Koin Pembebasan Anak Jalanan


Anjal yang berjemur nyambi merokok, Stasiun Tebet, Jakarta, 3o/03/2012
Masuk ke pintu stasiun Tebet, aku tertarik dengan seorang anak/ gembel kurus yang terlentang diudara panas sambil menikmati rokok. Eleh eleh, enak bener ya tuh anak merokok sambil berjemur di halaman stasiun....

Saat berjalan mencari tempat duduk eh ada keramaian. Selidik punya selidik ternyata ada yang sedang memasang tempat khusus bagi siapapun yang ingin menyumbangkan koin untuk gelandangan. Wah solutif dan keren juga. Idenya unik. Bener juga dibanding koin yang mereka terima secara pribadi justru menumbuh suburkan praktek pura-pura jadi gelandangan. Alhamdulillah...

Melihat apa ya??? stasiun Tebet, Jakarta, 30/03/2012 pukul 15.20 WIB


Bocah berkaos biru sedang memperhatikan gambar sampul box koin..

Uji coba memasukan koin kedalam kotak.....

 Jadinya begini, bila berminat silakan masukan koin....

Tak lupa, disamping kanan kotak diberikan tempat khusus untuk menaruh selebaran untuk memberi informasi pada publik bahwa koin yang mereka berikan berguna dan dapat dipertanggungjawabkan. Pengelola koin ini adalah LSM bernama Yayasan Insan Abdi Negara Republik Indonesia (IABRI) yang saat ini melakukan pendampingan pada sekitar 825 anjal dan puluhan lingkungan sosial di Jawa Barat. Nampaknya lembaga ini berusaha membantu memutus rantai kebiasaan buruk masyarakat memberi uang pada anjal padahal uang yang diberikan tidak berdampak pada perbaikan kehidupan anjal. Lembaga ini memberikan kalkulasi jika setiap hari seorang anjal menerima uang Rp. 50.000 ( Rp. 1.5 juta per bulan), maka jika dikalikan dengan sebanyak 232.894 orang maka jumlahnya sungguh fantastis, yaitu Rp. 349.3 miliar. Namun aku bingung ini angka untuk Jawa Barat atau untuk Indonesia, sementara wilayah kerja mereka kan di Jawa Barat. Katanya sih lembaga ini juga bekerjasama dnegan Kementerian Sosial, Dinas Pendidikan, serta NGO lokal dan Global. Lembaga ini juga sudah punya banyak kegiatan, nih dia photo dari selebarannya. 

Selebaran yang kuperoleh kupotret membelakangi buku-bukuku...
Aneka kegiatan menyelamatkan Anjal dari jalanan yang berbahaya....

Nah, di selebaran ini pula ada dua alamat website yang dicantumkan. Namun, ketika aku mencoba mengunjungi keduanya kok gak bisa ya, seperti alamat bohong gitu. Wah, ada apa gerangan? masa iya bohong sih? berkali-kali kucoba dan jawabannya selalu: Server not found!

Depok, 30 Maret 2012

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram