak dari ubi, kolang-kaling, dan pisang. Kolak tersebut dibuat dengan tambahan gula aren dari kebun sendiri dan santan kelapa murni. Yang diburu untuk berbuka puasa sebenarnya bukan isi dari kolak, melainkan airnya yang biasanya kami tambahi es batu. Segarnya bikin puas. Nah, sebelum sahur biasanya kami juga akan makan kolak yang sudah dingin. Pokoknya bikin mata melek deh. Apalagi aroma daun pandan yang bikin otak langsung merasa lapar.


2. Gorengan Spesial
Sebenarnya nyaris seluruh anggota keluargaku lebih suka berbuka puasa dengan memakan camilan seperti pisang goreng, bakwan goreng dan mpek-mpek. Istimewanya kami membuatnya sendiri, tidak membeli dari pedagang. Jadi memang kesannya spesial banget. Padahal kalau hari-hari biasa lebih praktis kalau beli gorengan ke pedagang. Entah sejak kapan kami membangun tradisi ini, tapi kami sangat menikmatinya. Motto keluargaku itu 'makan yang ingin dimakan', jadi kadangkala mengabaikan kesehatan sih, baru aja buka puasa udah ngisi perut kosong sama gorengan. Tapi memang, kehendak selera gak bisa dikalahkan sama nasehat bijak tentang kesehatan, hehehehehe...


3. Sayur bening
Di keluargaku, sayur bening, dari jenis sayuran apapun, adalah menu wajib saat sahur. Meskipun kami memiliki beberapa menu menarik seperti olahan ayam atau ikan, rasanya mulut tidak bisa membuka kalau tidak ada sayur bening hangat dengan asapnya yang mengepul dan harum bawang goreng yang memenuhi cuping hidung. Apalagi, udara di desaku yang sedingin kulkas kan bikin males bangun buat makan sahur. Enaknya meringkuk saja dibalik selimut. Tapi harum bawang goreng itu bikin kami bangkit, hehehehe.


Nah, di minggu terakhir Ramadhan nih, pokoknya seluruh pojok desaku berbau aroma kue. Dan, dua hari menjelang Idul Fitri, seluruh rumah tangga sibuk memasak masakan paling spesial. Biasanya, ada beberapa jenis kue tradisional yang hingga saat ini masih dibuat keluargaku karena memang membuatnya tidak terlalu sulit dan bahan-bahannya murah, seperti awug-awug dan bugis. Tapi kalau penganan sejenis rengginang dan opak, kami nyerah. Selain karena pembuatannya lama, juga bahan-bahannya semakin mahal. Tapi dari keseluruhan kue yang ada, biasanya ada beberapa jenis kue yang dipastika ada di meja di seluruh rumah di desaku, seperti semprong, kue mentega, putri salju, bolu, kue aci, kacang bawang dan sebagainya.  
Kue awug-awug yang selalu dibuat keluargaku tiap Idul Fitri. 
Meski beberapa tahun ini kami tidak lagi membuat beberapa penganan tradisional kecuali awug-awug, tapi kami tetap dapat menikmatinya. Biasanya beberapa keluarga kerabat masih setia membuatnya, dan menjadikannya oleh-oleh saat kami bersilaturahim. Hal yang paling sulit dalam membuat opak misalnya adalah proses pembakaran, karena memang harus menggunakan tungku kayu bakar. Sementara rengginang biasanya kendalanya adalah cuaca. Kalau pas hari kami membuat rengginang tiba-tiba hujan, nah, proses pembuatan dinyatakan gagal. Makanya keluargaku malas membuatnya, apalagi setelah nenekku meninggal. Kami tak terlalu peduli pada tradisi. Nah, aku adalah tipe orang yang tidak pandai membuat kue. Makanya sampai sekarang aku tidak bisa membuat kue. Kalau Idul Fitri tiba, aku hanya jadi penikmat saja, hehehehe. Tapi, Lebaran tahun ini aku berencana terlibat di dapur untuk membuat kue, aku bermaksud membuat beberapa modifikasi. Tujuannya ya jelas untuk latihan, hehehehe...

Kangen rumah....
Kangen rumah....
Kangen rumah....

Depok, 9 Juli 2013

Sumber Gambar:

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram