Amazing Goodreads Indonesia!



Aku adalah pengagunm segala hal. Hal hal kecil, remeh temeh, hal-hal besar hingga hal-hal yang sangat sulit kuterima secara logis sejak kecil. Ada begitu banyak hal yang membuatku kagum akan dunia ini. Salah satunya buku. Buku is the amazing world! layaknya wonderland yang dipenuhi bunga-bunga aneh namun memikat. Buku bisa menjadi apa saja, menjadi pintu, jendela, kunci atau harta karun dalam hidup penggemarnya. Bahkan seseorang bisa menjadi kaya raya hanya dalam beberapa tahun karena buku yang ditulisnya, layaknya J.K Rowling yang sukses setelah menulis Harry Potter yang menyihir dunia. 

Ada banyak cara agar seseorang bisa memperoleh buku-buku yang diinginkannya, untuk dibaca dan kemudian dikoleksi untuk diwariskan pada keturunannya. Salah satu cara yang umum adalah membeli. Namun, ada banyak kebutuhan dalam hidup yang harus dipenuhi sehingga bagi sebagian penggemar buku, membeli buku hanya bisa dilakukan setelah berhasil menyisihkan sebagian uang setelah memenuhi kebutuhan lain yang lebih krusial seperti makan, membayar sewa rumah dan membayar biaya sekolah. Meskipun buku adalah hal yang sangat penting dalam proses pendidikan seseorang selama hidupnya, tetapi ia harus makan agar tubuhnya sehat sehingga bisa mencari uang lebih banyak untuk bisa membeli buku atau menggunakan sumberdaya lain selain membeli untuk bisa memperoleh buku.

Aku biasanya memperoleh buku dengan dua cara. Pertama, membeli. Terkadang aku harus membeli buku di toko buku yang terkenal seperti Gramedia yang kupikir buku-buku yang dijual disana jauh lebih mahal dibanding jika buku tersebut dijual di toko buku lain yang tidak terkenal. Sayangnya, setahuku Gramedia merupakan toko buku mentereng yang memang koleksinya nyaris lengkap, bahkan untuk buku impor. Tak jarang aku juga membeli buku-buku bekas dimana aku membutuhkan jumlah buku yang lumayan banyak dengan kondisi keuangan pas-pasan. Tetapi zaman sekarang beberapa penjual buku justru menjual buku-buku lama dengan harga jual sangat tinggi, apalagi kalau buku tersebut langka. Biasanya semakin lama dan semakin langka buku tersebut maka semakin mahal harganya. Pernah aku membaca sebuah artikel tentang sebuah buku sangat langka yang harganya Rp. 1 M. Setelah mencari beberapa informasi ternyata ya memang benar, buku-buku langka yang usianya puluhan tahun kebelakang harganya menyerupai harga sepetak rumah mewah. Akhir-akhir ini aku smepat membeli buku-buku via toko buku online yang memang khusus menjual buku bekas layak baca. Selisih harganya lumayan besar dibanding membeli buku baru/ cetakan baru di toko buku, toh yang penting kan isinya. Suatu hari aku mencoba membeli buku yang dicopy dari buku aslinya dan selisih harganya sangat jauh, tapi ya isinya sangat kacau dan nampaknya kertasnya mudah rusak. Kapok beli buku murah tapi hasil photo kopi. 

Kedua, aku memperoleh buku-buku dengan menunduh dari internet. Selama kurang lebih dua tahun aku sudah mampu mengumpulkan banyak koleksi e-book baik berupa buku maupun novel tulisan penulis dalam negeri dan luar negeri. Ah, senangnya. Tetapi ya Kekurangan metode ini adalah kita harus memiliki komputer, laptop, atau tablet atau gadget khusus pembaca e-book. Nah ketika gadget yang kita miliki ini rusak, kacau semuanya. Ngomong-ngomong soal e-book aku seringkali mendapatkan link-nya secara tidak sengaja. Dan hari ini aku justru mendapatkan hal yang amazing. Dari sebuah blog buku yang intens kukunjungi, aku menemukan link kumpulan blog buku. Namanya GoodReads Indonesia.  
"Goodreads Indonesia dibentuk tanggal 7 Juni 2007 oleh Femmy Syahrani dan ditujukan untuk para pembaca buku berbahasa Indonesia yang ingin mendiskusikan buku-buku tersebut dan juga upaya untuk mengumpulkan buku-buku berbahasa Indonesia. VISI & MISI: Goodreads Indonesia berusaha untuk selalu berperan aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia. Goodreads Indonesia tidak mau berhenti hanya pada tahapan sebagai komunitas pembaca pasif. Komunitas ini berkehendak untuk menjadi komunitas pembaca aktif yang diwujudkan dalam pelbagai kegiatan baik kegiatan di dunia maya maupun di dunia nyata."  Jadi, Goodreds merupakan merupakan website milik grup. Keren kan?

Didalamnya terdapat informasi mengenai sebanyak 143 link blog buku. Setahuku, berdasarkan blog buku yang sering kukunjungi, blog buku biasanya berisi informasi mengenai resensi buku yang tentu saja resensi dari buku yang sudah dibaca sang blogger. Juga informasi mengenai buku-buku bagus dan inspiratif dari seluruh dunia, kritik terhadap buku, informasi mengenai aneka perlombaan yang berhubungan dengan buku semapai informasi mengenai target para blogger dalam membaca buku. 

Amazing amazing amazing! 

Para blogger pastinya orang-orang yang berpikiran terbuka dan kaya akan pengetahuan. Sumpeh deh, nggak pernah nyesel bertemu dengan mereka di dunia maya. Bagiku, keberadaan mereka secara sederhana memberiku informasi mengenai judul buku sehingga memberiku ide untuk mencarinya di toko buku atau di internet. Juga memberi gambaran dan inspirasi untuk membuat resensi atau review buku yang bagus dan enak dibaca. Maklum lah kalau mereview buku aku gak pake metode, masih semaunya.

Nah, GoodReads Indonesia juga memberikan informasi mengenai buku-buku terbaik di abad 20 dan banyak diantaranya yang sudah diadaptasi menjadi film yang juga laris manis. Contohnya, The Lord of The Ring, The Return of The King, Memoir of a Geisha, The Cronicles of Narnia dan sebagainya. Juga memberikan informasi mengenai buku-buku yang recommended untuk dibaca, dibeli, dikoleksi atau diwariskan. GoodReads Indonesia juga memberi peluang melalui webnya kepada para penulis dan penerbit untuk mempromosikan buku mereka.  Siapa tahu aku bisa menjadi salah satu penulis yang karyanya digemari dunia dan nampangin bukuku di GoodReads. Amin.

Depok, 5 Maret 2012
-Malam-malam aku sendiri, hujan dan lapar.-

Sumber: 
www.goodreads.com
opinibuku.wordpress.com
danieljeffreygoodman.wordpress.com

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram