THE HOLY QUR'AN

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang ada tanda-tanda bagi orang yang berakal. Yaitu orang-orang yang mengingat Allah dalam keadaan berdiri atau duduk atau berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata: Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka." (QS. Ali Imran: 190-191)

Sejak beberapa tahun lalu aku sudah menggunakan Al-Qur'an digital untuk PC, kemudian Laptop yang bisa diunggah secara gratis dari internet. Aku juga sudah menggunakan versi MP3-nya. Yang terbaru aku sudah menggunakan Al-Qur'an dital untuk perangkat tablet Samsung yang juga kuunggah gratis dari internet. Aku juga sesekali mengunjungi sebuah website untuk mempelajari beberapa terjemahan Al-Qur'an dalam berbagai bahasa dunia. Nah, kali ini ada yang canggih lagi....
 
Siapapun yang pernah belajar membaca Al-Qur'an dan yang membacanya setiap hari tahu bahwa Al-Qur'an itu berbahasa Arab. Dulu, waktu masih kecil, yang paling giat mengajari mempelajari huruf-huruf Al-Qur'an adalah bapakku. Beliau akan memukul tanganku oleh penggarus kayu jika aku malas-malasan dan begitu berminat menonton televisi. Bertahun-tahun kemudian, bapakku bisa berbangga bahwa ia telah berhasil mendidikku dan adikku dalam hal membaca Al-Qur'an.
Mushaf tersebut terdiri atas bahasa Arab dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Jika kita membukanya, maka dibagian kanan -yang berbahasa Arab- terdapat kotak-kotak kecil berwarna hijau dan orange yang berisi: Adab membaca Al-Qur'an, rekaman dengan tiga Qari terkenal, tajwid, riwayat turunnya ayat-ayat, tanya jawab membaca Al-Quran hingga bagian untuk merekam suara sendiri saat sedang membaca Al-Qur'an. Sedangkan dibagian kiri yang berbahasa Indonesia berisi kotak-kota berwarna orange yang merupakan terjemahan Al-Qur'an dalam berbagai bahasa dunia. Kita juga bisa membaca Al-Qur'an sekaligus berlajar tajwid yang setiap huruf dengan tajwid tertentu diberi warna tertentu. Pada 20 April kemarin, aku mengunjungi Festival Timur Tengah di Fakultas Ilmu Budaya UI. Dari semua produk yang ditawarkan, aku tertarik dengan tiga hal, yaitu: informasi mengenai Masjid Indonesia di Palestina, buku ensiklopedia kepemimpinan Muhammad dan Islam (most wanted book dan jadi the number one on my list), serta mushaf Al-Qur'an canggih. Tulisanku kali ini akan membahas mushaf Al-Qur'an canggih tersebut. Jika sebelumnya aku sudah menggunakan Al-Qur'an digital untuk laptop dan tablet, kali ini aku dibuat tertarik pada produk canggih yang ternyata telah dibuat dengan terjemahan berbagai bahasa di dunia. Mushaf canggih tersebut bernama Al-Qalam yang di Indonesia diproduksi oleh PT. Tigaraksa Satria, Tbk. 

Bagi yang memang sudah lancar dan mengerti tajwidnya, kita hanya membacanya sebagaimana biasa. Tapi bagi mereka yang masih belajar atau bagi siapapun yang memang suka mempelajari cara membaca Al-Qur'an,  mushaf ini dilengkapi dengan teknologi canggih, entah apa namanya. Mushaf tersebut dilengkapi sebuah pena elektronik yang jika disentuh ke bagian-bagian didalam mushaf tersebut secara otomatis akan bersuara sesuai bagian yang disentuh. Misalnya, jika kita menyentuhkan pena ke ayat 1 surat Al-Baqarah, maka kita akan mendengar suara seorang Qari membaca ayat tersebut. Pun saat kita menyentuhkannya ke kotak yang bertulisakn bahasa English, maka akan terdengar terjemahan berbahasa Inggris. 

Berikut ini beberapa video mengenai mushaf Al-Qur'an versi canggih ini....



 

Maha suci Allah, generasi sekarang telah disediakn begitu banyak kemudahan dalam mempelajari Al-Qur'an, juga rasa aman dari pelarangn-pelarangan sebagaimana dahulu kala. Semoga kita lebih giat dalam mempejalari Al-Qur'an dan mengajarkannya kepada sesama manusia....
 
Mushaf ini lumayan mahal untuk kantong ekonomi lemah, tapi menurutku memang sesuai dengan kualitas dan teknologi yang digunakan. Toh, harganya lebih murah dari Samsung Galaxy Tab atau gadjet mahal lainnya. Kita pasti bisa membelinya untuk diri kita sendiri, saudara bahkan teman kita. Karena tidak dijual bebas di toko-toko, aku mendapatkan informasi bahwa di Indonesia kita bisa memeperolehnya di PT. Tigaraksa Satria. Silakan kunjungi website di: Al-Qalam dan Modern Holy Qur'an. Kalau mau mempelajari tentang keajiaban Al-Qur'an, kunjungi saja situsnya Harun Yahya di Keajaiban Al-Qur'an
 
 "Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an ? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya." (Al Qur'an, 4:82)

"Dan Al Qur'an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat." (Al Qur'an, 6:155) 

Depok, 22 April 2013

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram