Ramadhan Actions Plan


aqiriko.deviantart.com
Hari ini, hari pertama puasa, meski aku nggak puasa karena alasan keperempuanan, tapi aku ikut sibuk seperti mereka yang berpuasa. Seharian ini aku nggak makan, cuma minum dan sedikit ngemil. Ya, latihan supaya pas bener-bener harus puasa mentalnya sudah terlatih sebagaimana yang puasa. Maka aku keluar kosan buat cari penganan buat makan. Eh, ternyata tetangga kosan yang punya warteg menawarkan menu baru: Sop Iga. Duhhhhh, siapa sih yang nggak tergiur sop iga? Kelezatannya udah membayang aja, udah kerasa di lidah. Tapi, eits, aku kan punya janji untuk Ramadhan tahun ini. 

Makanan & Minuman
Aku janji sama diriku sendiri, kalau  Ramadhan tahun ini bener-bener akan digunakan untuk memperbaiki kesehatan tubuh. So, cara paling sederhana adalah melalui makanan dan minuman. Selain aku janji aku akan makan buah kurma setiap sahur dan berbuka, aku nggak akan makan & minum makanan dan minuman surga ini:

  1. Produk daging, ayam dan burung. Boleh dong jadi vegetarian selama sebulan ini. 
  2. Aneka jenis sop buah dan es teler 
  3. Mi instan
  4. Gorengan
  5. Memperbanyak sayuran dan buah untuk sahur dan berbuka. 
  6. Ramadhan adalah saat yang tepat untuk menjaga perut dari makan makanan yang tidak sehat, dan berhemat dari membeli makanan-makanan mahal tapi tidak sehat. Atau berhambur-hamburan buat beli makanan. Secara, perut kan bukan kulkas, apalagi kotak sampah. 
Tontonan
Sebagai anak kos, aku memang nggak punya televisi. satu-satunya sarana untuk terhubung kedunia hiburan hanya melalui internet. Jadi, memang selama Ramadhan aku nggak menyaksikan aneka tontonan. Paling-paling serial Para Pencari Tuhan (PPT), streaming di SCTV.  Kalau berita, meski nggak nonton live kan bisa baca lewat internet. 

Ibadah
Jelas dong harus sholat 5 waktu, shalat Tarawih, shalat lail, membaca dan mentadaburi Al-Qur'an, membaca buku, sampai ibadah-ibadah kecil seperti menyingkirkan batu dari jalan. Harus menghindarkan diri dari kegiatan apapun yang bikin bergossip, mengumpat dan marah-marah. Dan, mempercantik diri dan ruhiyah dengan melakukan hal-hal baik. 

Vitamin
Nah, karena Ramadhan kali ini aku akan banyak berkegiatan di lapangan, maka harus bisa menjaga stamina. Maka pilihannya adalah jangan melupakan vitamin saat sahur dan berbuka. Aktivitas padat bukan alasan untuk tidak menjalankan puasa Ramadhan. 

Lebaran
Dan, tahun ini aku nggak akan menyibukkan diri dengan tetek bengek untuk menyambut Idul Fitri. Berhubung masih sendiri, jadi soal pakaian untuk lebaran sudah kusiapkan jauh-jauh hari. Semua sudah fix. Juga gak perlu belanja-belanji pakaian untuk para sepupu dan anggota keluarga yang lain. Jadi, Ramadhan tahun ini benar-benar bisa menjauh dari pasar, dalam bentuk apapun.  Rasanya tuh merdeka.

Depok, 10 Juli 2013

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram