MELUKIS API



Kali ini aku mau cerita soal lukisan yang idenya datang dari dua kondisi yang saling berseberangan. Pertama, panas. Entah karena pengaruh Global Warming atau apa, akhir-akhir ini udara di Kota Depok panas nggak karuan. Panasnya nggak jelas, bikin gerah, lengket dan nggak nyaman. Nyaris semua orang mengeluh, dan diantara mereka memilih hang out di Mall untuk mendinginkan diri, alih-alih bekerjasam bikin program penghijauan dengan mem-pressure aparat pemerintah mulai dari RT sampai Walikota. Kedua, hujan. Kemarin sore tuh Depok yang panas tiba-tiba diguyur hujan lebat dengan langit bergemuruh. Rasanya aneh, ada dua jenis udara yang mengalir selama hujan, yaitu dingin dan panas. Guntur di langit bersahut-sahutan kayak perang bom atom, untung tembok kosan nggak runtuh. Tapi kondisi alam yang dahsyat ini bikin aku ngeri. 

Nah, makanya, latar lukisan ini adalah kuning lemon. Trus, kutambah orange dan merah.Tadinya sih nggak niat mo dibikin jadi begitu nih lukisan, makanya kutambahkan campuran warna biru pekat dan putih. Tujuannya buat menggabarkan dua arus yang berlawanan dalam satu waktu. Tapi, dasar aku yang suka bikin warna aneh, jadinya ya begitu.  Klo pohonnya, awalnya pengen bikin warna hitam aja. hitam kelam gitu. kan kontras ya. Tapi, ada sedikit kesalahan saat menyapu kuas, sehingga kuputuskan untuk bikin beberapa jenis pohon dengan warna saling tumpuk. Pas, jadi aku jaid ketawa sendiri, karena kombinasi warnanya aneh. Ya, mungkin itu aliranku kali ya, maklum otodidak dan ngikutik kemana arah tangan menyapukan kuas dan memilih cat. Selama melukis 7 lukisan yang telah kupampang di blog ini dan di Facebook, aku hanya menggunakan satu kuas saja, Aku bener-bener belum bisa sabar dan males gonta-ganti kuas, hehehehe....

Oke, cara melihat prosesnya kubalik: 


Dep0k, 27 Juli 2013.
Kepepet: udah lama nggak makan indomie, sekaliya bikin pake cabe bubuk, enak banget. sayang nggak ada sayuran dan telur. kuahnya mirip warna lukisan ini, merah. alhamdulillah :)

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram