Mengintip Kegilaan di Black Friday


Kemarin malam, sepulang dari Thanksgiving Dinner, dua kawanku asal Vietnam mengajakku ke Walmart tempat kami biasa mampir buat beli sayuran yang lokasinya nggak jauh dari Northeast Arkansas Mall, tujuannya hanya 1 yaitu melihat suasana Black Friday. Walmart akan membuka pintu mereka pada jam 8 malam, sementara mall dan toko yang lain baru buka jam 6 pagi ini. Hm, nampaknya Walmart nggak mau kehilangan pendapatan dan curi start. 

Yup, karena bis tidak beroperasi pada libur nasional Thanksgiving, kami nggak punya kendaraan pribadi dan nggak punya teman yang bersedia meminjamkan mobilnya pada kami, maka kami memilih jalan kaki. Jarak dari apartemen kami di West Lawson Street ke Walmart sekitar 10 miles atau setara dengan 10 km. Sebelum berangkat kami makan malam dulu dan tak lupa membaca peta, daripada kesasar entah kemana. Nah, karena mereka setuju dengan usulku untuk berjalan sesuai rute bis merah yang biasa kami tumpangi saat ke kampus, maka kami berjalan di jalan yang salah. Selain jauh, kami juga harus berhati-hati karena banyak kendaraan super ngebut di jalan. Kami mengira mereka semua menuju Walmart untuk berburu barang-barang super murah. Kami kehujanan di jalan dan kadua kaki kami sakit karena harus berjalan lebih dari 10 miles, mungkin sekitar 13 miles. Untuk menghibur diri, kami berphoto-photo dan berteriak-teriak lantang seperti orang gila, untungnya sih nggak gila beneran. 


Berphoto ria di jalanan tak jauh dari pusat penjualan kendaraan bermotor seperti Honda dan Toyota. Saat tiba di wilayah ini kami sadar bahwa kami nggak nyasar sebab penanda wilayah ini adalah bendera Amerika yang besar. Yang menjadi Photografernya adalah Y Lot.
Nah, The Dixie Cafe tak jauh dari Walmart. So, kami berphoto ria lagi. Kami sampai disini setelah nyasar sejauh 1 km. 


Suasana di Walmart. Ceritanya, kami berangkat jam 6.15 pm, dan tiba di Walmart pada pukul 9 pm. Parking area di Walmart penuh oleh kendaraan dan orang-orang yang lalu lalang mendorong troli yang penuh belanjaan. Saat kami masuk ke Walmart, orang-orang bergumul dengan troli dan belanjaan mereka. Bahkan banyak yang dengan sabar menunggu barang-barang yang segera dikeluarkan pihak Walmart untuk segera diburu pengunjung. Orang dengan segala usia tumpah ruah di Walmart. Mulai dari Bayi yang tidur nyenyak bersama botol susu di bibirnya di keretanya yang didorong orantuanya, perempuan hamil, anak-anak kecil, nenek dan kakek, pasangan yang seringkali berpelukan dan berciuman, bahkan orang-orang obesitas yang troli bereka dilengkapi dengan kursi roda. Yah, suasananya mirip dengan cuci gudang di mall-mall di Indonesia pada malam tahun baru masehi. Aku dan Duong cuma keliling-keliling melihat orang-orang. Dan ternyata harga-harga yang ditawarkan tersebut menurutku tak lebih dari diskon 70% pada hari-hari biasa. Sewaktu aku belanja boot dan pakaian hangat di Sears, aku mendapat diskon 50% untuk setiap item plus 15% untuk semua item, sekitar tiga minggu lalu. Ah, dasar manusianya aja yang ketipu iklan. Cuma memang Walmart nggak kasih diskon di hari-hari biasa sebelum Black Friday, jadi mungkin inilah yang menyebabkan orang tumpah ruah dan membelanjakan uang dalam jumlah besar. Aku hanya beli Cangkir khas Arkansas *yang ternyata buatan China*, body lotion dan pelembab bibir merk Vaseline, serta 1 botol air mineral karena aku kehausan. Sementara Duong cuma beli beberapa benda kecil untuk oleh-oleh saat pulang ke Vietnam dan Y Lot beli 6 buah kaos seharga USD 6 untuk masing-masing untuk oleh-oleh saat pulang. 


Dalam perjalanan pulang *nah, kali ini kami mengikuti rute sepeda dan pejalan kaki yang rute tersebut nggak bisa dilalui kendaraan bermotor. Jaraknya sekitar 10 miles yang membentang disepanjang sungai dan wetland area, tempat Mahasiswa dan dosen dari universitas Arkansas melakukan penelitian. Hehehehe, serasa melakukan perjalanan mistis. Cuma kami bertiga di jalanan ini sekitar sepanjang 7 miles*. Tak lupa kami berphoto di terowongan panjang dan menghibur diri dengan canda tawa dan mendengar gema suara kami sendiri di terowongan tersebut *takut ketemu Zombie atau Vampire*. Hingga akhirnya aku tahu bahwa di 3 mile terakhir aku pernah jogging bersama teman dari Mexico. Ternyata rute pejalan kaki disini sudah ditentukan demi kenyamanan dan keselamatan. Eh, dijalan ketemu Ruben dan Albert *anak Bogor dan Yogyakarta yang kuliah di UA* yang juga mau berburu barang-barang di Black Friday. Sepertinya mereka menuju Walmart dan beberapa mal dan toko di sekitar Walmart. Jam 12.30 am, tanggal 23 November kami pun tiba di apartemen kami dan tidur....


Hikmah:

Pada awalnya aku sebel sama diriku sendiri yang menunjukkan rute yang salah pada kedua temanku karena aku nggak tahu. Tapi, Y Lot bilang nggak usah khawatir sebab dengan demikian kami punya cerita dan dapat memetik hikmah dari perjalanan kami yang nggak jauh beda sama musafir, karena kami nggak punya kendaraan. Jika sehari-hari kami melalui jalanan ini saat menumpang bis merah menuju kampus kami, namun dalam perjalanan ini kami mengajak kaki kami menapaki tanah Arkansas yang dingin dnegan guyuran gerimis. Kami belajar tentang banyak hal, diantaranya mengenal lingkungan negara ini dalam keadaan kami tak berdaya, dan kami menjadi orang yang kuat menempuh perjalanan 10 miles hanya demi melihat kegilaan masyarakat Amerika berbelanja di Walmart dalam Black Friday yang jika kami melihatnya melaui beirta di Televisi atau koran tentulah nggak sempurna. Selain itu, dengan menempuh perjalanan panjang melalui dua rute yang berbeda kami jadi bersyukur bahwa kaki kami masih sehat dan kuat dan memberikan kesempatan pada tubuh kami untuk melalui sebuah petualangan yang mungkin nggak pernah dirasakan orang lain. 

Hari ini, sejak pukul 6 pagi adalah benar-benar Black Friday. Tapi, aku sama sekali nggak berniat jalan-jalan lagi, kakiku masih sakit karena perjalanan semalam. Yah, bayanganku sih orang-orang semakin gila dna tumpah ruanh di mall-mall dan toko-toko yang memasang spanduk berisi penawaran diskon besar-besaran pada Black Friday. Semoga nggak ada yang celaka aja karena ketimpuk atau keinjek oran-orang yang berburu setelah antri berjam-jam didepan pintu... 


Fayetteville, 23 November 2012


Photos by: Y Lot and Aku 

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram