Tujuan Kuliah di Universitas Indonesia




Pembukaan : 
Harap tidak dikategorikan dalam pencemaran nama baik, 

just share..... peace !!
(jangan sampai ketiban musibah macam prita mulyasari.....)

UI adalah universitas terbaik di Indonesia. Nyaris seluruh siswa ingin melanjutkan pendidikan tingginya di kampus kuning ini. Alasannya adalah nama besar UI dianggap telah menjadi jaminan kualitas proses pendidikan didalamnya dan lulusan UI dianggap berpeluang besar untuk mendapatkan pekerjaan bonafit. Halo effect gitu deh. UI adalah tolak ukur penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia. Maka setiap orang yang berhubungan dengan UI, baik mahasiswa atapun dosen selalu bangga menjadi bagian 'The Yellow Jacket'.

Aku harus semangat belajar.......

Begini, perkualianku di MIKS (ada yang bisa nebak?) UI belum sebulan, tapi kami sudah dibuat rugi dengan tidak profesionalnya beberapa dosen. Huh, ada aja alasannya dan seringkali mepet pas waktu perkuliahan akan dimulai, atau dosennya telat sampai sejam lamanya, padahal mahasiswa selalu berusaha tepat waktu. Beberapa dosen penyandang gelar Professor dan Doktor adalah lulusan universitas ternama di luar negeri. Lalu mengapa dalam mengajar tidak menerapkan kedisilpinan lulusan luar negeri? Mo ngomong langsung? ogah, bisa-bisa masuk dalam daftar 'catatan hitam'. 

Seyogyanya, jika dosen memang berhalangan hadir karena suatu alasan mendadak, mahasiswa diberi tugas review buku atau apa lah mengenai Mata Kuliah bersangkutan, sehingga pertemuan selanjutnya mahasiswa gak harus menunggu dosen 'ceramah' tapi bisa diskusi. Para mahasiswa yang kuliah di UI kan datang dari berbagai tempat di Indonesia, dan banyak diantaranya yang berkorban untuk bisa membayar iuran pendidikan yang mahal, apalagi Magister. Jika kuliah di UI didanai oleh satu lembaga, ya lumayan lah gak kerasa berat wong bukan uang sendiri, tapi untuk berhasil memperoleh 'sang pendana' perjuangannya juga panjang. 

Bagaimana dengan yang menggunakan biaya sendiri, hasil kerja keras yang ditabung selama bertahun-tahun berharap memperoleh pengetahuan sesuai dengan dana yang dibayarkan? Jika tingkat kehadiran dosen rendah dan kulitas transfer pengetahuan juga lambat, buat apa kuliah di UI, kuliah di Universitas Terbuka juga bisa?! orang-orang idealias yang berkomitmen untuk membangun bangsa memilih UI tentunya dengan harapan bahwa UI dapat mentransfer pengetahuan dan pengalaman dengan kualitas jauh lebih baik dari Universitas di daerah. Para dosen yang sibuk harus melihat ini, sebab mahasiswanya juga sibuk: ada yang bekerja dan yang tidak bekerja bukan berarti harus membuang waktu. Juga bagi mahasiswa yang telah berkeluarga, sungguh sangat disayangkan jika waktu yang sebenarnya bisa digunakan untuk bercengkrama bersama keluarga terbuang hanya untuk: menunggu...(mirip lagunya Ridho Roma)

Seorang kawan pernah bilang, waktu S1 juga gitu. Apakah di fakultas ini saja (F) atau semua fakultas? Jadi apa hebatnya UI selain Halo effect-nya? Sebagai barometer pendidikan tinggi di Indonesia, UI seharusnya berkaca diri. Jangan sampai tidak profesionalnya sebagain dosen menciptakan anak didik yang juga tidak profesional dalam mengelola bangsa.

Aku berharap kondisi demikian hanya sampai hari ini saja!!


Wisma Asri, Depok, 21.30 WIB.
- Pulang dari kuliah malam 2 sesi yang gak efektif, berasa jadi bego-

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram