Pesan Sahabat: Bergunalah Seperti Kelapa


Buah Kelapa 
Kelapa memang ajaib. Mulai dari akar hingga ujung daun berguna untuk kehidupan. 
- Akarnya bisa buat obat/ kerajinan
- Batangnya bisa buat tiang/ kayu bakar/ kerajinan
- Bunganya bisa untuk kerajinan
- Buahnya tentu saja bisa dinikmati sebagai makanan/ minuman/ obat
- Batoknya bisa untuk kerajinan/ bahan arang
- Kulitnya bisa untuk kerajinan
- Janurnya bisa untuk kerajinan/ alat ibadah/ bungkus makanan
- Daunnya bisa untuk bahan bangunan/kerajinan
- Ujung pohon yang masih muda bisa untuk makanan
- Tulang daun bisa dijadikan sapu lidi/ kerajinan
- Masih banyak lagi

Bahkan, saat ini batang kelapa berusia lebih dari 30 tahun, batangnya lurus dan tumbuh di wilayah pantai merupakan bahan bangunan yang dihargai cukup mahal, antara Rp.300.000-Rp.500.000 per batang. Menanam kelapa juga bisa menjadi investasi, selain bisa diambil buahnya dan beberapa bagian lainnya sepanjang tahun dan menjadi sumber uang bagi pemiliknya. Kelapa bisa ditanam secara tumpang sari dengan pepohonan lain sehingga bisa menjadi investasi jangka panjang bagi pemiliknya. 

Bibit Kelapa 
Aku sih tertarik untuk memperbanyak kelapa unggulan yang bibitnya bisa dipeorleh dari kelapa hijau yang tumbuh di pekarangan rumah pamanku di Lampung Barat. Selama ini kelapa itu terlalu menarik perhatian para tetangga yang tak pernah membiarkan satupun buah kelapa tua dan bisa dijadikan bibit. Mereka selalu meminta dugan (buah kelapa muda) yang kuakui sungguh unggul dari kelapa-kelapa lain yang tumbuh di lingkungan rumahku. Ya aku mengakui bahwa air dugan kelapa hijau itu memang manis memikat dan membuat setiap orang yang pernah mencicipinya ketagihan dan selalu ingin kembali. Aku sih bukannya pelit, tapi kalau berbaik hati terlalu berlebihan, bisa-bisa kelapa itu ogah berbuah karena calon keturunannya mengalami kesulitan untuk dibibitkan. Kalau setahun saja kelapa itu dibiarkan memiliki buah-buah tua untuk dijadikan bibit, niscaya semua tetangga akan memiliki keturunan kelapa itu di halaman mereka masing-masing.

Keistimewaan kelapa inilah yang menjadi inspirasi bagi Gerakan Pramuka dan menjadikan tunas kelapa sebagai lambangnya. Ya benar, kelapa memang berguna. Tak ada bagiannya yang sia-sia. Begitulah seharusnya manusia menjadikan dirinya berguna dan mengambil hikmah dari kelapa. Allah tak menciptakan segala sesuatu di bumi untuk menjadi sia-sia. Dari citpaan selain jenisnya, manusia harus belajar. Mungkin dari pohon kelapa pula para arsitek terinspirasi membangun gedung tinggi yang tahan terhadap guncangan dan badai. 

Aku berterima kasih kepada Allah yang telah menciptakan kelapa dan menjadikannya pelajaran bagi manusia.

Jakarta, 27 Juni 2011

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram