Buku Harian Anne Frank


Beberapa hari yang lalu aku baru saja membeli buku legendaris 'Catatan Harian Anne Frank' yang merupakan kisah seorang gadis Yahudi yang menulis buku harian selama 2 tahun di tempat persembunyiannya untuk bersembunyi dari Jerman yang tengah berperang dengan Belanda dan pembersihan orang-orang Yahudi oleh Nazi. Bagiku, seorang Muslim, bukan merupakan dosa membaca buku Yahudi dan ditulis oleh orang Yahudi. Lagipula yang tertulis didalamnya hanyalan catatan keseharian yang dilalui dan didengar Anne selama tinggal di persembunyian, catatan remaja dengan segala kepolosannya mengenai hal-hal yang disekelilingnya.

Annelies Marie Frank merupakan putri dari keluarga Otto Frank yang pada usia 13 mulai menulis di buku harian setelah ulang tahunnya. Buku tersebut berisikan Kisah kesehariannya dan orang-orang disekitarnya selama masa pembersihan Yahudi oleh Nazi  pada Perang Dunia II. Catatan itu dimulai pada 12 Juni 1942 hingga 1 Agustus 1944, dimana Anne menulis terakhir kalinya sebelum ia ditemukan dan menjadi salah satu korban Holocoust.

Orang-orang yang tinggal bersama Anne di 'Secret Annex' termasuk ayahnya, Otto Frank

Setelah 2 tahun bersembunyi, Anne dan 8 orang lainnya ditangkap dan dibawa ke kamp konsentrasi Nazi dan menjadi korban Holocoust. Ayahnya adalah satu-satunya yang selamat dan menemukan buku harian Anne berserakan di tempat persembunyain mereka di Amsterdam, lantas mempublikasikannya dalam bahasa Belanda. Buku ini merupakan buku berupa catatan harian yang legendaris dan paling banyak dibaca di seluruh dunia, bahkan Belanda sangat ambisius untuk membuat hal-hal lain yang berhubungan dengan Anne Frank. 

The Secret Annex, Anne Frank dan 'Kitty' diarinya

Museum Anne Frank di Amsterdam dan Berlin

Setelah perang usai, Ayah Anne yaitu Otto Frank yang merupakan satu-satunya korban yang selamat berhasil menemukan buku harian Anne dan bersama para penduduk Amsterdam mendirikan Yayasan Anne Frank yang mengumpulkan dana untuk membeli gedung yang didalamnya terdapat 'The Secret Annex' untuk dijadikan Museum. Pada 3 Mei 1960 museum resmi dibuka dan menarik banyak pengunjung. Pada 1970 ada 180.000 pengunjung, pada 1980, 336.000, pada 1990, 647.000 pada 2004, 936.000, pada 2007 sebanyak 1.002.902 orang dari penjuru dunia.

Membaca bukunya seperti membaca dongeng, dongeng yang menyedihkan.  

Buku ini adalah buku sejarah, tak dosa membacanya. 

Wisma Asri, Depok, 02 Oktober 2011
- Sambil nonton 'A Terracotta Warrior' yang lucu-

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram