The Lady of Burma


Akhirnya film ini rilis juga. 
Film ini berkisah tentang perempuan tangguh bernama Aung San Su Kyi, pemimpin opisisi Burma yang sempat ditahan selama 15 tahun dari masa tahanan 21 tahun. Ia telah menjadi tokoh pejuang rakyat Burma sejak 1988, dan ia banyak belajar dari Ibunya yang juga merupakan pejuang rakyat Burma setelah kematian Ayahnya oleh rival politiknya saat ia masih berusia 2 tahun. Pelajaran politik dan perjuangan banyak diperolehnya ketika di Shri Ram College saat ia tinggal di India, kemudian saat ia kuliah di Oxford,  bekerja di PBB, bekerja untuk Pemerintah Bhutan dan saat ia didapuk untuk menjadi pemimpin opisisi oleh rakyat Burma. 

The Lady of Burma



Tahun 1988, Su Kyi dijadikan tahanan rumah karena terus mengkampanyekan demokrasi di Burma. Tahun 1990-1992 Su Kyi mendapatkan banyak penghargaan termasuk Nobel Perdamaian dari berbagai negara. Su Kyi menggunakan uang yang diperolehnya dari penghargaan tersbeuy sebagai biaya pendidikan dan kesehatan rakyat Burma. Tahun 1995 ia dibebaskan dari tahanan tapi pihak Junta Militer kembali menahannya dari 2000-2002, dan pada tahun 2003 ia ditahan dibalik jeruji besi setelagh peristiwa berdarah yang merenggut nyawa 100 orang pendukunya yang diserang narapidana yang dibebaskan dengan sengaja untuk mengacaukan pertemuan Su Kyi dengan pendukungnya. Hingga 2010 ia kembali menjadi tahanan rumah sebelum dibebaskan dan kembali memimpin perjuangan rakyat Burma. 

Komitmennya dalam berjuang tak saja membuat pendukungnya tegar dalam menghadapi tindakan represif Junta Militer, tapi juga membuat dunia berdecak kagum. Su Kyi begitu tenang menghadapi segalanya. Kisah Su Kyi yang sangat menyentuh, sarat dengan makna perjuangan dan kekuatan seorang pemimpin perempuan membuat sutradara Prancis, Luc Besson menggarap film ini. Film yang membuat siapa pun yang memiliki hati nurani akan menangis dan berdecak kagum. Meski dunia bahkan Hollywood mengakui kehebatan ide cerita film ini, tapi film ini dilarang diputar di berbagai negara seperti China.

Diperankan oleh Michele Yeoh


Mari ke bioskop....

Depok, 04 Desember 2011
-Gara-gara gak bisa tidur-

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram