Berkunjung ke Museum of Native America


Photo by: Monah.us

15 Desember 2012, setelah mengunjungi Crystal Bridges Museum of American Art dan makan siang (ditraktrir Alannah) di Flying Fish Restaurant, kami mengunjungi Museum lain di kota Bantonville yang tak kalah keren. 

Museum ini adalah Museum of Native American History, museum mengenai seluruh American Indian dan mengajak pengunjung menuju Amerika dimasa lalu atau "Walk Through America's Past,". Bangunan museum ini kecil dan sama sekali tak tampak seperti bangunan museum pada umumnya yang megah dan unik. Tapi ketika aku masuk kedalamnya, barulah aku merasa takjub oleh artefak-artefak mengenai suku Indian yang dikumpulkan didalamnya. Keren. Museum ini memang memajang koleksi benda-benda yang usianya sudah tua, tapi di beberapa bagian disediakan televisi yang sudah diprogram khusus untuk menampilkan sejarah suku Indisna di Amerika. Bahkan petugas sudah menyediakan sebuah alat seperti handy talky agar pengunjung dapat mendengar langsung informasi mengenai seluruh koleksi di museum tanpa harus didampingi oleh seorang guide. Pengunjung hanya perlu memencet nomor sebagaimana memencet nomor telepon sesuai dengan nomor koleksi, dan pengunjung akan mendengar langsung keterangan mengenai koleksi yang dilihatnya. Canggih. Lihat saja di video yang kubuat ini:

video

Bersama Mr. Jerry Martin, seorang veteran perang Vietnam-Amerika, yang menjadi relawan di museum ini dua kali seminggu. Kami bercerita tentang banyak hal dan menyimpulkan: Perang adalah politik dan tak ada yang menang dalam perang. Photo oleh: Duong
Koleksi didalam museum ini terbagi kedalam 6 masa. Pertama, Masa Paleo 12000 BC - 8000 BC. Ciri masa ini adalah 'Mega-Fauna' seperti tergambar dalam kerangka Mastodon/ gajah purba raksasa. Kedua, masa Archaic dari 8000BC-1000BC. Pada masa ini suku Indian berkumpul dalam desa smei permanen dan mulai berburu untuk mengumpulkan makanan, juga membuat alat-alat dari batu. Ketiga, adalah masa Woodland antara 1000BC-100AD. Pada masa ini suku Indian mulai belajar teknik pertanian dan mengembankan perkebunan, serta membangun pemakaman dan tempat pemujaan. Mereka juga membangun desa-desa permanen dengan jumlah anggota yang cukup besar berdasarkan kebutuhan dan mereka juga memiliki pemimpin. 

Periode keempat adalah periode Mississipian antara tahun 900AD-1450AD. Ditandai dengan tumbuhnya desa-desa yang lebih besar yang dilindungi oleh benteng-benteng untuk melindungi dari serangan suku lain, juga lahan-lahan pertanian dan komoditasnya yang mulai tertata. Pada masa ini suku Indian mulai membuat gerabah. Periode kelima adalah historic period antara tahun 1650AD-1900AD, dimana masyarakat Indian memulai kontak pertamanya dengan bangsa Eropa. Banyak suku Indian yang meninggala kibat tertular penyakit parah setelah kedatangan bangsa Eropa ke wilayah mereka. Suku Indian dan pendatang dari Eropa saling berbagi kehalian mereka masing-masing. Periode keenam yaitu periode pergerakan suku Indian sebelum kedatangan pelaut bernama Columbus. Nah, sejarah lengkap mengenai enam periode ini bisa dililhat di website resmi museum ini yaitu: www.monah.us

Depok, Selasa 1 Januari 2013

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram