Seagames 2011-Indonesia # 2


Jakabaring Sport Center

Fakta-fakta seputar segamaes dan seagamaes ke 26 di Indonesia tahun 2011.
Satu: Indonesia baru empat kali jadi tuan rumah seagames, Malaysia dan Thailand masing-masing enam kali, Kamboja dan Timor Leste masing-masing belum pernah jadi tuan rumah seagames; Dua: Baru dua kali seagames diselenggaraan di dua kota. Pertama seagames di Vietnam yang diselenggarakan di kota Hanoi dan Ho Ci Minh dan seagames 2011 di Indonesia yaitu di Kota Palembang dan Jakarta; Tiga: Di seagames 2011, terdapat 2 negara yang dulunya satu kesatuan dengan Malaysia dan Indonesia.  Yaitu Singapura yang dulunya masuk kedalam satu federasi dengan Malaysia tapi Singapura melepaskan diri pada tahun 1965 karena perbedaan ideologi, serta Timor Lesta yang dulunya merupakan propinsi ke 27 Indonesia yaitu Timor Timur pada 2002 yang membentuk negara baru paska referendum tahun 1999; Empat; Seagames 2011 di Indonesia terbilang unik karena dimulai pada 11 Nopember 2011/ 111111 dan diikuti oleh 11 negara ASEAN. 

Lima: Rustang, peraih medali emas untuk cabang olahraga gulat 66kg Grego SeaGames 2011 dulunya merupakan supir angkot di Samarinda; Enam: Official Malaysia bernama Rustam bin Oesman/ 51 tahun meninggal mendadak di Bandara Sultan Badaruddin II Palembang, ia terjatuh pingsan setelah mengurus registrasi rombongan atlet negaranya. Diduga akibat serangan jantung; Tujuh: Becak merupakan kendaraan resmi Seagames 2011 di Jakabaring Sport City, Palembang; Delapan: Api obor seagames mati dua kali dan lemparan tombak Susi Susanti gagal; Sembilan: Fitriyana/ 23 tahun, atlet yang berhasil meraih medali emas di cabang panjat tebing menggunakan bonus yang diraihnya untuk membiayai haji ayahnya; Sepuluh: Dua orang supporter meninggal, puluhan luka-luka, keluarga tak penuntut panitia; Sebelas: Puluhan model dan gadis cantik disediakan untuk menservis para tamu mulai dari menjadi guide hingga bermalam, sampai-sampai mereka harus disuntik untuk mencegah kerusakan organ reproduksi (tanya kenapa??); Duabelas: bertepatan dengan promosi Pulau Komodo sebagai Tujuh Keajaiban Dunia sehingga menggunakan komodo sebagai maskot seagames 2011, sehingga tak heran sejak dari Jakarta sampai Palembang banyak boneka/tugu Modo-Modi. Tigabelas: tentu saja tentang kemegahan ini...

Kemegahan Pembukaan Seagames 2011 di Jakabaring, 
Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang 

 Pesta kembang api pertama di Stadion Sriwijaya



Pesta kembang api kedua di Stadion Sriwijaya

Kapal Sriwijaya dan 5000 penari dan seniman


Konon, acara pembukaan ini menelan biaya sekitar Rp. 150 milyar. Pertunjukan kembang api dikemas megah dengan menyediakan 45.000 kembang api, orkestra diantaranya oleh Adhie MS dan Erwin Gutawa, pertunjukan tarian kolosan tentang kemegahan Sriwijaya oleh 5000 artis pendukung mulai dari penyanyi, penari dan asal Sumatera Selatan. Tak lupa pula menampilkan Agnes Monica, Joy Tobing dan Judika. Stadion Sriwijaya dipenuhi 16.000 penonton yang terpukau dan puas dengan pertunjukan akbar tersbeut meski harus membayar tiket yang mahal dan sempat diguyur hujan. 


Maskot Seagames 2011
Modo dan Modi berbatik

Sumber
zc-secret.blogspot.com
mizan.com
adrian10fajri.wordpress.com
tribunnews.com
sriwijayapost.com
medianakanindonesia.wordpress.com
antaranews.com
foto.detik.com
skycapercity.com
nubawisata.wordpress.com



Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram