Melancong Ke Tambang Emas Pongkor


Pernah ke lokasi pertambangan emas? seumur-umur inilah pengalaman pertamaku mengunjungi tambang emas. Saat diskusi dengan manajemen perusahaan, aku cukup memahami bahwa terjadi dilema yang hebat antara upaya memelihara kelestarian lingkungan dan pembangunan ekonomi. Aku nggak nggak bisa ngoceh banyak soal ini, yang jelas, pertambangan selalu berpotensi merusak alam tapi perusahaan tidak berusaha mengembalikan lokasi pasca tambang melalui usaha reboisasi dan revitalisasi lahan. Dalam diskusi ini, saat kutanya mengenai hal tersebut, Pak Manajemen menjawab bahwa mereka melakukannya dan sedang berupaya mematahkan anggapan para NGO lingkungan hidup mengenai sulitnya mengembalikan kondisi lokasi pasca tambang ke kondisi semula.  

Gonjang-Ganjing di Perjalanan

video

Berdiskusi dengan manajemen.

video

Melongok lokasi pertambangan di lembah...
video

Dalam tur singkat ini kami hanya bisa bilang WOW! pada modernitas yang terpahat kuat di lembah sebuah hutan, yang menyabet juga lokasi Taman Nasional. Tambang kecil ini pasti kalah megah dibandingkan dengan tambang PT. Freeport di Papua yang sangat kaya itu. Huh, dunia ini benar-benar membingungkan...

Mencari jalan pulang..

video

Siapa yang percaya mereka? Bisa aja presentasi yang berisi photo-photo membuat sebagian besar teman-temanku percaya, tapi aku tidak yakin. Benarkah perusahaan rela mengeluarkan uang dalma jumlah besar untuk melakukan dan mengawal sendiri proses revitalisasi lahan pasca tambang? Apakah mereka melakukannya sebagaimana yang dipresentasikan? Mereka tidak memperkuat jawabannya dengan membawa kami ke lokasi revitalisasi yang katanya terhijau di Asia Tenggara. Apakah semua hanya lelucon?
 
Depok, 22 Januari 2013

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram