Seharum Bunga 'Ramadhan'


Bunga apa ya? kunamai Ramadhan saja...

Tanggal 12 Juli lalu, sepulang dari acara City Tour Indonesia-Malaysia 6 Conference di Surabaya, aku mampir ke tempat para penjual bunga di pinggir Jl. Kayon, dekat dengan penginapanku. Ada banyak kios bunga segar hingga bunga rangkai. Dari sekian banyak bunga yang menarik perhatianku, aku membeli tiga jenis bunga. Dua jenis bunga kubawa pulang ke Depok dan satu jenis lainnya kuhadiahkan untuk pemilik penginapan yang berbaik hati padaku. Ditempat itu pula aku mendapatkan bibit bunga matahari -akhirnya dapat juga bibit bunga matahari setelah mencari kesana-kemari- dengan bunga aster dan viola. Sesampainya di Depok, aku langsung menabur biji bunga-bunga tersebut di beberapa pot, dan alhamdulillah bunga matahari sudah tumbuh setinggi 10 cm dan bunga viola sudah tumbuh 12 cm di dua pot yang berbeda. Aku berharap mereka akan terus tumbuh dan berkembang. 

Dua jenis bunga yang kusebutkan sebelumnya adalah bunga Rosemary dan (si Ibu penjual menulisnya Lipen Tonik) - kucari di google bunga ini nggak nemu-nemu meski sudah kusiasati dengan nama-nama bunga yang mirip atau yang berbahasa Inggris. Gak ketemu dan aku hak tahu nama bunga tersebut. Sewaktu aku tertarik dengan bunga tersebut, si Ibu penjual mengatakan bahwa bunga tersebut harum -pas kucium memang harum- dan warnanya dua macam, yaitu putih dan ungu. Beberapa hari yang lalu, 3 hari kira-kira, bunga tersebut mekar satu persatu dan benar saja warnanya ungu. Ternyata bunga tersebut akan memudar warnanya menjadi putih setelah dua hari. Jelaslah warna bunga lama dan bunga baru tampak seperti dua warna yaitu putih dan ungu. Ahhh, pedagang bisa aja.

22 Juli 2012
24 Juli 2012
24 Juli 2012

Mekar bertepan dengan bulan Ramadhan bukan saja membuatku senang, juga karena setiap kali ke beranda aku selalu mencium wanginya yang menyegarkan. Alhamdulillah, sang bunga bertahan bersamaku dalam perjalanan panjang dari Surabaya dalam kedaan dibungkus plastik dan kertas koran. Sampai di Depok kembali segar dan siap mekar. Semoga saja keharumannya senantiasa mengingatkanku agar menjaga keharuman dan kesucian Ramadhan dengan selalu berperilaku baik.

Depok, 25 Juli 2012

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram