PUTERI KOPI INDONESIA


Kontestan Putri Kopi
Beberapa dari pembaca pastilah sudah mendengar atau membaca berita mengenai kontes Putri Kopi Indonesia. Kontes Putri Kopi tingkat dunia telah dilaksanakan selama 41 tahun oleh negara-negara pengeskpor kopi. Kontes Putri Kopi di Indonesia yang diselenggarakan di Provinsi NAD merupakan yang pertama kalinya. Kontes ini diikuti oleh 31 perwakilan dari 14 provinsi penghasil kopi, seperti NAD, Sumatera Utara, Lampung, Bali, dan Sulawesi.

Secara umum kontes ini memiliki kriteria yang sama dengan kontes Putri Indonesia dan Miss Indonesia. Setiap peserta harus memiliki brain, beauty, dan behavior. Brain harus meliputi pengetahuan umum dan pengetahuan khusus tentang kopi, beauty meliputi kecantikan ragawi, dan behavior meliputi perilaku sehari-hari seperti keramahan dan kedisiplinan. Pemenang kontes ini akan diikutsertakan dalam kontes Putri Kopi Dunia atau World Queen of Coffee.

Laskary Andaly Metal Bitticaca asal Sulawesi Selatan memenangkan kontes Putri Kopi Indonesia dan akan dikirim untuk mengikuti kontes Putri Kopi Dunia pada 2012 di Kolombia. Selama satu tahun sejak dinobatkan sebagai pemenang Putri Kopi memiliki tugas untuk mempromosikan kopi Indonesia dan menjadi duta kopi Indonesia di dunia internasional. Penyelenggara kontes ini, Yayasan Indonesia Kebanggaanku, menyatakan kontes ini dilakukan untuk mendukung kopi Indonesia untuk bersaing di dunia internasional. Saat ini Indonesia berada di peringkat 4 terbesar negara pengekspor kopi. Dengan adanya duta kopi, diharapkan akan membantu meningkatkan kesejahteraan petani kopi Indonesia dengan meningkatnya permintaan akan kopi Indonesia.

Menurut saya kontes ini memiliki peran positif dalam mempromosikan kopi Indonesia ke dunia internasional. Meskipun saya tidak tahu apakah prosesi pemilihan Putri Kopi Dunia mirip atau tidak dengan kontes Miss Universe atau Miss World yang lebih banyak mengumbar tubuh perempuan, saya tetap berkeyakinan bahwa duta kopi Indonesia memiliki peran penting dalam meningkatkan citra kopi Indonesia di dunia internasional.

Meskipun di awal 2001 harga kopi rendah, meningkatnya jumlah permintaan kopi dunia seiring semakin meningkatnya jumlah konsumen kopi memberikan angin segar bagi industri kopi dalam negeri. Lampung jelas bisa berharap banyak sebab kopi luwak asal Lampung, misalnya, memiliki banyak penggemar dan dihargai sangat tinggi. Kopi luwak juga memiliki penggemar di dunia internasional sehingga bisa membantu meningkatkan citra kopi Indonesia dan meningkatkan jumlah ekspor kopi jenis ini.

Namun, jangan sampai niat baik ini hanya bermanfaat bagi segelintir orang seperti eksportir dan pengusaha kopi, tetapi tak memiliki dampak yang signifikan bagi para petani kopi. Bagaimanapun juga, para petani kopi sebagai produsen kopi memiliki andil besar dalam menjadikan Indonesia sebagai negara keempat terbesar pengekspor kopi. Yang lebih penting, jangan sampai demi memenuhi permintaan pasar akan kebutuhan kopi, masyarakat Indonesia menjadi buta sehingga tidak memikirkan dampak lingkungan atas keberadaan kebun-kebun kopi. Bagaimanapun, ada wilayah-wilayah yang tidak bisa dijamah kegiatan manusia dan tidak bisa dijadikan perkebunan kopi meskipun kopi pada akhirnya kopi menjadi komoditas unggulan negeri ini.

Kopi siap panen
Terutama dalam momen Hari Kartini 21 April 2011 dan peringatan Hari Bumi pada 22 April 2011, Putri Kopi Indonesia dan kita semua harus mempromosikan pengelolaan sumber daya alam secara efektif dan efisien demi keberlanjutan kehidupan di bumi. Oleh karena itu, petani kopi tidak harus menambah luasan kebun kopinya untuk meningkatkan hasil panen kopinya, tetapi dengan meningkatkan mutu kopi. Selain itu, para pengusaha kopi harus bersikap adil terhadap petani mengenai harga kopi sehingga tercipta hubungan yang saling menguntungkan. Sementara itu, Putri Kopi Indonesia dapat mempromosikan kepada dunia internasional bahwa kopi Indonesia tidak dihasilkan di atas penghancuran lahan-lahan hutan untuk perkebunan kopi.

Jakarta, 24 April 2011

Wijatnika Ika

No comments:

Post a Comment

PART OF

# # # # #

Instagram